Minggu, Mei 5, 2024
BerandaOlahragaLiverpool Bungkam Manchester City 4-1

Liverpool Bungkam Manchester City 4-1

Destinasi Bandung-Liverpool permalukan tim tuan rumah di Etihad Stadium setelah menghancurkan Manchester City dengan skor 4-1 dalam lanjutan Premier League pekan ke-13, Minggu (22/11/2015) dini hari WIB. Keempat gol The Reds dicetak bunuh diri Eliaquim Mangala, Phillipe Coutinho, Roberto Firmino dan Martin Skrtel. Sementara satu gol hiburan The Citizens dikemas Sergio Aguero.

Manchester City dan Liverpool memiliki target yang sama, meraih kemenangan. The Citizens ingin menggeser Leicester City dari puncak klasemen, sementara The Reds memiliki tekad merangsek ke papan atas klasemen.

City yang sempat mendominasi di lima menit awal pertandingan justru kebobolan. Liverpool membuka keunggulan pada menit kedelapan setelah bek Manchester City, Eliaquim Mangala melakukan gol bunuh diri.

Gol bermula dari umpan silang yang dilepaskan Roberto Firmino, bermaksud ingin menghalau bola, Mangala justru memasukkan si kulit bulat ke gawang sendiri. Skor 1-0 untuk Liverpool.

Selepas gol tersebut Manchester Biru masih mendominasi jalannya laga. Sementara Liverpool asuhan Jurgen Klopp bermain sabar dan menunggu kesalahan yang dibuat pemain-pemain City. Strategi tersebut terbukti ampuh. Lewat serangan balik cepat, Merseyside Merah mencetak gol kedua.

Gol bermula dari umpan silang Firmino, Coutinho berhasil mencari posisi tepat untuk menendang bola ke sela-sela kaki dari Joe Hart. Skor 2-0 untuk Liverpool. Adam Lallana dan kawan-kawan memang bermain lebih sabar.

Namun, pola tersebut benar-benar mengantarkan mereka berjaya di Etihad Stadium setidaknya hingga 30 menit laga berjalan. Bahkan pada menit 32, Liverpool berhasil menjauhkan skor.

Kombinasi apik Coutinho dan Emre Can, memudahkan Firmino untuk mencetak gol ketiga Liverpool. Pemain asal Brasil tersebut tinggal menyodorkan bola ke gawang kosong setelah menerima umpan presisi dari kompatriotnya, Coutinho.

Tak mau dibantai di markas sendiri, City mencoba bangkit. Pada menit 44, Sergio Aguero berhasil mencetak gol lewat sepakan keras dari luar kotak penalti yang menghujam sisi kanan gawang Simon Mignolet. Skor berubah 1-3 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Pelatih Manuel Pellegrini melakukan pergantian di awal babak kedua. Fabian Delph dan Fernandinho dimasukkan untuk menggantikan Jesus Navas dan Yaya Toure yang bermain buruk di babak pertama.

Masuknya kedua pemain itu menguatkan lini tengah City. Lini tengah Manchester Biru memang lebih kuat. Namun, kreativitas mereka sedikit berkurang karena keluarnya sang jenderal lapangan tengah, Toure.

Pada menit 60, Liverpool mendapat peluang matang lewat Firmino. Namun, tendangan mantan pemain Hoffenheim dapat ditahan dengan gemilang oleh Hart. Sementara dua menit berselang, kiper Timnas Inggris tersebut tak dapat menghentikan kecohan Coutinho yang langsung memasukkan bola ke gawangnya.

Beruntung, gol tersebut tidak disahkan wasit karena Coutinho lebih dulu berada dalam posisi offside. Dua menit berselang giliran City yang mendapat peluang emas. Raheem Sterling memberi umpan kepada Aguero. Namun, tendangan keras penyerang Timnas Argentina berhasil ditangkap sempurna oleh Mignolet.

Liverpool benar-benar menggila. Merseyside Merah hampir bisa memanfaatkan semua peluang yang didapat. Pada menit 81, Liverpool berhasil mencetak gol keempat lewat sepakan keras Martin Skrtel, memanfaatkan kesalahan lini belakang City. Skor berubah 4-1 untuk Liverpool.

Selepas momen tersebut, tak ada peluang yang bisa dibuat kedua tim. Hingga wasit Jonathan Moss meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 4-1 untuk kemenangan Liverpool.

Atas hasil ini Liverpool naik ke posisi sembilan dengan koleksi 20 poin. Sementara City turun ke posisi tiga dengan raihan 26 angka.
Susunan Pemain:

Manchester City XI (4-2-3-1): Hart; Sagna, Demichelis, Mangala, Kolarov; Toure (Fernandinho 46’), Fernando; Navas (Delph 46’), De Bruyne, Sterling; Aguero (Iheanacho 66’).

Liverpool XI (4-2-3-1): Mignolet; Clyne, Skrtel, Lovren, Moreno; Can, Lucas; Milner, Coutinho (Ibe 68’), Lallana; Firmino (Benteke 77’).

RELATED ARTICLES

Most Popular