Jumat, Juli 19, 2024
BerandaOtomotifAlasan Ketika Berkendara Sepeda Motor Wajib Menggunakan Sepatu

Alasan Ketika Berkendara Sepeda Motor Wajib Menggunakan Sepatu

DESTINASI BANDUNG- Sepeda motor digunakan oleh masyarakat sebagai kendaraan transportasi bukan hanya untuk jarak dekat tapi kendaraan beroda dua ini pun sering kali digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Performa mesin yang maksimal juga dimanjakan fitur dengan teknologi yang semakin canggih tentunya membuat aktivitas menggunakan sepeda motor menjadi mudah dan menyenangkan.
 
Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menatakan, “Namun berkendara menggunakan sepeda motor juga harus didukung dengan perangkat keselamatan berkendara yang baik dan sesuai standar. Salah satu yang harus diutamakan adalah menggunakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan juga sepatu untuk selalu #Cari_Aman di jalan raya sehingga selamat sampai tujuan.”
 
Berbeda dengan penggunaan helm yang sudah menjadi peraturan wajib bagi pengendara sepeda motor, dengan sanksi dan hukuman yang diberikan jika terjadi pelanggaran. Penggunaan sepatu memang belum diatur secara spesifik dalam perundang-undangan, namun penting untuk dipertimbangkan.

Baca Juga: Fungsi dan Cara Merawat Parking Brake Lock di Motor Matik  
 
“Meskipun belum diwajibkan oleh hukum, penggunaan sepatu memiliki manfaat signifikan dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kaki. Sepatu memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap potensi cedera dan meminimalkan risiko kecelakaan, terutama saat beraktivitas di luar ruangan atau berkendara. Karena sama seperti helm yang melindungi kepala sebagai bagian vital pada tubuh, sepatu juga berfungsi sebagai alat pelindung pada bagian kaki,” ujar Ludhy.
 
Bertugas menopang dan menyeimbangkan sepeda motor. Kaki merupakan bagian tubuh yang paling rentan terkena cedera ketika terjadi kecelakaan karena menjadi bagian tubuh yang paling dekat dengan aspal. Untuk pengguna motor sport dan juga motor bebek, kaki bertugas untuk mengoperasikan tuas persneling dan tuas rem belakang, sehingga diharuskan selalu aman dan nyaman.
 
Itu karena jika hanya menggunakan sandal, maka bagian kaki tidak akan terlindungi secara maksimal ketika mengalami kecelakaan. Pengendara berpotensi mengalami cedera lebih besar dibanding menggunakan sepatu. Karena sepatu didesain untuk melindungi bagian kaki secara menyeluruh juga memiliki bahan yang lebih tebal dan dirancang untuk menjadi lebih kuat.
 
Bukan hanya helm dan juga sepatu, agar mendukung berkendara yang aman dan nyaman. Pengendara juga disarankan untuk menggunakan perlengkapan keselamatan lainnya seperti sarung tangan dan juga jaket. Selain aman, menggunakan perlengkapan berkendara juga kini akan menjadi terlihat modis dan fashionable karena Honda selaku produsen juga telah menyediakan beragam Apparel untuk mendukung gaya berkendara yang bisa didapatkan di seluruh jaringan sepeda motor Honda.
 
Untuk memberikan kemudahan konsumen dapat berinteraksi langsung via Whatsapp dengan nomor telepon 0811-2291-723 melalui Virtual Sales Assistant bernama DARA yang merupakan chatbot yang siap membantu melayani kebutuhan konsumen Honda secara kapan saja dan dimana saja.
 
Selain itu, seluruh konsumen pengguna sepeda motor Honda di wilayah Jawa Barat juga dapat memanfaatkan aplikasi Daya Auto untuk mendapatkan kemudahan konsumen dalam melakukan booking servis tanpa antri melalui fitur booking service. Aplikasi Daya Auto dapat di download melalui Google Play Store dan iOS dengan menawarkan berbagai fitur-fitur, diantaranya adalah kemudahan booking service, online katalog motor dan suku cadang sepeda motor Honda, KPB digital, dan nikmati keseruan games dan hadiah menarik yang bisa ditukarkan dengan menggunakan poin Hepigo.

RELATED ARTICLES

Most Popular