Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaKesehatanManfaat Puasa Bagi Tubuh Kita

Manfaat Puasa Bagi Tubuh Kita

Destinasi Bandung-Ternyata berpuasa banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Karena berpuasa dapat mengurangi radikal bebas. Radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh akan mengurangi aktivitas kerja enzim, menyebabkan terjadinya mutasi, dan kerusakan dinding sel. Ada sekitar 50 penyakit degeneratif, termasuk penyakit jantung dan stroke, dicetuskan dan diperparah oleh senyawa radikal bebas.
Berikut beberapa manfaat berpuasa seperti yang dilansir situs klikdokter antara lain :
1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Penelitian menunjukkan bahwa berpuasa memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada diet biasa. Selain itu, ketika berpuasa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama. Banyak atlet sekarang ini menggunakan puasa sebagai sarana untuk menurunkan persentase lemak tubuh sebelum kompetisi.

2.Membuat Panjang Umur
Percaya atau tidak, semakin sedikit Anda makan semakin lama Anda akan hidup. Penelitian menunjukkan bagaimana umur orang dalam budaya tertentu meningkat karena diet mereka. Salah satu efek utama dari penuaan adalah metabolisme lebih lambat; jika metabolisme Anda lebih cepat, tentu akan membuat tubuh menjadi lebih muda.
3. Meningkatkan Fungsi Otak
Puasa mampu meningkatkan produksi protein neurotropik yang dihasilkan oleh otak. Substansi ini mengaktifkan sel-sel batang otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu berbagai bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf. Protein ini juga melindungi sel-sel otak Anda dari kelainan yang berhubungan dengan penyakit alzheimer dan parkinson.
4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan di dalam tubuh, dan menurunkan pembentukan sel kanker. (Herlambang Septiawan)

RELATED ARTICLES

Most Popular