Sabtu, Juli 13, 2024
BerandaOtomotifRayakan Hari Donor Darah Sedunia, Daya Group Bekerja Sama dengan PMI Kota...

Rayakan Hari Donor Darah Sedunia, Daya Group Bekerja Sama dengan PMI Kota Bandung

DESTINASI BANDUNG-Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, Daya Group bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Bandung menyelenggarakan aksi donor darah. Aksi ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap sesama sekaligus upaya untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di Indonesia yang masih tergolong tinggi.

Untuk lebih spesifik, saat ini kebutuhan darah di Kota Bandung seringkali tidak mencukupi, terutama untuk golongan darah tertentu yang permintaannya tinggi untuk kebutuhan transfusi. Pasalnya, seringkali pendonor yang cocok ternyata tidak lolos seleksi untuk mendonorkan darahnya. Oleh karena itu, meski terjadi peningkatan signifikan pada jumlah kantong darah yang terkumpul setiap tahunnya, tetap ada kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan stok kantong darah di PMI.

Kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan darah ini menimbulkan berbagai permasalahan, salah satunya adalah kekurangan darah untuk operasi, terutama operasi darurat, seperti kecelakaan, persalinan, dan kanker. Akibatnya, angka kematian bisa meningkat akibat tidak terpenuhinya kebutuhan darah.

Baca Juga: NMAX Generasi Terbaru Terjual 1.000 unit Dalam Waktu 40 Menit, Konsumen Berburu Beli Online di Blibli

Melihat situasi ini, Daya Group tergerak untuk mengambil langkah nyata dalam membantu memenuhi kebutuhan darah nasional. Aksi donor darah ini terbuka untuk umum dan diharapkan dapat sedikit membantu meningkatkan ketersediaan darah yang aman serta berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

Aksi Donor Darah Bersama Daya Group
Bekerja sama dengan PMI Kota Bandung, Daya Group menyelenggarakan aksi donor darah pada tanggal 13-14 Juni 2024 di Kantor PMI Cabang Kota Bandung, Jalan Aceh No.79. Pelaksanaannya bertepatan dengan Hari Donor Darah Sedunia yang dirayakan setiap tahunnya dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan perlunya darah dan produk darah yang aman, sekaligus berterima kasih kepada para pendonor darah sukarela yang tidak dibayar atas sumbangan darah mereka yang menyelamatkan nyawa.

Setelah proses donor darah selesai, Daya Group telah menyediakan bingkisan terima kas, bingkisan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pendonor yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan darahnya.

Harapannya, aksi donor darah bersama Daya Group di Hari Donor Darah Sedunia ini dapat mendorong kontribusi masyarakat dalam mendonorkan darahnya. Lalu, mereka juga dapat mengajak keluarga ataupun rekan-rekannya untuk turut datang ke PMI Kota Bandung.

Baca Juga: Tips Memilih Ban Yang Cocok Untuk Sepeda Motor

“Melalui aksi donor darah ini, kami ingin menunjukkan komitmen perusahaan untuk berkontribusi pada kesehatan masyarakat. Harapannya, ini bisa membantu memenuhi kebutuhan darah yang terus meningkat di Kota Bandung,” jelas Corporate Secretary Director Daya Group, Anwar Joesoef.

Tentunya, acara ini mendapat sambutan baik dari masyarakat, dan terlihat bahwa antusiasme masyarakat untuk mendonorkan darah sangatlah tinggi. Kebanyakan dari pendonor yang datang pun telah memenuhi kriteria serta persyaratan secara medis.

Untuk menjadi donor darah, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi. Pertama, calon donor harus sehat jasmani dan rohani. Mereka juga perlu membawa KTP asli atau fotokopi Kartu Keluarga (KK) sebagai identifikasi. Usia calon donor harus berada di antara 17 hingga 59 tahun untuk donor pertama kali. Berat badan calon donor harus di atas 47 kg, dan mereka harus tidur cukup pada malam sebelumnya.

Selain itu, calon donor tidak boleh mengonsumsi obat dan vitamin lebih dari 1.000 mg tiga hari sebelum donor darah. Mereka juga tidak boleh memiliki riwayat penyakit serius seperti sakit jantung, diabetes, tumor atau kanker, penyakit pernapasan, atau pernah menjalani operasi besar. Calon donor juga harus bebas dari ketergantungan narkoba.

Baca Juga: AHM Luncurkan New Rebel 1100 Bagi Pecinta Big Bike Cruiser, Inilah Bocoran Harganya

Bagi wanita, ada tambahan persyaratan khusus: mereka tidak boleh sedang menstruasi, hamil, atau menyusui. Terakhir, calon donor disarankan untuk menggunakan pakaian dengan lengan yang longgar agar memudahkan proses donor darah.

Hal-hal tersebut penting untuk memastikan darah yang didonorkan aman untuk masuk ke dalam tubuh orang lain. Lalu, selain syarat di atas, ada juga kriteria tekanan darah dan hemoglobin yang akan diperiksa oleh petugas kesehatan di PMI secara langsung.

Upaya untuk memastikan keamanan darah donor ini juga terlihat dari proses skrining yang dilakukan oleh tim medis PMI Kota Bandung. Setiap pendonor diwajibkan untuk mengisi formulir kesehatan, menjalani pemeriksaan tekanan darah, kadar hemoglobin, dan golongan darah, serta berkonsultasi dengan dokter sebelum proses pengambilan darah dilakukan.

Pentingnya Aksi Donor Darah
Aksi donor darah yang dilakukan Daya Group dan PMI Kota Bandung dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia diharapkan dapat memenuhi target kantong darah harian.

Kantong-kantong darah yang terkumpul kemudian akan diproses dan didistribusikan sesuai dengan kebutuhan.

Kedepannya, Daya Group berharap antusiasme masyarakat untuk mendonorkan darahnya secara sukarela akan terus bertahan.

Pasalnya, mendonorkan darah tidak hanya dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan bagi yang melakukan.

Salah satu manfaat tersebut adalah donor darah rutin dapat membantu menurunkan kadar zat besi dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, dengan rutin mendonorkan darah, kekentalan darah di dalam tubuh akan berkurang. Darah yang terlalu kental dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko pembekuan darah serta komplikasi kesehatan yang serius.

Oleh sebab itu, mari jadikan donor darah sebagai kebiasaan rutin untuk hidup yang lebih sehat dan bermakna. Ingat, setiap tetes darah yang Anda berikan akan memberikan kesempatan hidup bagi orang yang tengah membutuhkan.

RELATED ARTICLES

Most Popular