Minggu, Mei 5, 2024
BerandaBisnisBRI Sukses Gelar PRS Bandung 2023: Hadirkan Dewa 19 Hingga Maliq D’Essentials,...

BRI Sukses Gelar PRS Bandung 2023: Hadirkan Dewa 19 Hingga Maliq D’Essentials, dan Ragam Produk UMKM yang Menakjubkan

DESTINASI BANDUNG– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) sukses menyelenggarakan gelaran tahunan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2023 di Stadion Siliwangi, Bandung selama dua hari berturut-turut, mulai dari Sabtu, 22 – 23 Juli 2023, dengan antusiasme dan partisipasi yang luar biasa. Dengan mengusung tema “Pede Raih Peluang” BRI mengajak UMKM untuk berani mengambil berbagai kesempatan demi memperluas usaha miliknya. PRS BRI 2023 di Kota Bandung ini menjadi momentum untuk UMKM memperluas jaringan dan menjalin kerjasama bisnis agar dapat meningkatkan inovasi dan kreativitasnya dalam menghadapi tantangan pasar.

Selama dua hari penyelenggaraannya, Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI mendapatkan sambutan positif dari para pengunjung dan pelaku UMKM yang aktif berpartisipasi dalam acara ini. Terbukti dari catatan resmi, PRS BRI 2023 yang diselenggarakan di Bandung berhasil menarik kehadiran lebih dari 25.000 pengunjung dan melibatkan partisipasi aktif dari 100 pelaku UMKM. Selain itu, capaian transaksi selama 2 hari pelaksanaan PRS melalui QRIS sebanyak 6.757 transaksi dengan sales volume mencapai 323 juta rupiah juga menjadi bukti kesuksesan PRS BRI di Bandung dalam perhelatan tahun ke-15 ini. Keberhasilan tersebut tentunya merupakan hasil dari kolaborasi positif antara berbagai pihak yang secara aktif mendukung pameran ini.

PRS 2023 Fokus Dukung Pertumbuhan UMKM
PRS BRI memiliki tujuan untuk memberikan inspirasi, pengetahuan dan keterampilan peserta UMKM, seluruh pengunjung, dan juga masyarakat Indonesia yang menyaksikan PRS Bandung melalui siaran langsung dari Kompas TV. BRI menyampaikan tujuannya melalui 6 pilar program yang telah dilaksanakan di pagelaran PRS Bandung, yakni Pasar, Panggung, Pawai, Peduli, Pojok X’sis, dan Panen yang berisikan rangkaian kegiatan menarik dan informatif.

Tidak hanya itu, BRI juga konsisten dalam memberikan bantuan permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat untuk para pelaku UMKM binaan BRI. Hal ini menunjukkan bentuk komitmen Bank BRI untuk terus berkontribusi dalam kemajuan pelaku UMKM untuk terus naik kelas. Budhi Novianto, RCEO BRI Bandung juga menjelaskan bahwa selama 5 tahun terakhir, BRI khususnya regional Bandung telah memberikan bantuan sebesar Rp 147 Triliun kepada 4,9 juta nasabah UMKM binaan BRI.

Dalam rangka mendukung pengembangan bisnis UMKM, BRI menyelenggarakan kelas talkshow interaktif yang membahas tentang inovasi bisnis dan bagaimana memanfaatkan peluang untuk memperluas pangsa pasar. Selain itu, BRI juga memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM dan pengunjung mengenai adaptasi terhadap perkembangan transaksi digital, melalui penggunaan QRIS BRImo. Semua ini dihadirkan sebagai bagian dari rangkaian acara PRS.

Seperti yang disampaikan Budhi Novianto selaku RCEO BRI Bandung, “​​Rangkaian PRS di Bandung dimulai dengan Gerakan literasi digital di 12 pasar tradisional. Sampai 21 Juli 2023, telah berhasil mengakuisisi dana sebesar Rp261 Miliar dari 10.004 rekening Tabungan Simpedes, 1.362 rekening Tabungan Britama, 7.557 aktivasi BRIMO, dan 7.326 QRIS. Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI seperti BRImo dan QRIS BRI.” ungkapnya.

