Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaHeadlineTempat Makan Kuliner Khas Cirebon yang Enak di Kota Bandung

Tempat Makan Kuliner Khas Cirebon yang Enak di Kota Bandung

Destinasi Bandung-Tempat Makan Kuliner Khas Cirebon yang Enak di Kota Bandung. Kota Cirebon selama ini terkenal dengan batik dan keratonnya, selain itu tentu saja wisata kuliner Cirebon yang paling di cari wisatawan dengan makanan-makanan yang rasanya sangat gurih. Bagi Anda wargi bandung atau yang sedang berlibur ke kota Bandung, tidak perlu jauh -jauh pergi ke kota Cirebon. Karena di Bandung ada beberapa pilihan untuk Anda yang ingin mencicipi kuliner khas Cirebon dengan rasa dan kualitas yang sama di kota asalnya.

Berikut ini adalah 5 tempat makan kuliner khas kota cirebon pilihan Destinasi Bandung yang wajib untuk anda coba di Kota Bandung :

Warung nasi jamblang Mang Darma / Destinasi Bandung
Warung nasi jamblang Mang Darma / Destinasi Bandung

Rumah Makan Mang Darma Sadakeling

Rumah makan Mang Darma yang berlokasi di jalan Sadakeling No. 11 Bandung ini tak hanya mengadopsi, di tempat ini pula pengunjung juga bisa menikmati atmosfer dan cara penyajian yang sama persis seperti aslinya di Cirebon.

Empal gentong merupakan salah satu menu senjata di rumah makan ini yang berbahan dasar daging sapi dan jeroan sekilas mirip gulai kuning. Kuahnya kental dengan perasan santan dan potongan daging. Tak hanya daging, di dalamnya juga ada jeroan seperti usus dan babat.

“Seporsi empal gentong spesial ditawarkan hanya dengan harga Rp. 20.000,” ucap dia kepada wartawan Destinasi Bandung.

Selain itu ada juga menu lainnya seperti nasi Jamblang yang menggunakan daun jati sebagai bungkus nasi ini juga bisa menjadi rekomendasi. Terlebih, menu ini disajikan dengan gaya prasmanan. Tapi lauk pauk ala Jamblang juga terbilang langka.

“Menu wajib yang biasa hadir, antara lain sambal goreng petai, balakutak, tahu sayur, paru-paru, semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar, goreng, sambal goreng telur, semur ikan, ikan asin, tahu, tempe dan masih banyak lagi,” bebernya.

Nasi jamblang ini memiliki aroma khas dan lebih tahan lama.”Satu hal yang tidak boleh terlewatkan, makan nasi jamblang juga wajib pakai sambal goreng. Sambal gorengnya juga harus menggunakan cabai tanjung yang warnanya merah pekat. Tapi rasanya juga tidak terlalu pedas karena sudah dibuang bijinya,” papar dia.

Tidak perlu khawatir terhadap harga nasi jamblang ini pasalnya untuk menikmati nasi Jamblang pengunjung hanya butuh uang sekitar Rp. 2.000 per-satu bungkus sedangkan harga rata-rata satuan dari item nasi Jamblang dipatok hanya Rp. 1.000 saja.

Sementara senjata menu lainnya ada menu nasi lengko yaitu nasi plus campuran sayuran ini dibaluri dengan potongan tempe goreng, tahu goreng, toge, timun, kucai, bawang goreng. Terakhir, disiram dengan sambel kacang serta kecap yang dihargai hanya sekitar Rp. 15.000.

Dijamin, tempat makan empal gentong dan nasi jamblang mang Darma khas Cirebon Sadakeling ini bakal membuat pengunjung terus ketagihan untuk menyambangi tempat ini di lain hari.

