Jumat, Oktober 4, 2024
BerandaEvent & PromoGandeng MR.DIY dan KMSR ITB, Jakarta Doodle Fest roadshow ke Bandung!

Gandeng MR.DIY dan KMSR ITB, Jakarta Doodle Fest roadshow ke Bandung!

DESTINASI BANDUNG– Jakarta Doodle Fest (JDF), sebuah ajang selebrasi seni visual yang di gawangi oleh media TFR News akan hadir kembali tahun ini dengan tema baru: “Art to Cart”. Tema baru ini bertujuan mengangkat pentingnya bagi para seniman untuk tidak hanya berkarya,tetapi juga untuk mendapatkan manfaat ekonomi dari karya mereka.

Karenanya, program-program yang ditampilkan dalam Jakarta Doodle Fest JDF 2024 pun banyak yang mengangkat isu tersebut. Di antaranya merupakan roadshow ke berbagai sekolah dan fakultas seni di Indonesia yang tahun ini akan mengunjungi Jakarta, Bandung, dan Malang.

Second stop dari rangkaian art school roadshow Jakarta Doodle Fest tahun ini akan bertempat di Bandung, Jawa Barat, lebih tepatnya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan menggandeng Keluarga Mahasiswa Seni Rupa (KMSR) Fakultas Seni Rupa & Desain (FSRD) ITB dan didukung oleh MR.DIY sebagai sponsor.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel di Bandung untuk Staycation Minggu Ini, Ada Kolam Renangnya Lho

Roadshow yang bertajuk “From Shelf to Self-Expression: ExploringReady-made” ini dilangsungkan pada Kamis, 3 Oktober 2024 dengan menghadirkan mentor Heru Hikayat selaku kurator seni rupa serta REEXP (Recycle Experience) by Evan Driyanandad an Attina Nuraini, duo seniman yang berkarya dengan menggunakan benda sehari-hari.

“Rangkaian program JDF memang diperuntukkan untuk komunitas seni visual, dan kita paham bahwa mahasiswa dan pelajar adalah bagian besar dari komunitas itu. Karenanya, sejak tahun lalu kita konsisten roadshow mengunjungi kampus-kampus di Indonesia. Ini pun kedua kalinyakami hadir di Bandung,” ujar cofounder JDF dan TFR News Mandy CJ yang ikut ke Bandung.

Seperti pada tahun sebelumnya, sesi art school roadshow di Bandung ini kembali bekerja sama dengan KMSR FSRD ITB.

Pasalnya, FSRD ITB sendiri pun konsisten mencetak para pelaku seni yang membanggakan di kancah nasional dan internasional.

Bahkan, para lulusannya terus aktif berkarya hingga kini.

Baca Juga: Cara Samsung Neo QLED 8K Mentransformasi Home Entertainment dengan AI TV

Salah satunya terbukti dengan berlangsungnya pameran “Milestone”pada bulan lalu yang diikuti oleh puluhan alumni Seni Rupa ITB dari berbagai generasi.

“Harapan kami, peserta mendapatkan pemahaman baru mengenai batasan apa saja yang dapat disebut sebagai sebuah karya. Peserta mendapatkan sudut pandang baru akan benda keseharian. Peserta juga lebih menaruh perhatian pada hal-hal remeh, terbiasa mengeksplorasi ide menarik dari benda-benda tersebut, dan lebih mengapresiasi hal-hal banal di lingkungan sekitar,” ujar mahasiswa yang menjadi perwakilan KMSR FSRD ITB.

Sesuai dengan tema JDF 2024 yakni “Art to Cart”, terjalin juga sinergi antara komunitas seni visual dengan pelaku industri, dalam hal ini lewat dukungan MR.DIY sebagai sponsor.

Terkait keterlibatannya dalam inisiatif yang mengangkat tagar #CreateWithMRDIY ini, Ria Sutrisno sebagai Head of Marketing dari MR.DIY menyampaikan, “MR.DIY merasa bangga bisa turut memberikan dukungan untuk anak muda yang menggeluti seni visual lewat JDF 2024.

“Dalam acara ini, MR.DIY juga ingin memberikan dukungan bagi mereka dalam bentuk artinstallation competition di mana hasil dari instalasi para pemenang akan dipajang di salah satutoko MR.DIY.

Tentunya inisiatif ini juga bisa memberikan exposure bagi para pemenang tersebut di mata masyarakat umum yang mengunjungi MR.DIY.

Hal ini dapat turut menunjukkan bakat mahasiswa Indonesia menuju perjalanan mereka menjadi seniman profesional kelak,” ujar Ria.

Tidak hanya itu, Ria menambahkan, “MR.DIY menyediakan 10 kategori produk yang dapat mempermudah pelajar dan mahasiswa memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk mahasiswa jurusan seni ataupun desain seperti kategori Alat Tulis & Olahraga, Mainan, dan Hadiah.

Semua ini bisa didapatkan di salah satu gerai MR.DIY yang tersebar di Kota Bandung.

”Dalam roadshow di Bandung ini, mahasiswa Institut Teknologi Bandung serta publik yang telah mendaftar, berkesempatan mengikuti kelas tentang karya seni instalasi bersama Heru Hikayatdan REEXP. Lalu, dilanjutkan dengan kompetisi membuat art installation untuk 35 peserta.Peserta kompetisi art installation akan diajak berkunjung ke gerai MR.DIY di Bandung IndahPlaza (BIP), di mana tiap peserta akan mencari bahan dasar atau material dari seluruh produk DIY yang dapat digunakan untuk keperluan instalasi seninya.

Para peserta dibebaskan untuk berkreasi dalam satu minggu ke depan, sebelum final review bersama mentor secara daring dan final submission.

Setelahnya, MR.DIY, mentor, dan JDF akan memilih satu karya terbaik yang akan dipamerkan pada pameran All The Small Things di acara inti Jakarta Doodle Fest pada 1-3 November 2024 mendatang.

All The Small Things (ATST) sendiri merupakan sebuah inisiatif yang digarap oleh Muklay, yang kembali berperan sebagai Art Director JDF, untuk memberikan wadah bagi para seniman untuk menampilkan karya mereka, di mana karya-karya ini juga dapat dibeli oleh publik Rangkaian acara menuju acara puncak Jakarta Doodle Fest 2024 pun tidak berhenti sampai disini, karena masih banyak acara-acara seru menanti.

“Setelah kemarin dari Malang, kamikembali mengunjungi kampus-kampus di Bandung dan akan menyambangi Jakarta juga, jadi bisa menjangkau lebih banyak lagi generasi muda pegiat seni visual,” tambah Mandy.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Jakarta Doodle Fest dan ATST, silakan kunjungi lamansosial Instagram @jakartadoodlefest.

Ayo dukung komunitas seni visual dan karya mereka dengan memeriahkan rangkaian acara Jakarta Doodle Fest 2024!

RELATED ARTICLES

Most Popular