Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaBeritaWarga Sindangjaya Mandalajati Kota Bandung Kini Bisa Menukar Sampah Menjadi Sembako

Warga Sindangjaya Mandalajati Kota Bandung Kini Bisa Menukar Sampah Menjadi Sembako

DESTINASI BANDUNG-Alfamart bekerja sama dengan komunitas Bank Sampah Nuri menggelar kegiatan Penukaran Sampah Dengan Sembako yang dilaksanakan di Bank Sampah Nuri, Kel.Sindangjaya, Kec.Mandalajati, Kota Bandung pada beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan ini warga sekitar lokasi Bank Sampah dapat menukarkan sampah non organik yang telah dipilih dengan produk paket sembako senilai Rp 30.000.

“Untuk menukarkan sampahnya, warga bisa membawa sampahnya yang sudah dipilah, mengisi daftar harga dan akan dilakukan penimbangan sampah sesuai dengan jenisnya dan dikonverasikan langsung ke dalam rupiah,” tutur Nur Heni, Ketua Bank Sampah Nuri.

Baca Juga: Dukung Perekonomian Daerah, Lawson Pasarkan Produk UMKM Berkualitas Kota Bandung

Menurutnya jika nilai rupiah yang terkumpul masih kurang, warga bisa menambahkan menggunakan uang tunai.

“Terkadang sampah yang terkumpul masih kurang nilai rupiahnya, namun masih bisa ditambahkan menggunakan uang tunai dikarenakan tujuan kegiatan ini adalah mengajak masyarakat untuk memilih sampah dan mensosialisasikan keberadaan bank sampah,” tambahnya.

Branch Manager Alfamart Andy Prastijono mengatakan bahwa kegiatan Penukaran Sampah merupakan bagian dari Program Kampung Alfamart Sahabat Bumi.

“Kampung Alfamart merupakan salah satu program CSR di bidang lingkungan hidup yang dilaksanakan bekerja sama dengan komunitas penggiat lingkungan untuk bersama-sama mengambil peran dalam melestarikan lingkungan,” tuturnya.

Program Kampung Alfamart telah diluncurkan di Kota Bandung pada Agustus lalu dan kegiatan Penukaran Sampah Dengan Sembako merupakan kegiatan kedua yang dilaksanakan dengan Bank Sampah Nuri.

Andy menambahkan dalam kegiatan Penukaran Sampah ini Alfamart juga memberikan subsidi untuk setiap paket sembako yang disediakan.

“Subsidi yang diberikan sebesar Rp 15.000, dengan tujuan agar paket yang disediakan lebih terjangkau, sehingga masyarakat bisa mendapatkan sembako yang dibutuhkan meskipun nilai tukar sampahnya masih sedikit,” jelasnya.

Warga terlihat antusias mengikuti kegiatan Penukaran sampah. Sejak dimulai pada pagi hari sedikitnya puluhan paket sembako telah ditukar.
Yeni (36 thn) salah satu warga mengatakan kegiatan ini banyak memberikan manfaat.

“Saya antusias saat tahu ada Penukaran Sampah karena bisa dapet beras 1 kg, kopi, snack, dan produk lainnya yang pasti dibutuhkan sehari-hari, ngga nyangka sampah bisa ada nilainya,” ujarnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular