Selasa, Juli 2, 2024
BerandaEvent & PromoFestival Pendidikan Jawa Barat 2024 Hadir di Sabuga ITB Bandung, Sokong Keberlanjutan...

Festival Pendidikan Jawa Barat 2024 Hadir di Sabuga ITB Bandung, Sokong Keberlanjutan Merdeka Belajar Dengan Semangat Inovasi dan Kolaborasi

DESTINASI BANDUNG– Dalam rangka menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, 11 UPT dan Satuan Kerja (Satker) Wilayah Jawa Barat termasuk Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV berkolaborasi untuk menyelenggarakan Festival Pendidikan Jawa Barat pada tanggal 29 sampai 31 Mei 2024 di Sabuga ITB yang berlokasi di Jl. Tamansari No. 73,Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam kegiatan Festival Pendidikan Jawa Barat tahun 2024 ini mengusung tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Sebelas UPT dan Satuan Kerja (Satker) Jawa Barat yang berkolaborasi dalam acara Festival Pendidikan Jawa Barat meliputi Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat Balai Penjaminan Mutu Pendidikan(BPMP) Jawa Barat, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Barat,Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV Bispar), Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI), Balai Bahasa Jawa Barat, Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX, SEAMEO Regional Center for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel(QITEP) in Language (SEAQIL), SEAMEO Regional Center for Quality Improvement ofTeachers and Education Personnel (QITEP) in Science (SEAQIS), dan Centre Of EarlyChildhood Care Education and Parenting (CECCEP).

Baca Juga: Beli Produk Giro bank bjb Bisa Dapat Cashback Ratusan Ribu Hingga Jutaan Rupiah

Selain sebelas UPT dan Satker, acara ini juga melibatkan berbagai PerguruanTinggi, Pemerintah Daerah maupun Komunitas. Sinergitas antar lembaga pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam rangka keberlanjutan merdeka belajar.

Pasalnya, dengan kolaborasi antara guru, yayasan dan instansi pendidikan dapatmengakselerasi laju transformasi pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum Merdeka. Festival Pendidikan Jawa Barat menampilkan pameran inovasi dari berbagai perguruan tinggi sebagai salah satu target capaian perguruan tinggi.

Selain Pameran Inovasi dari berbagai perguruan tinggi, terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Festival Pendidikan Jawa Barat seperti Talkshow Kepemimpinan PAUD, Simposium Science, Technology, Engineering, and Math(STEM), Talkshow Mindful Parenting, Talkshow Festival Kurikulum Merdeka, hingga Donor Darah.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Lembang Bandung Paling Sering Dikunjungi Wisatawan saat Liburan Long Weekend, Salah Satunya The Lodge Maribaya

Acara ini menjadi ajang sosialisasi keberlanjutan Merdeka Belajar sesuai dengan pesan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi(Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Acara ini bertujuan untuk menguatkan ekosistem pendidikan dan kebudayaan serta membangkitkan semangat kolaborasi dalam melanjutkan gerakan Merdeka Belajar di Provinsi Jawa Barat.

“Setelah merasakan hasil dari pembelajaran yang berpusat pada siswa, menurut saya orang-orang akan berusaha keras untuk mempertahankannya” ujar Nadiem AnwarMakarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) dikutip dari laman Kemendikbudristek.

Dengan diselenggarakannya Festival Pendidikan Jawa Barat 2024 diharapkan dapat memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan di Provinsi Jawa Barat terhadap penting dan strategisnya pendidikan dalam membangun peradaban dan daya saing bangsa.

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mendekatkan layanan-layanan UPT dan Satuan Kerja Wilayah Jawa Barat ke publik.

RELATED ARTICLES

Most Popular