Kamis, Oktober 24, 2024
BerandaOtomotifJaga Kualitas dan Performa Sepeda Motor Anda dengan Servis Rutin

Jaga Kualitas dan Performa Sepeda Motor Anda dengan Servis Rutin

DESTINASI BANDUNG – Untuk menjaga sepeda motor tetap dalam kondisi optimal, sangat penting untuk memperhatikan tanda-tanda yang menunjukkan perlunya servis berkala sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Servis rutin tidak hanya memastikan kinerja motor tetap prima, tetapi juga memperpanjang usia komponen serta meningkatkan keselamatan berkendara.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, “Mengabaikan servis berkala dapat berdampak buruk, seperti menurunnya performa mesin, boros bahan bakar, kerusakan komponen penting, sehingga berpotensi menyebabkan biaya perbaikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, servis rutin berperan penting dalam menjaga performa mesin tetap optimal, mencegah kerusakan serius, dan memperpanjang umur sepeda motor.”

Baca Juga:Pebalap Binaan Astra Honda Siap Kibarkan Merah Putih di IATC Buriram, Thailand

Jika sepeda motor tidak diservis secara rutin, beberapa masalah dapat timbul, seperti motor yang sulit dihidupkan, terutama di pagi hari.

Hal ini bisa disebabkan oleh busi yang kotor atau sistem bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik.

Menurunnya kualitas pembakaran di ruang bakar mesin dapat menyebabkan kotoran menumpuk pada sistem bahan bakar dan ruang bakar jika tidak dirawat dengan baik.

Akibatnya, pembakaran menjadi tidak sempurna, yang sering ditandai dengan keluarnya asap hitam dari knalpot, pembakaran yang tidak efisien, serta penurunan tenaga motor.

Selain itu, baterai pada sepeda motor memiliki peran vital dalam sistem kelistrikan. Jika tidak diperiksa secara berkala, baterai bisa cepat habis atau rusak.

Baca Juga:Sukses Digelar di 3 Pulau, Puluhan Ribu Bikers Siap Bersatu di Puncak Honda Bikers Day 2024

Baterai yang lemah akan membuat lampu-lampu redup, klakson tidak nyaring, dan motor menjadi sulit dihidupkan, terutama karena saat ini semua sistem sudah terintegrasi dengan ECU, yang sumber energinya bergantung pada baterai.

Hal lain yang sering dirasakan, bahkan terlihat pada panel meter, adalah peningkatan konsumsi bahan bakar.

Jika sepeda motor terasa lebih boros dari biasanya, kemungkinan ada masalah pada karburator, injektor bahan bakar, atau filter udara yang tersumbat. Semua ini memerlukan pemeriksaan, dan mungkin juga penggantian komponen.

Selain itu, mesin sepeda motor akan bekerja optimal jika menggunakan oli sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan.

Mengganti oli secara rutin adalah salah satu bentuk perawatan penting yang tidak hanya memperpanjang umur mesin, tetapi juga membuat kinerja mesin lebih optimal, sehingga tarikan mesin terasa lebih ringan.

Fungsi oli pada mesin sepeda motor selain sebagai pelumas utama juga untuk menyebarkan panas ke seluruh bagian mesin dan menjaga kebersihan mesin.

Ketika menentukan waktu penggantian oli, banyak orang menggunakan jarak tempuh kilometer sebagai acuan.

Namun, masa pemakaian mesin juga perlu diperhatikan. Saat terjebak macet, meskipun jarak tempuh tidak bertambah, mesin tetap bekerja dan oli tetap bersirkulasi.

Oleh karena itu, jika Anda sering berkendara di daerah yang rawan macet, sebaiknya gunakan usia mesin sebagai acuan untuk mengganti oli, bukan hanya kilometer.

Setiap sistem bahan bakar kendaraan dilengkapi dengan filter udara yang berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran sebelum masuk ke mesin.

Kondisi filter udara sangat mempengaruhi penggunaan bahan bakar dan performa mesin.

Saat servis, filter udara akan diperiksa, dan jika sudah kotor, bisa dibersihkan atau diganti jika kondisinya tidak layak pakai.

Masalah lain yang sering dirasakan adalah munculnya suara kasar dari mesin sepeda motor. Jika Anda mendengar suara aneh seperti berisik, ketukan, atau suara yang lebih kasar dari biasanya, hal ini bisa menjadi tanda ada masalah pada mesin atau transmisi yang memerlukan perawatan segera.

“Servis berkala adalah kunci untuk menjaga sepeda motor tetap dalam kondisi optimal. Jangan tunda servis hingga masalah memburuk. Terlebih lagi, jika sepeda motor Anda masih baru atau dalam masa garansi, tidak melakukan servis rutin sesuai ketentuan pabrikan dapat membuat garansi hangus,” ujar Ade.

Saat ini, bengkel resmi Honda atau AHASS tersebar luas untuk memenuhi kebutuhan servis, dengan mekanik yang ahli dan penggunaan suku cadang asli untuk memastikan kualitas terbaik.

RELATED ARTICLES

Most Popular