Rabu, Juli 3, 2024
BerandaBeritaDosen UTB Laksanakan Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan AI untuk Peningkatan Pembelajaran

Dosen UTB Laksanakan Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan AI untuk Peningkatan Pembelajaran

DESTINASI BANDUNG – Dosen Universitas Teknologi Bandung (UTB) telah melaksanakan Pengabdian Masyarakat dengan judul “Memperluas Wawasan Guru SMPN 2 Batujajar: Pemanfaatan AI untuk Peningkatan Pembelajaran”, pada 5 Juni 2024.

Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di SMPN 2 Batujajar sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berperan penting dalam membentuk generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Pengabdian Masyarakat pemanfaatan AI Untuk Peningkatan Pembelajaran ini dilaksankan oleh tim dosen yang berasal dari Program Studi Bisnis Digital berikut:

Baca juga: Mahasiswi UTB Raih Juara 3 Perlombaan English News Anchor Tingkat Nasional

Ketua Pengusul: Erni Nurjanah, S.T., M.M

Anggota 1: Dr. Ir. Yudi Limbar Yasik, M.Sc
Anggota 2: Metta Septiani, M.Kom
Anggota 3: Kannisa Adjani, S.Kom., M.Kom

Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dihadiri juga oleh Regina Sukma Citra, S.Kom Selaku Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat.

Pendidikan merupakan pondasi utama dalam pembangunan suatu bangsa.

Namun realitas di lapangan menunjukkan bahwa ada ketimpangan akses dan kualitas pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan.

Baca juga: Pramuka UTB Resmi Disahkan Oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung

Salah satu solusi untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence (AI) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai lingkungan seperti Batujajar.

Penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membuka wawasan dan memberikan keterampilan praktis kepada para guru di SMPN 2 Batujajar agar dapat memanfaatkan potensi AI secara optimal dalam meningkatkan pembelajaran.

Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan meliputi kegiatan pelatihan praktis dengan memberikan kesempatan kepada peserta untuk langsung mencoba dan mengimplementasikan teknologi AI dalam konteks pembelajaran.

Baca juga: PTMGRD 2024 Resmi Ditutup, Mahasiswa UTB Laksanakan Pameran Produk Unggulan Desa Rancamulya

Guru dapat mengikuti langkah-langkah tentang cara penggunaan berbagai alat dan aplikasi AI serta melakukan simulasi atau proyek mini untuk mempraktekkan keterampilan yang dipelajari.

Dengan terlaksananya kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang konsep dan aplikasi teknologi kecerdasan buatan dalam konteks pendidikan serta keterampilan praktis dalam menerapkan

AI dalam pembelajaran sehari-hari. Kegiatan ini diharapkan juga akan mendorong para guru untuk mengembangkan kemampuan inovatif dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa.

Selain itu dengan terlaksananya pengabdian masyarakat ini menjadi bentuk kontribusi Dosen dan Mahasiswa dalam pengembangan pendidikan di daerah yang membutuhkan dengan memberikan pelatihan yang bermanfaat dan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan pendidikan dan potensi individu di daerah yang membutuhkan dengan fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran melalui penerapan teknologi kecerdasan buatan.

RELATED ARTICLES

Most Popular