Minggu, Mei 5, 2024
BerandaHeadlineDestinasi Wisata Edukasi di Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Destinasi Wisata Edukasi di Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Destinasi Bandung-Museum Wangsit Mandala Siliwangi merupakan museum senjata yang berada di Bandung yang di resmikan oleh presiden soeharto. Nama Siliwangi sendiri ialah seorang pendiri Kerajaan Pajajaran yang kekuasaanya tak terbatas, konon raja yang arif dan bijaksana serta wibawa dalam menjalankan roda pemerintahaan.

Sedangkan, arti Mandala Wangsit adalah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus dalam merawat benda-benda yang ditinggalkannya.

Museum mandala wangsit siliwangi / Destinasi Bandung
Museum mandala wangsit siliwangi / Destinasi Bandung

Sejarah Bangunan yang memiliki gaya arsitektur Late Romanticism dibangun pada tahun 1910 sampai 1915 yakni pada masa kolonial Belanda sebagai tempat tinggal perwira Belanda. Namun tempat ini diambil alih oleh pasukan Siliwangi dan digunakan sebagai markas Divisi Siliwangi (Militaire Akademi Bandung) pada tahun 1949-1950 setelah kemerdekaan.

Museum mandala wangsit siliwangi / Destinasi Bandung
Museum mandala wangsit siliwangi / Destinasi Bandung

Bangunan ini berdiri di atas tanah seluas 4.176 M2 dengan luas bangunan 1.674 m2. Pada Tanggal 23 Mei 1966 bangunan ini dijadikan sebagai Museum Wangsit Mandala Siliwangi yang diresmikan oleh panglima Divisi Siliwangi ke 8 yaitu Kolonel Ibrahim Adjie. Pada Tahun 1979 gedung ini dibangun / direhabilitasi kembali menjadi gedung bertingkat dua, kemudian diresmikan pada tanggal 10 Nopember 1980 silam.

Sesuai dengan tujuannya yakni sebagai wadah pelestarian dan pewarisan nilai-nilai kejuangan kepada para generasi muda, maka koleksi Museum Mandala Wangsit Siliwangi adalah benda-benda yang berhubungan dengan perjuangan rakyat Indonesia, khususnya prajurit TNI, dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia diantaranya seperti senjata primitif seperti tombak, panah, keris kujang, dan bom molotov, sampai dengan senjata modern seperti panser rel (buatan Indonesia), meriam, dan kendaraan lapis baja.

Museum mandala wangsit siliwangi / Destinasi Bandung
Museum mandala wangsit siliwangi / Destinasi Bandung

Sebagai sarana pendidikan, Museum Mandala Wangsit Siliwangi dilengkapi pula oleh lukisan diorama dan ruang audio visual untuk pemutaran film dokumenter perjuangan Divisi Siliwangi dan rakyat Jawa Barat. Untuk museum sendiri dibuka untuk umum pada hari Senin Kamis, Pukul 08.00 – 13.00 WIB, Jum’at pukul 08.00 – 10.00 WIB, dan Sabtu pukul 08.00 – 12.00 WIB.

RELATED ARTICLES

Most Popular