Jumat, Juli 12, 2024
BerandaBeritaPemberdayaan UMKM Eceng Gondok Oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknologi Bandung

Pemberdayaan UMKM Eceng Gondok Oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknologi Bandung

DESTINASI BANDUNG – Tim Dosen dan Mahasiswa Bisnis Digital Universitas Teknologi Bandung telah melaksanakan Pengabdian Masyarakat Pemberdayaan UMKM Eceng Gondok di Pangauban, Batujajar pada hari Senin, 19 Februari 2024.

UMKM JRK (Jernih Rukun Kondusif) adalah salah satu bidang usaha dari Koperasi Jeruk Berkarya dan dibawah binaan Dinas Koperasi UKM (DISKOPUKM) Kabupaten Bandung Barat.

Dengan memanfaatkan eceng gondok yang tumbuh liar di lingkungan Desa Pangauban yang dijadikan kerajinan tangan untuk mengkaryakan masyarakat dan rasa kepedulian pada lingkungan khususnya sungai Citarum.

Berbagai macam kerajinan tangan dengan memanfaatkan enceng gondok yangt ada di lingkungan Desa Pangauban, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Foto: UTB

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Universitas Teknologi Bandung dengan Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga: UTB Kembali Membuka Program Perkuliahan dan Kerja di Jepang

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian UMKM binaan DISKOPUKM Kabupaten Bandung Barat yaitu UMKM JRK (Jernih Rukun Kondusif) dalam pengeringan eceng gondok menjadi efisien serta memanfaatkan sisa sampah eceng gondok yang belum terolah.

“Semoga dengan adanya pelaksanaan kegiatan PKM ini dapat membantu UMKM JRK mampu untuk memanfaatkan sisa sampah eceng gondok dan bentuk sinergi dengan mitra untuk menemukan solusi yang bisa dimanfatkan:, ungkap Bany dari DISKOPUKM Kabupaten Bandung Barat.

Tim Universitas Teknologi Bandung bersama UMKM binaan DISKOPUKM Kabupaten Bandung Barat yaitu UMKM JRK (Jernih Rukun Kondusif). Foto: UTB

Dari kegiatan PKM ini diharapkan Dosen dari Universitas Teknologi Bandung dapat membuat alat pengering eceng gondok serta dapat membantu pemanfaatan sisa sampah eceng gondok serta pemanfaatan sisa sampah eceng gondok yang tidak terolah menjadi kompos untuk diajukan ke program hibah pengabdian masyarakat.

RELATED ARTICLES

Most Popular