Rangkaian acara di PRS menawarkan pengalaman bertransaksi menggunakan QRIS BRImo dalam setiap booth UMKM selama dua hari perhelatan di Bandung. Sebagai syarat masuk, pengunjung membayar Rp. 1,- melalui scan QRIS BRImo dan kemudian dapat menggunakan pembayaran QRIS BRImo di setiap booth UMKM yang berpartisipasi. Hal ini menjadi kesempatan untuk mengedukasi masyarakat dan memperkenalkan cara transaksi yang lebih modern, sekaligus mendorong mereka untuk secara perlahan meninggalkan sistem pembayaran tunai dalam setiap transaksi. Dengan demikian para pelaku UMKM akan semakin siap dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin digital, serta dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing usaha mereka.

Pemberdayaan UMKM oleh BRI dalam mengadaptasi perkembangan transaksi digital terus berlanjut. Sebagai langkah konkret dalam mendukung UMKM di pasar, BRI telah mengembangkan ekosistem pasar secara digital melalui platform pasar.id. Kehadiran pasar.id ini memiliki tujuan untuk memberdayakan pedagang tradisional dan meningkatkan jumlah pasar tradisional yang telah terdigitalisasi. Melalui pasar.id, pedagang pasar dapat tetap menjalankan usahanya secara daring, dan produk dagangan mereka dapat diakses oleh konsumen melalui layanan belanja online.

BRI melalui rangkaian acara PRS tidak hanya menghadirkan edukasi, tetapi juga menjadi sarana hiburan yang menarik bagi seluruh pelaku UMKM. Dalam rangkaian acara hiburan, terdapat berbagai kegiatan menarik seperti pawai dari berbagai komunitas, layanan kesehatan, photobox, art Installation, mini games berhadiah, dan tentunya panggung hiburan yang diramaikan oleh penyanyi-penyanyi ternama tanah air hingga penyanyi lokal. PRS Bandung 2023 menyajikan penampilan istimewa dari Dewa 19 feat. Virzha, Maliq & D’Essentials, Raisa Anggiani, Feby Putri, Tiara Effendy, dan Plamboy. Penampilan para musisi Indonesia ini tidak hanya dinikmati oleh para audiens di Stadion Siliwangi, namun juga dapat dinikmati oleh pemirsa di rumah melalui siaran langsung yang disiarkan oleh Kompas TV.

Tak hanya itu, PRS juga memberikan apresiasi dengan pembagian hadiah istimewa kepada para pelaku UMKM terpilih dalam program Panen Hadiah Simpedes. Semua rangkaian acara hiburan ini menjadikan PRS Bandung 2023 sebagai momen tak terlupakan bagi seluruh pelaku UMKM dan pengunjung yang turut meramaikan dan berpartisipasi dalam acara ini.

Salah satu pengunjung memberikan kesan dan pengalamannya usai menghadiri PRS Bandung dengan mengatakan, “Seru banget! Saya bisa melihat dan membeli beragam produk UMKM yang ternyata hasil karya lokal. Adanya hiburan lainnya juga semakin menambah keseruan dan semangat buat menjelajahi seluruh acara,” ungkap Naomi dengan antusias.

Keberhasilan PRS di Kota Bandung menjadi tonggak pertama dan membuka rangkaian acara PRS 2023 yang akan digelar di 20 kota utama, bersamaan dengan penyelenggaraan di 362 titik lainnya di seluruh Indonesia, dan akan berlangsung mulai Juli hingga September 2023 mendatang. Kota berikutnya yang akan disinggahi oleh PRS BRI adalah Kota Yogyakarta pada 19-20 Agustus 2023 di Stadion Krisdosono. Melalui kegiatan ini, diharapkan BRI dapat membantu membangun sekaligus menjaga kebangkitan para pelaku UMKM, sehingga mendorong kebangkitan ekonomi kerakyatan di Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes 2023 dapat diakses melalui instagram @bankbri_id atau website https://pestarakyatsimpedes.com/ .
***

RELATED ARTICLES

Most Popular