Senin, Mei 6, 2024
BerandaHeadline8 Tempat Wisata Estetik yang Hanya Bisa Ditemukan di Lombok

8 Tempat Wisata Estetik yang Hanya Bisa Ditemukan di Lombok

DESTINASI BANDUNG-Indonesia adalah surga bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Beragam tempat wisata alam di Indonesia seakan tak pernah habis dan selalu menarik untuk dijelajahi. Salah satu destinasi yang tak boleh luput dari rencana liburan adalah Pulau Lombok.

Kini, pesan tiket pesawat Jakarta Lombok semakin mudah dengan dukungan Traveloka. Sistem Traveloka siap membantu para penggunanya menemukan rekomendasi tiket pesawat yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihan metode pembayaran yang variatif membuat para pengguna Traveloka bisa melakukan pemesanan tiket pesawat secara cepat dan praktis.

Bersama akomodasi dari Traveloka, rencana liburan ke Lombok akan makin sempurna dengan mengunjungi delapan tempat wisata estetik berikut ini:

1. Pantai Senggigi
Destinasi wisata alam ini merupakan salah satu yang paling populer di Lombok. Sejauh mata memandang, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama garis pantai yang indah.
Pasir pantai berwarna putih dan keindahan laut Pantai Senggigi membuat siapa pun pasti rindu ingin kembali lagi. Tak hanya memiliki pemandangan yang indah, Pantai Senggigi juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti restoran, hotel, dan sarana transportasi untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan.

2. Pantai Kuta Lombok
Bukan cuma Bali yang punya Pantai Kuta. Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang tak kalah indah dibandingkan Bali. Masyarakat lokal menyebut Kuta sebagai pantai merica karena tekstur pasirnya sehalus merica.
Pantai Kuta adalah salah satu tujuan wajib bagi wisatawan yang hobi berselancar karena kondisi ombaknya merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Perjalanan ke Pantai Kuta sejauh 56 km dari Kota Mataram akan terbayar luas ketika menyaksikan pantai yang menakjubkan.

3. Gunung Rinjani
Lombok juga punya kekayaan alam berupa gunung tertinggi kedua di Indonesia yang bernama Gunung Rinjani. Panorama Gunung Rinjani yang indah senantiasa berhasil membuat para wisatawan mendaki hingga ke puncak.
Bagi para penganut agama Hindu, Gunung Rinjani memiliki nilai spiritual istimewa karena dianggap sebagai tempat tinggal para dewa. Jangan lupa menyiapkan kondisi fisik yang prima dan perbekalan yang mencukupi jika ingin menjelajahi Gunung Rinjani.

4. Hutan Monyet Pusuk
Hutan yang menjadi tempat tinggal ratusan monyet ini masih termasuk kawasan Gunung Rinjani. Ketika mengunjungi Hutan Monyet Pusuk, para wisatawan leluasa memotret kawanan monyet, memberikan makanan, atau sekadar bersantai di bawah naungan pepohonan rindang. Wisatawan harus ekstra waspada saat mengunjungi kawasan wisata ini agar barang bawaan tidak dirampas monyet-monyet nakal.

5. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air
Objek wisata seru lainnya yang terdapat di Lombok adalah tiga pulau bernama Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Gili Trawangan merupakan pulau terbesar yang paling ramai dikunjungi wisatawan muda.
Sementara itu, Gili Meno terletak di antara Gili Trawangan dan Gili Air. Gili Meno identik dengan suasana tenang dan rimbun sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin bersantai. Satu pulau lagi yang tak kalah menarik yaitu Gili Air.
Dibandingkan dua pulau lainnya, Gili Air memiliki jumlah penduduk paling banyak dan cocok bagi wisatawan yang ingin berbaur dengan budaya lokal setempat.

6. Pura Meru
Lombok termasuk salah satu daerah di tanah air yang memiliki banyak peninggalan bersejarah agama Hindu, salah satunya yaitu Pura Meru. Pura yang terletak di jalan Selaparang ini adalah salah satu pura tertua di Indonesia karena dibangun pada tahun 1720.
Jika dibandingkan dengan pura lainnya, Pura Meru merupakan yang terbesar di Lombok. Kawasan Pura ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ATM, toko souvenir, toilet, serta pedagang makanan kaki lima untuk menunjang kenyamanan wisatawan.

7. Pantai Pink
Destinasi wisata Lombok berikutnya yang tak boleh dilewatkan adalah Pantai Pink. Sesuai dengan namanya, pantai ini terdiri dari hamparan pasir berwarna merah muda yang berpadu dengan air laut super jernih.
Objek wisata yang memiliki nama asli Pantai Tangsi ini terletak di Kecamatan Jarowaru, Kabupaten Lombok Timur. Wisatawan yang mengunjungi Pantai Pink pasti tak akan melewatkan kesempatan berfoto hingga puas sekaligus menikmati suasana tepi laut yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya.

8. Rumah Adat Suku Sasak Sade
Satu lagi destinasi wisata Lombok yang tak pernah luput dari perhatian adalah Rumah Adat Suku Sasak Sade. Kawasan wisata ini berada di Kabupaten Lombok Tengah.
Rumah Adat Suku Sasak Sade mengabadikan sisa-sisa kebudayaan Sasak Lama yang merupakan peninggalan Kerajaan Pejanggik. Kumpulan rumah adat di kawasan tersebut dikenal dengan istilah Bale Tani. Materialnya terdiri dari dinding rumah berupa anyaman bambu yang dikombinasikan dengan kayu.

Sedangkan bagian lantainya terbuat dari campuran tanah, getah pohon, abu jerami, dan kotoran kerbau. Ruangan Bale Tani bagian dalam berfungsi sebagai dapur dan tempat anggota keluarga wanita. Sedangkan bagian luarnya difungsikan untuk anggota keluarga lain serta tamu.

Selain kedelapan tempat wisata tersebut, masih banyak kekayaan Lombok yang bisa dinikmati para wisatawan. Beberapa objek wisata populer lainnya seperti Pantai Sire, Danau Segara Anak, Pura Batu Bolong, dan Pantai Sekotong juga sangat istimewa untuk dikunjungi.

Menjelajahi kekayaan tanah Lombok kini tak mustahil lagi dengan akomodasi wisata lengkap yang dipersembahan Traveloka Lifestyle SuperApp. Liburan ke Lombok, Traveloka dulu.

RELATED ARTICLES

Most Popular