Destinasi Bandung-Film animasi karya anak bangsa Battle of Surabaya baru saja dirilis pada tanggal 20 Agustus kemarin. Film ini menceritakan konflik menarik yang dibalut kisah perjuangan, Battle of Surabaya tampaknya sukses mencuri hati para pencinta film tanah air maupun internasional. Tidak tanggung-tanggung film animasi ini juga diminati waltdisney.
Film garapan Aryanto Yuniawan ini menceritakan tentang seorang tukang semir sepatu bernama Musa. Anak laki-laki ini kemudian diberi kepercayaan untuk menjadi kurir yang harus mengantarkan surat atau dokumen-dokumen penting pemerintahan saat pertempuran 10 November di Surabaya.
Musa pun tak sendirian, ia ditemani oleh seorang gadis keturunan Jepang, Yumna, dan juga pemuda 20 tahun bernama Danu. Perjuangan Musa menjadi seorang kurir pun tak mudah, masalah semakin rumit ketika Musa mulai curiga akan pengkhianatan yang mungkin dilakukan oleh sahabat-sahabatnya.
Jauh sebelum dirilis, film bergaya anime (animasi Jepang) ini sudah meraih beragam prestasi membanggakan di kancah perfilman internasional dan digarap 180 animator Indonesia di Yogyakarta.
“Jadi awalnya Disney ikut memberi masukan, memberi saran, dan kemudian mereka menawarkan tiga pilihan. Yang pertama, film ini akan dibeli putus oleh Disney, jadi film ini akan jadi punya Disney. Kedua, Disney siap mendistribusikan film ini atas nama mereka, jadi akan ada label Disney nantinya. Ketiga, Disney akan support dalam hal teknis untuk membuat film yang bagus, juga mereka akan memperluas jaringan untuk film Battle of Surabaya ke jaringan-jaringan Disney,” ujarnya.
Sang sutradara pun menceritakan bahwa Disney sempat akan membeli filmnya. Pada akhirnya Aryanto dan MSV Pictures memilih untuk tidak menjual film namun tetap menjalin kerja sama dengan Disney.