Senin, September 30, 2024
BerandaBisnisKetahui Seluk Beluk Investasi Properti di Kota Cimahi

Ketahui Seluk Beluk Investasi Properti di Kota Cimahi

DESTINASI BANDUNG– Bicara investasi properti, banyak orang memandang sebelah mata Kota Cimahi. Kebanyakan lebih memilih untuk membeli properti di Bandung, lantaran ibu kota Jawa Barat ini dianggap memiliki infrastruktur yang lebih memadai. Padahal, rumah baru di Cimahi tak kalah bersinar prospeknya saat ini.

Sebagai salah satu kawasan penyangga kota Bandung, Kota Cimahi dinobatkan sebagai daerah yang memiliki kepadatan tertinggi di Indonesia, yaitu mencapai 15.643 jiwa per kilometer, mengutip dari cimahikota.go.id.

Hal ini pun menjadikan pertumbuhan industri dan properti di kota ini cukup pesat, sehingga peluang investasi
pada rumah baru di Cimahi memiliki daya tarik tersendiri.

Bagi Anda yang tertarik dengan investasi properti di Kota Cimahi, berikut beberapa fakta yang perlu diketahui sebelum memutuskan.

Harga properti di Kota Cimahi
Harga perumahan di Kota Cimahi cukup bervariasi, mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Satu atau dua dekade yang lalu, mungkin sulit bagi Anda untuk membayangkan ada rumah dijual dengan harga mencapai miliaran rupiah di kota seluas 40,37 km2 ini. Namun saat ini, rumah dengan luas bangunan di atas 50 m2 umumnya dijual di kisaran harga mulai dari Rp 900 jutaan.

Misalnya Kolmas Regency yang berlokasi di Cimahi Utara, rumah dengan LB 45 m2 dan LT 105 m2 ditawarkan dengan harga Rp 900 jutaan. Sedangkan rumah dengan LB 90 m2 dan LT 105 m2 ditawarkan dengan harga Rp 1,2 miliar.

Seiring dengan tingginya permintaan akan hunian baru di Kota Cimahi, dapat dipastikan bahwa harga properti di kota ini akan meningkat cukup pesat setiap tahunnya. Diperkirakan, kenaikan harganya mencapai 10% hingga 15% setiap tahunnya.

Lokasi terbaik memilih properti di Kota Cimahi
Anda bisa menemukan pilihan rumah baru di bagian Kota Cimahi manapun. Tetapi, belakangan, para pengembang properti tampaknya mulai melirik daerah utara Cimahi.

Selain dekat dengan pusat kota, Cimahi Utara merupakan daerah dataran tinggi sehingga memiliki keunggulan iklim yang relatif lebih sejuk dan masih banyak memiliki pemandangan yang indah. Selain itu, karena terletak di dataran tinggi, daerah ini juga merupakan kawasan bebas banjir. Faktor-faktor inilah yang menjadi alasan para pengembang berbondong-bondong mencari lahan di sini untuk dibangun.

Beberapa pilihan rumah baru di Cimahi Utara yang bisa dipertimbangkan adalah Kolmas Regency yang ditawarkan mulai dari harga Rp 900 jutaan, dan Ranting Pesona Residence yang ditawarkan mulai dari harga Rp 1,2 M.

Faktor pendukung yang mendongkrak harga properti di Kota Cimahi
Kota Cimahi merupakan daerah penyangga Kota Bandung yang terletak di lokasi strategis. Kota yang terdiri dari tiga kecamatan ini berada di tengah-tengah wilayah administratif Bandung Raya lainnya. Kota Cimahi juga berbatasan langsung dengan wilayah kota dan kabupaten sehingga memungkinkan mobilisasi yang lancar bagi para warganya.

Dan soal infrastruktur, sama seperti Bandung, Kota Cimahi juga memiliki jalan besar dan akses tol yang cukup strategis. Sedangkan untuk fasilitas, meski tak selengkap Bandung, beragam pusat pendidikan dan layanan kesehatan bisa diakses dengan mudah di sini. Anda bisa menemukan rumah sakit besar seperti RS Dustira, Mitra Asih, dan Cibabat yang semuanya siap melayani 24 jam.

Dibandingkan dengan Bandung yang tampak lebih modern, Kota Cimahi unggul dalam hal lingkungan yang lebih alami dan asri. Ini cocok buat Anda yang kurang suka dengan kehidupan perkotaan yang hiruk pikuk.

Jadi, apakah Anda lebih memilih berinvestasi di rumah baru di Cimahi atau perumahan baru di Bandung?

RELATED ARTICLES

Most Popular