Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaHeadline10 Tempat Wisata di Bandung yang sering di Upload ke Instagram

10 Tempat Wisata di Bandung yang sering di Upload ke Instagram

Destinasi Bandung-10 Tempat Wisata di Bandung yang sering di Upload ke Media Sosial Instagram. Menjelajahi destinasi wisata di kawasan Bandung memang tidak habisnya. Tidak salah memang Bandung di juluki sebagai Paris Van Javanya Indonesia karena keindahan alamannya maupun keramahan penduduknya. Beberapa tempat wisata di Bandung kerap menjadi buruan para wisatawan untuk mengabadikan foto dan langsung di up load ke media sosial seperti Instagram.

Berikut tempat wisata di kawasan Bandung yang sering dan banyak di unggah dan di posting ke instagram@destinasibandung :

Tebing keraton / Destinasi Bandung
Tebing keraton / Destinasi Bandung

1. Tebing Keraton
Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H.Djuanda.Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial Kab. Bandung. Dari Tebing Keraton dapat menikmati pemandangan yang luar biasa hamparan hutan Pinus membentang dengan hijaunya.

Meskipun sudah banyak tempat wisata baru di daerah Bandung, Tebing Keraton masih menjadi favorit untuk dikunjungi

Pemandangan ini pun akan bertambah indah, jika anda datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi. Pada saat itu, anda bisa menikmati suasana kota Bandung yang masih berselimut kabut tebal. Ditambah dengan keindahan matahari terbit di balik bukit yang ada di sebelah timur. Semua keindahan panorama alamnya ini memang paling pas, jika anda abadikan dengan kamera anda untuk berswa foto.

Farm House Susu Lembang / Destinasi Bandung
Farm House Susu Lembang / Destinasi Bandung

2. Farm House Susu Lembang

Untuk kamu yang ingin menikmati Lembang rasa Eropa, Gak perlu jauh-jauh datang Eropa dong. Di Bandung juga punya miniatur farm house yang dijamin akan membuatmu serasa berada di Eropa. Di farm house Lembang, kamu bisa merasakan sensasi berada di Eropa. Farm house ini berlokasi di Jl. Raya Lembang no 108 Cihideung, lokasinya mudah dijangkau kendaraan roda empat maupun roda dua. Untuk menikmati wisata farm house Lembang, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 per orang dan tiket ini bisa kamu tukar dengan segelas susu atau sosis bakar.

Untuk kamu yang ingin berfoto dengan pakaian tradisional Eropa, pengelola juga sudah menyiapkannya buat kamu, cukup bayar sewa seharga Rp.50.000 per dua jam, kamu bisa menambah kesan Eropa di foto-fotomu. Farm house ini sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas yang dijamin gak akan buat liburanmu garing, selain dilengkapi spot foto yang indah kamu juga bisa menuntaskan rasa laparmu di restoran yang bertebaran di sekitar lokasi farm house. Sudah siapkah kamu untuk berkunjung ke Farm House?

Grafika Cikole Lembang / Destinasi Bandung
Grafika Cikole Lembang / Destinasi Bandung

3. Grafika Cikole Lembang.

Masih di sekitar kawasan Lembang. Tempat wisata Grafika Cikole Lembang sangat cocok buat kamu yang ingin melakukan aktifitas outbond. Lokasi ini juga sangat potensial untuk foto prewedding. Berlokasi di Jl. Raya Tangkuban Perahu Km 8, Desa Cikole Kec Lembang, Kab Bandung Barat.

Selain menyediakan fasilitas outbond, tempat wisata ini juga menyiapkan penginapan seperti hotel, pondok wisata, bahkan camping ground. Kalau kamu tertarik untuk bermalam di lokasi ini, kamu tinggal pilih mau nginap di hotel, pondok wisata, atau camping ground tapi sebaiknya kamu mencoba merasakan sensasi camping deh.

Cuma bayar Rp. 400.000 kamu sudah siap camping, gak usah mikirin tenda, kasur, sleeping bag karena pengelola yang baik hati, sudah menyiapkan fasilitas itu untuk kamu. Kalau kamu ingin menambah kenikmatan campingmu dengan membuat api unggun, pengelola juga sudah menyiapkan satu ikat kayu bakar.

The Lodge Maribaya Lembang / Destinasi Bandung
The Lodge Maribaya Lembang / Destinasi Bandung

4. The Lodge Earthbound Cibodas Lembang.

Di kawasan Bandung utara terdapat destinasi wisata The Lodge Earthbound Adventure Park. Lokasi wisata pegunungan Bandung ini sungguh indah dengan kehijauan pohon-pohon pinus dan yang pastinya pengunjung bisa menghirup udara yang jauh dari pencemaran. Tempat ini kini menjadi tujuan wisata yang banyak dikunjungi sebagai tempat refreshing sekaligus memotret keindahan bentangan alam pegunungan. Kamu bisa berfoto di ketinggian dengan pemandangan pepohonan hijau. Di sini pun ada aliran sungai yang airnya khas pegunungan, jernih alami.