Warung nasi jamblang Grand Pasundan Convention / Destinasi Bandung
Warung nasi jamblang Grand Pasundan Convention / Destinasi Bandung

Warung Nasi Jamblang Grand Pasundan Convention Hotel

Melihat fenomena di kota Bandung dan sekitarnya akhir-akhir ini, banyak bermunculan warung angkringan dan warung nasi jamblang. Berdasarkan hal tersebut, untuk mengakomodir tamu maupun warga Bandung yang ingin menikmati kuliner khas Cirebon dengan tempat yang nyaman, Grand Pasundan Convention Hotel meluncurkan Warung Nasi Jamblang dengan juru masak langsung didatangkan dari Cirebon yang berlokasi di Cafetaria Hotel.

Menurut Public Relations Grand Pasundan Convention Hotel Nanda Wiyatie, pihaknya ingin mengangkat makanan tradisional khas Cirebon ke Hotel dengan citarasa original yang sama, karena juru masaknya di datangkan langsung dari Cirebon. “Dengan packagingnya yang baik serta penyajiannya yang bersih sesuai dengan standar hotel bintang 5 tentunya akan banyak pengunjung yang ingin mencicipinya,”ujarnya.

Menu dan harganya hampir sama dengan yang diwarung pinggir jalan mulai dari kisaran Rp.5000 -Rp.15.000 per itemnya. Untuk main coursenya ada sekitar sepuluh menu yang terdiri dari sate, daging, telur, tempe, tahu, kerang, ikan, empal gentong,cumi,perkedel, paru dan sayur. Untuk penyajiannya daun jati tetap menjadi pembungkus nasinya sehingga wangi aroma daun jatinya terasa di nasi putih.

Selain itu untuk dessertnya ada es campolay, es cingcau, colenak saus duren. Ada juga penganan kecil khas cirebon seperti tahu gejrot. Warung ini buka dari pukul 10.00-21.00 wib.

Untuk Informasi lebih lanjut bisa hubungi ke Grand Pasundan Covention Hotel jalan Peta 147-149 Bandung 40233.
Telp : 022-604 3135
Fax. : 022-604 1667
Website : www.grandpasundan-hotel.com

Warung empal gentong Dua Putri / Destinasi Bandung
Warung empal gentong Dua Putri / Destinasi Bandung

Warung Empal Gentong Dua Putri Panghegar

Warung Empal Gentong Dua Putri, lokasi tepatnya berada di Jalan Panghegar Nomor B.4 dekat perempatan jalan Rumah Sakit Ujungberung Bandung seberang Pom Bensin .

Bagi pecinta kuliner nusantara yang ingin merasakan lezatnya Empal khas Cirebon, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau untuk menu spesial Anda hanya merogoh kocek Rp. 22.000, menu super Rp. 18.000, menu full daging Rp. 16.000, dan menu daging campur Rp. 15.000.
Sementara, minumannya ada teh manis, jus jeruk, teh botol dan fruit tea,”ujarnya.

Selain empal gentong , diwarung ini juga menyediakan makanan khas Cirebon lainnya yakni Nasi Lengko. Nasi lengko sendiri sepintas mirip ketorak, hanya saja ketoprak menggunakan ketupat. Nasi lengko sendiri terdiri dari nasi putih yang berisi tempe, tahu yang dilumuri bumbu kacang ditambahkan toge, dan mentimun serta ditambah kecap manis. Nasi lengko sendiri harganya sangat terjangkau, hanya mengeluarkan duit Rp. 9.000 dijamin Anda akan kenyang.

Dia menambahkan, dalam sehari warung empal gentongnya, bisa menjual lebih dari seratus porsi. Dan umumnya pelanggan yang datang sudah menjadi pelanggan tetap. Harapannya, mudah-mudahan warungnya tetap ramai didatangi pengunjung dan bisa membuka cabang di tempat berbeda yang akan datang.

Destinasi Bandung
Destinasi Bandung

Sega Jamblang Cerbon Ibu Linda

Sega Jamblang (Nasi Jamblang dalam Bahasa Indonesia) adalah makanan khas masyarakat kota Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan. Menu yang tersedia antara lain sambal goreng (yang agak manis), tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempeserta tidak ketinggalan ‘blakutak’, sejenis cumi-cumi yang dimasak bersama tintanya.

