Jumat, Juli 19, 2024
BerandaBerita7 Mahasiswa dan 9 Dosen Bisnis Digital UTB Lakukan Pelatihan Pembuatan Lilin...

7 Mahasiswa dan 9 Dosen Bisnis Digital UTB Lakukan Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi di Batujajar Community Care

DESTINASI BANDUNG – Sebanyak 7 mahasiswa dan 9 dosen Bisnis Digital Universitas Teknologi Bandung (UTB) melakukan penelitian pembuatan lilin aromaterapi dan Penerapan zero waste untuk pengembangan diri di Batujajar Community Care pada tanggal 18 November 2023.

Pelatihan pembuatan lilin aromaterapi ini adalah salah satu bentuk kegiatan kewirausahaan yang dapat diberikan kepada remaja.

Selain itu lilin aromaterapi juga memiliki potensi pasar yang besar karena banyak orang yang mencari produk yang dapat memberikan kenyamanan dan relaksasi dari rumah.

Baca juga: STTB Menjadi Sekolah Tinggi Terbaik Nomor 1 dalam Program MBKM, Kini Siap Berubah Menjadi Universitas

Bahan dasar dari pembuatan lilin aromaterapi ini adalah soy wax (Minyak kedelai). Pelatihan penerapan Zero waste juga merupakan suatu upaya untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Salah satu proses Pembuatan Lilin Aromaterapi di Batujajar Comunity Care bersama mahasiswa Universitas Teknologi Bandung. Foto: UTB

Dengan terus menggencarkan ajakan zero waste yang dapat dimulai dari membeli bahan makanan sesuai dengan kebutuhan, memasak sesuai dengan porsi tubuh dapat memberikan pengajaran untuk hidup lebih hemat dan bijak dalam membeli sesuatu.

“Diharapkan dari kegiatan ini para remaja dapat meningkatkan motivasi mereka untuk belajar, berkarya dan berwirausaha”, Tutur Erni selaku dosen dan Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini.

Dalam pelaksanaannya, remaja didampingi oleh para mahasiswa dan dipandu secara langsung juga diberi pemahaman tekait motivasi, tingkat kebutuhan, membedakan kebutuhan dan keinginan serta diberikan beberapa tips yang bisa diterapkan dalam mengatur keuangan.

Baca juga: Prodi Baru di STT Bandung, Bisnis Digital Kembali Hasilkan Puluhan Karya Inovasi Produk Digital

“Dengan terlaksananya pengabdian dosen dan mahasiswa Universitas Teknologi Bandung ini merupakan salah satu cara mengambil bagian sebagai agen perubahan dan pemberdaya bagi masyarakat”, ujar Muchammad Naseer selaku Rektor UTB.

Selanjutnya dilakukan diskusi atau sharing session tentang betapa pentingnya penerapan zero waste, dimulai dengan aksi nyata yaitu semua peserta, tim dosen dan semua mahasiswa bersamasama membawa tumbler atau tempat minum sendiri.

Hal ini menjadi sutau langkah yang positif untuk turut menjaga kelestarian bumi karena hal kecil seperti membawa botol minum reusable setiap hari dapat berkontribusi baik pada lingkungan, meminimalisir jumlah sampah botol plastik yang dihasilkan.

Dari kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan luaran berupa peningkatan motivasi dan keterampilan remaja dalam membuat lilin aromaterapi, produk ini dapat digunakan sebagai bahan terapi, hiasan hingga souvenir.

Mahasiswa dan dosen Universitas Teknologi Bandung (UTB) telah melakukan Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi di Batujajar Comunity Care. Foto: UTB

Produk ini juga dapat dijual sehingga dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi peserta khususnya remaja di Batujajar Community Care, Bandung Barat.

Baca juga: Gelar Wisuda ke-19, STT Bandung Laporkan Berbagai Capaian Signifikan hingga Lingkup Internasional

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian masyarakat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dengan keseruan dan antusias dari seluruh peserta remaja, mahasiswa dan tim dosen dalam mengikuti kegiatan.

RELATED ARTICLES

Most Popular