The Lodge Earthbound Adventure Park terdapat fasilitas lengkap bagi Anda yang ingin menjajal wisata di sini. Tempat yang juga dikenal dengan “The Lodge Cibodas” terdapat fasilitas outbound (flying fox, trekking, fun games, camping, dll.

Di sini pun, pengunjung bisa mencoba tunggangan kuda, memberi makan kelinci, melukis, bersepeda, petualangan untuk anak, fasilitas outbound, dan lainnya.

Desa Cibodas sendiri berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.080 meter di atas permukaan laut. Titik tertingginya ada di Puncak Gunung Tangkuban Parahu. Sebagai daerah yang terletak di pegunungan, suhu rata-rata berkisar antara 17°-27°C. Kawasan ini dikenal juga sebagai salah satu penghasil sayuran.

The Lodge Earthbound Adventure Park merupakan konsep destinasi wisata outbound dengan atmosfer hutan pinus dan sentuhan lingkungan alam yang tertata secara asri dan alami. Area The Lodge terletak kurang lebih 5 km dari objek wisata Air terjun Maribaya, Lembang yang menawarkan banyak pesona alam yang sayang untuk dilewatkan.

Puncak bintang Moko / Destinasi Bandung
Puncak bintang Moko / Destinasi Bandung

5. Puncak Bintang Atau Bukit Moko

Untuk kamu yang malas jalan- jalan ke daerah Lembang, kamu bisa mencoba ke puncak Bintang atau Bukit Moko. Tempatnya asyik banget, kita bisa melihat kota Bandung dari sini. Kenapa dijuluki atapnya Bandung, karena bukit ini berada di ketinggian 1500m dan sering disebut sebagai puncak tertinggi di kota Bandung.

Jika kamu berada di bukit ini, sejauh mata memandang adalah kelap-kelip lampu kota Bandung. Tidak hanya menikmati kota Bandung dari ketinggian, lokasi ini juga menawarkan pemandangan hutan pinus.

Bukit Moko berada di desa Cimenyan, Bandung, untuk menuju daerah ini, kamu sebaiknya membawa kendaraan pribadi ya. Bukit ini berada di sekitar terminal Cicaheum, dari sini kamu berkendara saja hingga jalan Padasuka, lurus saja guys, hingga mentok, dan tibalah kamu di atapnya kota Bandung.

Di sini juga ada warung loh, gak usah takut mati gaya karena kelaperan ya. Untuk masuk ke lokasi bukit Moko, cukup bayar Rp.10.00 aja. Nah kalo kamu ingin sekalian caming gorund, tinggal tambahin Rp.18.000, Melewati malam di atapnya kota Bandung ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Stone garden padalarang / Destinasi Bandung
Stone garden padalarang / Destinasi Bandung

6. Geo wisata Stone Garden Padalarang

Untuk kamu yang menyukai tantangan sekaligus ingin menikmati bongkahan batu besar seperti di film Narnia, patut di coba nih datang ke Stone Garden Padalarang. Stone Garden terletak di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kab Bandung Barat. Dari Padalarang, kamu cukup menempuh perjalanan kurang lebih 5 km. Jika kamu berada di sekitar Karang Hawu, kamu cukup berkendara sekiatr 20 menit.

Kawasan ini sebenarnya merupakan lokasi pertambangan yang sudah berlangsung sejak pertengahan abad ke-19, tapi entah mengapa lokasi ini tiba-tiba hits di kalangan anak muda Bandung.

Untuk masuk ke kawasan ini, kamu cukup bayar tiket Rp.10.000. Pemandangan bukit dan tumpukan fosil adalah pesona yang membuat tempat ini selalu didatangi pengunjung yang ingin selfie bersama batu-batu tua. Jika kamu sudah tiba di area parkir, kamu tinggal berjalan kaki sekitar 30-45 menit. Disekitar lokasi ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti toilet dan mushola.

Kawah rengganis / Destinasi Bandung
Kawah rengganis / Destinasi Bandung

7. Kawah Rengganis Ciwideuy

Setelah kita muter-muter di kawasan Lembang saatnya kamu beralih ke Kawasan Bandung Selatan. Ingin merasakan sensasi sauna ala Onsen di Jepang. Ini dia! Di kawah Rengganis kamu bisa berendam air hangat di antara bebatuan besar.

Selain berendam air hangat kamu juga bisa mencoba masker lumpur yang katanya berkhasiat untuk mengencangkan kulit. Bayangkan seharian jalan-jalan di kota Bandung, saatnya memanjakan tubuhmu di sauna alami ini.

