Minggu, Mei 5, 2024
BerandaHiburanDewa 19 dan Raisa Anggiani Sukses Hibur Masyarakat di Pesta Rakyat Simpedes...

Dewa 19 dan Raisa Anggiani Sukses Hibur Masyarakat di Pesta Rakyat Simpedes Stadion Siliwangi Bandung

DESTINASI BANDUNG-Acara tahunan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI resmi memulai rangkaiannya di Kota Bandung hari ini tanggal 22-23 Juli 2023 di Stadion Siliwangi, Bandung. Gelaran Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI tahun ini mengangkat tema “Pede Raih Peluang” yang akan diimplementasikan ke dalam seluruh rangkaian kegiatan acaranya, dengan tujuan dapat mengedukasi sekaligus menghibur para pengunjung dan pelaku UMKM. Hal ini sejalan dengan komitmennya selama 15 tahun gelaran PRS BRI diselenggarakan, yaitu mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus berinovasi dan berdigital dalam mengembangkan pangsa pasar mereka. 

Tujuan utama diselenggarakannya Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2023 yang menghadirkan artis Raisa Anggiani dan Dewa 19 oleh BRI adalah untuk meningkatkan pemahaman digitalisasi finansial masyarakat, pemberdayaan dan perluasan pasar UMKM, serta memberikan layanan yang utuh kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes. 

“Selain itu, kegiatan PRS ini diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya bangkitnya sektor UMKM di Indonesia di wilayah Regional Office BRI Bandung, kami telah menyalurkan Kredit KUR dan Kredit Kupedes dalam 5 tahun terakhir sebesar Rp 147 Triliun kepada 4,9 jt nasabah UMKM, hal ini sebagai bentuk komitmen Bank BRI untuk terus berkontribusi dalam kemajuan pelaku UMKM untuk terus naik kelas” ujar Budhi Novianto RCEO BRI Bandung

Edukasi Para Pedagang Melalui Kelas UMKM
PRS 2023 di Kota Bandung menghadirkan serangkaian program acara. Pada hari pertamanya, PRS 2023 memiliki agenda Pawai Budaya yang diikuti 200 peserta dari berbagai macam komunitas lokal. Pawai akan dimulai pada pukul 15.00 WIB dengan rute dimulai dari titik Stadion Siliwangi di Jalan Lombok, sampai diakhiri di tempat yang sama dengan total estimasi waktu selama 50 menit. Peserta pawai meliputi Bandung Tour on The Bus, Komunitas Hantu Asia Afrika, Jabar Drum Corps, Komunitas Penari Etnis, Komunitas Kostum Karnaval Bandung, Komunitas Sapedah Ontel, Komunitas Barongsai Lucky Lions, Komunitas Egrang, Komunitas Tubarani Gowa, Komunitas Bandung Skateboard, dan Komunitas Bandung BMX. 

PRS juga menyediakan area Pasar dalam bentuk bazar untuk para peserta UMKM dengan berbagai produk unggulan khas Kota Bandung. Area ini juga dijadikan sebagai percontohan digitalisasi finansial dalam hal mengubah kebiasaan bertransaksi nasabah mikro dari cash atau uang tunai menjadi cashless dengan menggunakan aplikasi BRImo. 

Kemudian pada hari kedua terdapat Panen yaitu sebuah pengundian hadiah-hadiah istimewa yang terdiri dari uang tunai hingga jutaan Rupiah yang dapat diikuti seluruh pengunjung acara dan pengumuman pemenang doorprize. Pada tahun 2022, Regional Office BRI Bandung telah mengundi 54 mobil, 700 sepeda motor dan ribuan hadiah lainnya. PRS BRI 2023 juga memberikan hiburan dengan berbagai kegiatan, salah satunya melalui Pojok X’Sis, yaitu area menarik untuk para pengunjung beraktivitas, menyalurkan hobi, bermain dan menikmati keseruan rangkaian kegiatan PRS. 

Sebagai bentuk kepedulian BRI, PRS juga menyediakan stan Peduli yang dapat dikunjungi oleh seluruh pengunjung PRS. Cukup membayar 1 rupiah menggunakan aplikasi BRImo, pengunjung dapat melakukan cek kesehatan gratis, donor darah, sembako gratis, dan penukaran sampah plastik dengan voucher ratusan ribu rupiah. 

Kegiatan hiburan lainnya hadir dalam rangkaian Panggung yang dibagi menjadi beberapa segmen hiburan seperti aktivitas olahraga bersama, yaitu zumba dan jalan sehat, serta penampilan dari artis-artis tanah air sampai artis lokal, seperti Dewa 19, Raisa Anggiani, dan Tiara Effendy yang akan menghibur seluruh pengunjung pada hari pertama PRS 2023, dan Maliq & D’Essentials, Feby Putri, dan Plamboy pada hari kedua PRS 2023. Selain itu, hiburan yang hadir juga bersifat edukatif yaitu melalui kelas-kelas interaktif dengan tema seputar bisnis untuk para pelaku UMKM dan pengunjung. Kelas UMKM mengadakan 4 talkshow interaktif dengan dua tema utama: “Rencanakan Bisnismu dan Jadilah UMKM Pemenang” serta “Izin Usaha Lengkap, Cuan Mengalir Deras” yang diadakan selama dua hari selama acara berlangsung. Melalui kelas UMKM ini diharapkan dapat memberdayakan para pelaku UMKM dan memberikan wawasan bagi kesuksesan dalam dunia bisnis.

Program-program ini tentunya memberikan wawasan dan pengalaman yang berharga bagi para pelaku UMKM. Salah satu pelaku UMKM membagikan pengalamannya mengikuti PRS BRI 2023, “Senang di sini sangat terbantu dengan fasilitas yang diberikan. Di sini juga bisa bertemu pelanggan secara langsung dan pastinya bertemu UMKM lainnya, bisa saling belajar satu sama lain,” ujar salah satu peserta UMKM PRS Bandung dari booth Batagor Lestari.

Bagi pengunjung yang berminat masuk ke area Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI dapat menggunakan aplikasi BRImo untuk scan QRIS seharga Rp 1. Namun pengunjung yang tidak memiliki aplikasi BRImo dapat mengunduh aplikasi di tempat dan menuju ke area pendaftaran untuk meminta bantuan mendaftarkan aplikasi BRImo.

Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes 2023 dapat diakses melalui instagram @bankbri_id atau website bbri.id/PRS2023 .
****

RELATED ARTICLES

Most Popular