Jumat, Juli 19, 2024
BerandaBeritaFikom Unpad dan STKIP Pasundan Gelar Workshop Sports Branding: Publikasi Riset Olahraga...

Fikom Unpad dan STKIP Pasundan Gelar Workshop Sports Branding: Publikasi Riset Olahraga Melalui Platform Digital

DESTINASI BANDUNG – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran melakukan kerja sama dengan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan untuk melakukan kegiatan workshop dengan judul “Publikasi Riset Olahraga Melalui Platform Digital”.

Kegiatan workshop dengan judul “Publikasi Riset Olahraga Melalui Platform Digital” ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Unpad 2022 Integratif Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Dosen yang bersinergi dengan Kemenkominfo RI terkait peningkatan literasi digital di tengah masyarakat.

Pada kegiatan kali ini tema yang diusung adalah “Sports Branding pada Platform Digital” sebagai bentuk pengabdian mahasiswa Unpad pada masyarakat. Hal ini pun sejalan dengan salah satu Tridarma Perguruan Tinggi.

Tim KKNM Unpad 2022 kali ini dibawah pengarahan dari tiga Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yakni Dr. Hj. Hanny Hafiar S.Sos., M.Si, FX Ari Agung Prastowo S.Sos., M.IKom., serta Putri Limilia S.I.Kom, M.Si.

Workshop ini dilakukan karena kami menyadari bahwa publikasi riset olahraga menjadi hal yang penting untuk dilakukan guna perkembangan dunia pendidikan, dunia olahraga, dan ilmu pengetahuan terlebih di era digitalisasi saat ini.

Kegiatan workshop dilaksanakan di Aula Gedung A STKIP Pasundan pada hari Rabu 27 Juli 2022 pukul 08.00 WIB dengan menghadirkan narasumber Dr. Hj. Hanny Hafiar S.Sos., M.Si.
Acara dibuka oleh MC dan dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Karatagan Paguyuban Pasundan, serta Hymne Unpad.

Setelah itu, masuklah sesi sambutan dari pihak STKIP Pasundan diwakili oleh dua orang, yakni Dr. Jajang Hendar Hendrawam sebagai wakil ketua 1 bidang akademik dan kerjasama STKIP serta Dr. Ridha Mardiani, M.Pd selaku Kepala LPPM.

Tak lupa perwakilan dari DPL KKNM Unpad 2022, Bapak FX Ari Agung Prastowo juga menyampaikan sambutannya. Kedua belah pihak berharap bahwa hubungan STKIP Pasundan dan Universitas Padjadjaran dapat berlanjut terus dan terjaga dengan baik di kemudian hari.

Memasuki acara inti, yakni sesi pematerian dari Ibu Hanny Hafiar dengan materi “Strategi Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah” yang ditujukan bagi para dosen dan mahasiswa STKIP Pasundan.

Dilanjutkan dengan sesi workshop penggunaan aplikasi Mendeley, cara melakukan sitasi, mengecek plagiarisme, melakukan parafrase serta diakhiri dengan tutorial pengunggahan artikel ilmiah di Open Journal Systems (OJS) nasional maupun internasional yang ingin dituju.

Pada sesi workshop, Hanny juga dibantu oleh Renada, peserta KKNM Unpad 2022, dalam penjelasan penggunaan aplikasi mendeley.

Acara workshop “Sports Branding: Publikasi Riset Olahraga Melalui Platform Digital” ini berlangsung dengan lancar karena antusias yang tinggi dari 35 orang pesertanya.
Workshop dilaksanakan dengan harapan dapat memberikan ilmu baru bagi para dosen dan mahasiswa di STKIP Pasundan terkait strategi-strategi penulisan dan publikasi artikel ilmiah melalui platform digital, mengingat pihak STKIP masih perlu meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswanya dalam optimalisasi publikasi riset olahraga dan lainnya di platform digital.

RELATED ARTICLES

Most Popular