Jumat, Juli 19, 2024
BerandaOtomotifPrediksi Bahaya Bagi Pengendara Sepeda Motor di Jalan

Prediksi Bahaya Bagi Pengendara Sepeda Motor di Jalan

DESTINASI BANDUNG- Mengendarai sepeda motor adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak orang di Indonesia, baik dalam rutinitas sehari-hari maupun untuk sekadar menikmati perjalanan. Sejumlah faktor dapat menjadi penyebab kecelakaan, termasuk faktor manusia, kondisi kendaraan, dan lingkungan, seperti kondisi jalan.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Ketika berkendara, faktor manusia merupakan faktor terbesar yang dapat menjadi penyebab kecelakaan. Ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan oleh pengendara, yaitu menganalisis situasi, mengambil keputusan, dan mengoperasikan kendaraan dengan baik. Satu kesalahan saja dapat menjadi penyebab besar terjadinya kecelakaan.”

Saat berkendara, diperlukan tingkat konsentrasi yang baik. Dengan kondisi jalan yang cukup padat dan penuh potensi bahaya, kita perlu melakukan sikap berkendara yang selalu waspada atau melakukan defensive riding. Dengan cara berkendara seperti ini, kita mampu menghindari berbagai potensi bahaya yang mungkin muncul.

Baca Juga: Cara Aman Menurunkan Standar Tengah Sepeda Motor

Contoh berkendara yang waspada adalah saat berada di jalanan kecil yang dipenuhi oleh gang di kiri kanan jalannya. Walaupun jalan terlihat kosong, kita harus tetap waspada dan memastikan keadaan benar-benar aman.

Tetaplah berjalan perlahan dan selalu lakukan konfirmasi setiap kali akan melewati gang yang kita lewati, karena ada potensi bahaya yang bisa muncul, seperti orang menyeberang, binatang yang berlari, atau anak-anak yang tiba-tiba berlari keluar dari gang.

Jalanan yang sepi di malam hari juga merupakan salah satu contoh situasi di mana kita harus selalu waspada. Karena dengan jalan sepi di malam hari, semua orang berpikiran sama, yaitu berpikir bahwa jalanan kosong dan bisa menambah kecepatan.

Baca Juga: Astra Honda Racing Team Dulang Podium Perdana di ARRC Buriram

Padahal, di malam hari banyak bahaya yang bisa mengancam, sehingga kita harus selalu waspada. Yang paling penting adalah ikut rambu-rambu lalu lintas, karena rambu lalu-lintas dibuat sesuai dengan situasi kondisi yang ada dan potensi bahaya yang mungkin muncul.

Selalu gunakan perlengkapan berkendara dengan baik, minimal gunakan helm dan jaket, serta selalu #Cari_Aman

RELATED ARTICLES

Most Popular