Di warung Sega Jamblang Ibu Linda penyajiannya bersifat prasmanan serta lauknya beraneka ragam. Mulai dari sambal goreng, tahu sayur. daging, perkedel, hingga blekutak. yakni sejenis cumi cumi. Peminat makanan ini hampir dari semua kalangan dan usia. Baik pendatang maupun warga asli Cirebon tidak akan bosan menikmati sega jamblang. Apalagi harganya relatif murah dan bisa membuat perut kenyang.

Sega Jamblang Cerbon Ibu Linda menyajikan Nasi Lengko, Nasi Jamblang dan Empal Gentong. Rumah makan ini terletak Di Komplek Batu Nungggal Indah Jalan Batu nunggal Blok RD 12 Bandung dengan no telp 022-87526734

Destinasi Bandung
Destinasi Bandung

Rumah makan Daun Semanggi Cibogo

Rumah makan Daun Semanggi terletak di jalan Mustang B7 No.6 Perumahan Kumala Garden Cibogo ini meyajikan dua makanan khas Cirebon yakni Empal Gentong dan Tahu Gejrot.

Harga Satu Porsi Empal Gentong dan Nasi dibanderol Rp. 39.000,- ini isinya ada Daging dan Babat dengan kuah kuning yang kental dan gurih dijamin Anda akan terpuaskan.
Sementara itu jika ingin tambah kudapan bisa pesan Tahu Gejrot seharga Rp. 10.000,- jangan sampai kepedesan, minta cabenya sesuai selera.

Bagi yang ingin mengobati keingininan menyantap makanan khas Cirebon langsung datang saja atau bisa pesan tempat dengan langsung menghubungi Telp : 022 2009995 / 0822 1919 4614.

Tahu gejrot / Destinasi Bandung
Tahu gejrot / Destinasi Bandung

Tahu Gejrot Pak Deden

Untuk Anda penyuka tahu gejrot khas Cirebon bisa mampir ke Jl. Pasir Kaliki No. 25-27 Paskal Hyper Square, Food Market Blok B-43 Kebon Kawung, Bandung.

Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang putih, bawang merah, gula. Biasanya disajikan di layah kecil. Tahu gejrot juga merupakan jajanan khas daerah Cirebon yang digemari di kalangan anak-anak dan orang dewasa, karena sensasi rasanya yang khas. Tahu gejrot ialah tahu yang dipotong kecil-kecil kemudian ditaruh di atas piring kecil dan tahu yang digunakan ialah tahu sumedang. Cara memakannya pun unik, yakni dengan satu lidi kecil kemudian tusuk bagian tahu yang telah dipotong-potong itu.

Tahu Gejrot Pak Raden, Cipaganti

Tahu Gejrot Pak Raden Cipaganti ini terletak Jl. Dr. Djunjunan No. 126 Pasteur Hyper Point, Gerobak Bandung.
Hampir sama dengan tahu gejrot Pak Deden , tahu gejrot ini tetap mempertahankan ciri khas tradisionalnya yakni dengan menggunakan pikulan yang di tutupi dengan kain. Untuk wadahnya sendiri masih menggunakan piring gerabah yang di buat dari tanah liat.

Menurut pengelola tahu Gejrot pak Raden, Cara membuat tahu gejrot diawali dengan menyiapkan tahu sumedang dan rendam tahu ke dalam air matang dan beri satu sendok teh garam halus kurang lebih selama 20 menit. Setelah tahu direndam, goreng tahu hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan. Tahap selanjutnya ialah membuat saus tahu gejrot. Caranya, haluskan bawang putih, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, cabai hijau, gula merah, dan garam, lalu masukkan air asam, air dan kecap manis, kemudian aduk rata, dan masak hingga mendidih,kemudian angkat dan sisihkan. Setelah itu letakkan tahu goreng di atas piring saji, tuangkan saus itu, lalu taburi dengan bawang merah goreng di atasnya. Pembuatannya yang masih sangat tradisional membuat tahu gejrot ini memiliki rasa yang khas.

RELATED ARTICLES

Most Popular