Kawah Rengganis berada di Kecamatan Rancabali dan masuk ke komplek Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara VIII. Dari Situ Patenggang kamu cukup berjalan 2 km lagi untuk mencapai lokasi kawah Rengganis. Kamu bisa mencapai lokasi dengan motor atau mobil, setelah mencapai pos tiketing kawah Rengganis kendaraan yang bisa masuk hanya motor itupun harus ekstra hati-hati loh guys jadi kalau masih kuat jalan, kamu sebaiknya jalan kaki deh guys. Tiket masuk cuma Rp. 5000 ribu loh dan di lokasi kawah sudah dilengkapi dengan kedai atau warung, musholla, dan toilet. Selamat berendam!

Perkebunan teh Ciwidey / Destinasi Bandung
Perkebunan teh Ciwidey / Destinasi Bandung

8. Perkebunan Teh Ranca Bali Ciwidey.

Untuk kamu yang ingin travelling ke Bandung Selatan, mampir deh ke lokasi ini. PerkebunanTeh Rancabali Ciwideuy berada pada level ketinggian 1.628 meter diatas permukaan laut (dpl) dengan panorama alam khas perkebunan teh yang berbukit dan berkelok-kelok. Hamparan pepohonan teh yang tertata rapi dengan udara yang sangat sejuk menjanjikan kesan yang tak biasa kepada siapapun pengunjungnya. Perkebunan teh ini mengolah dua komoditi yakni teh dan kina yang didukung oleh pabrik pengolahan CTC dan Orthodoks.

Perkebunan teh ini terlihat sangat indah dan menawan yang keberadaannya tepat di pinggir jalan, dimana umumnya berada pada posisi yang lebih rendah dari pinggiran jalan serta susunannya yang rapat, menjadikan perkebunan ini layaknya hamparan karpet hijau.

Perkebunan Teh Ranca Bali yang dikelilingi perbukitan hijau, menambah keindahan pemandangan. Keindahan mosaik Perkebunan Teh Ranca Bali seperti inilah yang selalu menggoda siapapun untuk sejenak berhenti dan memotret. Memandang hamparan hijau Perkebunan Teh Ranca Bali ini layaknya seperti sedang menikmati seni instalasi yang sesungguhnya. Di sana-sini terdapat pohon-pohon kecil yang ikut memberi suasana pada pemandangan. Sulit dipercaya jika mosaik indah di Perkebunan Teh Ranca Bali seperti ini bukan sengaja diciptakan oleh seseorang yang memiliki cita rasa seni yang baik.

Kawah putih / Destinasi Bandung
Kawah putih / Destinasi Bandung

9. Kawah Putih Ciwidey.
Kawah putih adalah destinasi wisata yang paling terkenal dikawasan Bandung Selatan. Berlokasi di Ciwidey Jawa Barat, kurang lebih sekitar 50 KM arah selatan kota Bandung Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha.

Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca.

Kawah Putih Ciwideuy berada di kawasan pegunungan yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, suhu udara di kawasan Kawah Putih tentu saja dingin dengan suhu 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius, oleh karena itu jangan lupa membawa jaket atau memakai pakaian yang tebal.

Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain, misalnya pengambilan gambar film, melukis, foto pengantin, sampai dengan kegiatan mendaki dan berkuda.

Nah untuk kamu yang hobi selfie, cocok banget nih, ke destinasi wisata ini.

Sanghyang Heuleut / Destinasi Bandung
Sanghyang Heuleut / Destinasi Bandung

10. Sanghyang Heuleut

Untuk menuju ke tempat yang satu ini kamu harus mempunyai fisik dan stamina yang kuat..

Untuk sampai ke Sanghyang Heuleut, kamu harus berjalan sekitar 1,5-2 jam dari tempat parkir di dekat dengan PLTA Saguling. Jalur yang dipilih dari arah Kota Bandung atau Kota Cimahi adalah menuju Padalarang arah Cianjur, Sukabumi & Puncak Bogor. hanya perlu lurus mengikuti jalan menuju Cipatat. Patokannya PLTA Saguling. Disekitar PLTA Saguling ada dua tempat parkir yang disediakan dadakan oleh warga sekitar. Ada di dekat Sanghyang Tikoro dan ada di kebun dekat dengan PLTA Saguling. Biaya parkirnya Rp.8000 dan tidak ada tiket masuk karna Sanghyang Heuleut ini belum dikelola oleh pemerintah.

Tetapi lelah kamu akan terbayarkan dengan keindahan danau Sanghyang Heuleut ini. Kamu seperti bukan berada di Jawa Barat melainkan seperti berada di pulau Belitong yang terkenal dengan pembuatan film Laskar Pelangi.

Ada berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Sanghyang Heuleut. Berkemah, bersantai di hammock, berenang, bermain air di sungai, memancing, hunting foto, dan masih banyak aktivitas lainnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular