Jumat, Oktober 18, 2024
BerandaOtomotifMenjaga Kenyamanan dan Keamanan Berkendara dengan Teknik dan Postur yang Tepat

Menjaga Kenyamanan dan Keamanan Berkendara dengan Teknik dan Postur yang Tepat

DESTINASI BANDUNG – Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara, pengendara sepeda motor perlu menguasai teknik dasar berkendara, khususnya dalam memahami hubungan antara pengendara dan sistem kemudi motor. Sistem kemudi ini berperan penting dalam mengarahkan motor sesuai keinginan pengendara, sehingga perjalanan tetap aman dan nyaman. Mengatur postur atau posisi berkendara yang tepat sangat mempengaruhi kenyamanan, baik bagi pengendara sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

“Kita harus memastikan bahwa seluruh postur tubuh kita saat berkendara berada dalam posisi yang baik dan ideal agar kenyamanan serta kontrol maksimal dapat tercapai,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Postur tubuh yang baik saat berkendara membantu menjaga keseimbangan dan kenyamanan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Baca Juga:DAM Kembali Dukung Generasi Muda Lewat Honda DBL 2024 West Java Series

Posisi Jari Tangan

Jari tangan sebaiknya tetap menggenggam stang dengan erat. Disarankan untuk tidak menempatkan jari pada tuas rem depan saat berkendara. “Menempatkan dua jari di rem depan berisiko karena dapat mengurangi kontrol pada gas, yang mengakibatkan jarak pengereman menjadi lebih panjang,” jelas Ludhy.

Memeriksa Instrumen pada Setang Kemudi
Pastikan untuk sesekali memeriksa tombol-tombol atau saklar di setang kemudi demi keselamatan. Misalnya, pastikan lampu depan berfungsi dengan baik dan jangan lupa mematikan lampu sein setelah berbelok.

Posisi Tangan

Posisi tangan sebaiknya tidak lurus sepenuhnya, tetapi sedikit menekuk di bagian siku. Hal ini membantu menjaga kestabilan tubuh saat melewati jalan yang tidak rata atau berlubang, sehingga kontrol terhadap stang tetap nyaman.

Baca Juga: DAM Berikan Pelatihan Basic Life Support Kepada Komunitas Honda Jawa Barat Untuk Gas ke HBD 2024

Pandangan Mata

Saat berkendara, usahakan pandangan tidak hanya fokus lurus ke depan, tetapi juga memperhatikan sekeliling untuk menyadari kondisi jalan sekitar. Selain itu, ketika menikung, arahkan pandangan ke ujung tikungan untuk mengantisipasi potensi bahaya.

Dengan memastikan postur berkendara yang baik dan ideal, pengendara dapat merasakan kenyamanan lebih baik saat di jalan, serta meminimalisir kelelahan akibat berkendara. Hal ini menjadikan kampanye “Cari_Aman” dari Honda sebagai perspektif baru dalam berkendara yang aman dan nyaman bagi semua pengendara.

RELATED ARTICLES

Most Popular