Selasa, Mei 7, 2024
BerandaOtomotifBapenda Provinsi Jawa Barat Gelar Road to GIIAS Bandung 2023 dan...

Bapenda Provinsi Jawa Barat Gelar Road to GIIAS Bandung 2023 dan Launching Program E Voucher BBM

DESTINASI BANDUNG– Badan Pendapatan Daerah Provinsi atau Bapenda Provinsi Jawa Barat menggelar dua program acara sekaligus yaitu Road To GIIAS Bandung 2023 dan program pemberian e-voucher BBM sebagai tax appreciation kepada masyarakat Jawa Barat pada Jumat 17 November 2023 di Jalan Sukarno Hatta Kota Bandung.

Road To GIIAS Bandung 2023 ini merupakan bentuk dukungan Bapenda Provinsi Jawa Barat dalam menyukseskan event perdana pelaksanaan pameran kendaraan baru terbesar skala internasional di Kota Bandung sebagai salah satu upaya mempercepat capaian target pendapatan tahun 2023.

Dalam event Road To GIIAS Bandung 2023 ini Bapenda Provinsi Jawa Barat juga akan meluncurkan program pemberian e-voucher BBM sebagai tax appreciation kepada penduduk Jawa Barat yang membayar pajak kendaraan bermotor melalui kanal pembayaran digital.

Baca Juga: Rayakan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17, OYO Berikan Diskon Menginap hingga 70 Persen

Menurut Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Bapenda Provinsi Jawa Barat Dedi Mulyadi, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat yang merupakan ujung tombak dalam perolehan pendapatan daerah di Jawa Barat, terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan daerah dengan mengedapankan kolaborasi dan sinergitas antar Level Pemerintahan dan Stakeholders lainnya yang dikemas dalam bentuk Community Engagement dengan konsep 3 Matching, yaitu Matching Programme, Matching Fund dan Matching Promotions;

“Konsep tersebut diimplementasikan salah satunya dalam bentuk “Road To GIIAS” yang berisi rangkaian aktivitas untuk mendukung event perdana Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2023, dengan 3 (tiga) aktivitas utama yaitu : kolaborasi program dengan lembaga dan instansi terkait, community dan media gathering; serta kolaborasi sosialisasi berbasis digital dan massif di 27 Kabupaten/Kota se Jawa Barat yang dilaksanakan secara simultan, dimulai pada tanggal 17 s.d. 23 November 2023,”ujarnya.

Selain itu, Tambah Dedi, Bapenda Provinsi Jawa Barat juga bekerja sama dengan Pertamina dalam melakukan intensifikasi pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor, dengan memberikan elektronik voucher (e-Voucher) BBM kepada Wajib Pajak yang membayar melalui kanal digital yaitu Sapawarga, Sambara, Signal dan Layanan Samsat Digital Mandiri.

“Pemberian e-voucher BBM ini dimulai pada tanggal 18 November 2023 sampai dengan tanggal 18 Desember 2023 atau kuota e-voucher BBM sudah habis dipergunakan. Kuota e-voucher BBM yang tersedia yaitu untuk 8.334 buah e-voucher untuk kendaraan R4 dan 33.332 buah e-voucher untuk kendaraan R2. Besaran e-voucher yang diberikan sebesar Rp.100.000 untuk kendaraan R4 dan Rp.50.000 untuk kendaraan R2, “katanya.

Hal ini juga sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat yang terus melakukan percepatan dan perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) sebagai sebuah upaya terpadu dan terintegrasi untuk mengubah pembayaran pajak dan retribusi serta belanja tunai menjadi nontunai berbasis digital dengan tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Untuk diketahui, pada tahun 2022 lalu, penduduk Jawa Barat yang melakukan transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor menggunakan layanan digital berada di angka 6,9% dari keseluruhan transaksi .

“Hal tersebut menjadi suatu tantangan bagi kami, Bapenda Jawa Barat untuk dapat memberikan layanan pembayaran pajak digital yang lebih mudah diakses dan dipergunakan di seluruh lapisan masyarakat, ” katanya.

Dedi berharap agar para penduduk Jawa Barat dapat membeli kendaraan baru pada saat event GIIAS Bandung 2023 serta memanfaatkan program pemberian e-Voucher BBM ini dengan membayar pajak kendaraan bermotor nya menggunakan layanan kanal digital.

Sementara itu Sales Branch Manager Rayon I Bandung PT Pertamina Warih Wibowo mengatakan, pihaknya berharap masyarakat mengisi kendaraannya dengan BBM yang berkualitas.

“Pastinya PT Pertamina berterima kasih dan senang di tahun 2023 diajak bekerjasama di GIIAS Bandung 2023. Pertamina ingin memberi apresiasi bagi pembayar pajak di tanggal 18 November hingga 18 Desember 2023, Bapenda Jabar akan memberikan e-voucher Pertamina dengan kuota terbatas,” ujarnya.

Warih juga menambahkan, konsumen akan mendapatkan benefit bila mengisi BBM lewat aplikasi My Pertamina, karena aplikasi ini rutin memberikan program menarik, yakni Cash back 8 persen kalau beli BBM pakai OVO dan jika menggunakan Link Aja ada Cash back 5 persen.

Sementara itu Perwakilan Ditlantas Polda Jawa Barat Iptu Dana menuturkan, Ditlantas Polda Jabar mendukung penuh kegiatan GIIAS Bandung 2023.

Terkait pemutihan pembayaran denda pajak kendaraan bermotor, Iptu Dana mengatakan, pihaknya sudah cukup masif mensosialisasikan kepada masyarakat.

Kami membagikan 230.000 eksemplar sosialisasi pemutihan. Pemutihan kendaraan bermotor dilakukan karena melihat banyak masyarakat yang mengalami kendala pembayaran pajak karena kendaraannya rusak atau bertahun tahun kendaraan tidak dijalankan.

“Apabila ada pajak kendaraannya yang tertunda selama 13 tahun tidak menjadi masalah, karena pembayaran dimulai setelah proses identifikasi dan registrasi. Namun proses agak lama apabila STNK dan BPKB hilang, namun tetap kita akan coba cari di data base ranmor, namun kendaraan bodong tidak bisa didaftarkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Iptu Dana, menegaskan, pemilik kendaraan harus segera melakukan balik nama apabila kendaraan telah dijual, pemilik kendaraan bermotor bisa datang memblokir ke Samsat apabila kendaraannya sudah dijual

“Karena bila ada pelanggaran maka pemilik pertama akan diberi surat cinta, oleh karena itu jangan menjual kendaraan di bawah tangan, saat ini biaya balik nama nol rupiah,”pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular