Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaKulinerSerunya Ikut Coffee Class di Upnormal Coffee Roasters Bandung

Serunya Ikut Coffee Class di Upnormal Coffee Roasters Bandung

Destinasi Bandung-Serunya Ikut Coffee Class di Upnormal Coffee Roasters Bandung . Upnormal Coffee Roasters kembali lagi dengan gelaran Coffee Class Roadshow. Berlokasi di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters Cihampelas, kelas dengan bentuk sharing ini diisi dengan informasi tentang seluk beluk kopi, dari yang tadinya masih berbentuk buah hingga tersaji dalam bentuk minuman yang nikmat.

Antusias peserta sangat tampak karena hampir seluruh penggemar kopi yang mendaftar telah datang sebelum acara dimulai. Tepat pukul 10.00, Coffee Masters Champion, Setyo Prayitno membuka Coffee Class dengan memperkenalkan alat apa saja yang dapat digunakan untuk membuat kopi, seperti Turkish Coffee Pot, Aeropress Coffee Maker, Technivorm Coffee Maker, Moka Pot, Espresso Machine, V60 Dripper, Syphon Coffee Maker, Cold Drip Maker, French Press, Cafe Solo Coffee Maker dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, materi kelas beralih kepada jenis￾jenis biji kopi yang ada.Ternyata, tidak hanya Arabika dan Robusta saja. Berdasarkan informasi dari Setyo, ada tiga jenis biji kopi lainnya, seperti Peaberry, Liberica, dan Excelsa yang keberadaannya tidak mudah ditemukan layaknya Arabika dan Robusta.

Pada kesempatan kali ini, Setyo lebih banyak berbagi mengenai jenis biji kopi Arabika dan Robusta. Sebelum memasuki bagian ini, pertama-tama peserta diberikan kesempatan untuk memisahkan antara roast beans Arabika dengan Robusta yang sudah ditempatkan dalam wadah khusus. Banyak peserta yang masih bingung untuk membedakannya. Menurut Setyo, cara termudah untuk membedakan jenis biji kopi tersebut adalah dengan melihat bentuknya. Biji kopi Arabika cenderung lebih bulat, sedangkan Robusta lebih terlihat lonjong. Setyo juga menambahkan, cara mudah lainnya adalah dengan memakan biji kopi tersebut. Biji kopi Arabika cenderung terasa seperti buah dan asam, sedangkan Robusta akan terasa seperti kacang-kacangan.

Menyambung tentang rasa, dalam Coffee Class Roadshow yang diadakan oleh kedai kopi yang masih satu grup dengan Warunk Upnormal ini juga membagikan informasi tentang istilah khas yang digunakan dalam dunia perkopian, seperti istilah body, sweetness, acidity, flavor, after taste, juga istilah tasting notes lainnya. Untuk memantapkan istilah-istilah ini, Setyo mengajak peserta untuk mengetahui bagaimana tasting notes yang dijabarkan tadi dengan praktek membuat kopi menggunakan cara manual atau manual brew. Peserta dipersilahkan untuk mencoba menggunakan V60. Pada kopi hasil seduhan dari alat ini, peserta dapat merasakan berbagai karakter kopi seperti manisnya, rasa asamnya, after taste-nya namun dengan body yang lebih ringan.

Sebelumnya Coffee Class Roadshow ini sudah diselenggarakan di Warunk Upnormal Gejayan, Upnormal Coffee Roasters Jalan Kaliurang – Jogjakarta, Upnormal Coffee Roasters Raden Saleh, Warunk Upnormal Kalideres, dan Upnormal Coffee Roasters Rawamangun. Warunk Upnormal Semarang pada tanggal 27-28 Juli 2018.

Upnormal meyakini bahwa setiap orang berhak mendapatkan ilmu yang baik tentang kopi, sehingga dengan adanya kegiatan Coffee Class Roadshow ini, semakin banyak masyarakat Indonesia
teredukasi akan kekayaan alam yang telah diakui oleh dunia.

Informasi lebih lanjut cek,
www.upnormalcoffeeroaster.com | www.upnormal-store.com
Instagram: @UpnormalCoffeeRoasters | Twitter: @upnormal_coffee | Facebook: Upnormal Coffee

RELATED ARTICLES

Most Popular