Minggu, Mei 5, 2024
BerandaHeadline5 Rute Bus DAMRI yang Bisa Dicoba, Tak Hanya ke Bandara Soetta

5 Rute Bus DAMRI yang Bisa Dicoba, Tak Hanya ke Bandara Soetta

DESTINASI BANDUNGDAMRI selama ini dikenal sebagai salah satu moda transportasi yang paling banyak dipilih masyarakat ketika ingin bepergian dari dan ke Bandara Soekarno Hatta. Sebab, harganya yang terjangkau, waktu tempuhnya yang relatif tak terlalu lama, hingga jam keberangkatannya yang sesuai jadwal menjadi sederet pertimbangan mengapa operator bus satu ini selalu banyak peminat.

Hal ini jugalah yang membuat DAMRI kini menjadi moda transportasi andalan kebanyakan orang saat harus ke Bandara. Tengok saja bagaimana DAMRI memiliki banyak rute dari Jabodetabek menuju ke Bandara Soekarno Hatta.

Namun, tak hanya ke Bandara Soekarno Hatta, nyatanya DAMRI juga memiliki banyak rute lainnya yang bisa Anda coba di berbagai kota di Jawa, Sumatera, hingga Kalimantan. Bahkan, DAMRI juga memiliki beberapa rute untuk menuju berbagai destinasi wisata yang sulit dijangkau dengan transportasi umum.

Lalu, apa saja rute bus DAMRI yang bisa dicoba masyarakat? Berikut rekomendasinya.

Rekomendasi Rute Bus DAMRI
1. Stasiun Rangkasbitung-Pantai Sawarna
Bagi Anda yang sudah mengidam-idamkan bepergian ke kawasan Banten, terutama Pantai Sawarna, kini tak perlu lagi pusing memikirkan moda transportasi yang bisa digunakan. Sebab, beberapa waktu lalu, DAMRI resmi membuka rute baru Stasiun Rangkasbitung-Pantai Sawarna untuk Anda yang ingin berlibur di salah satu pantai paling indah di Banten ini.

DAMRI menyediakan dua jadwal keberangkatan setiap harinya untuk menuju ke Pantai Sawarna, dari Stasiun Rangkasbitung. Jadwal dari Stasiun Rangkasbitung dimulai pukul 07.30 WIB dan 12.00 WIb. Sedangkan dari Pantai Sawarna menuju Stasiun Rangkasbitung tersedia jadwal pemberangkatan pukul 12.00 WIB dan 17.00 WIB.

Ingat, Anda harus memperhatikan jadwal keberangkatan yang disediakan oleh DAMRI. Sebab, jika Anda tidak teliti, bisa saja Anda tertinggal bus karena hanya terdapat dua keberangkatan setiap harinya.

Anda yang ingin menggunakan transportasi umum dari sekitar Jabodetabek pun tak perlu khawatir. Anda cukup naik commuter line menuju Stasiun Rangkasbitung, dan dilanjutkan menggunakan DAMRI menuju Pantai Sawarna. Tiket bus dari Stasiun Rangkasbitung menuju Pantai Sawarna dibanderol dengan harga Rp 50 ribu sekali jalan, dan ditempuh dalam waktu 4 jam perjalanan.

2. Jember-Denpasar
Demi memudahkan akses perjalanan jalur darat Jawa-Bali, DAMRI juga menghadirkan rute Jember-Denpasar untuk Anda yang ingin berlibur ke Pulau Dewata dengan harga hemat. Jika Anda ingin mencobanya, rute DAMRI ini tersedia melalui Terminal Tawang Alun menuju Denpasar dengan tarif sekitar Rp 180 ribu.

Tersedia tiga jadwal keberangkatan setiap harinya untuk rute Jember-Denpasar, yaitu pukul 06.40 WIB, 08.00 WIB, dan 19.00 WIB. Sedangkan untuk rute Denpasar-Jember, tersedia jadwal pemberangkatan pukul 08.00 WITA, 18.00 WITA, dan 20.00 WITA.

3. Bandara Internasional Komodo-Labuan Bajo
Selanjutnya, DAMRI juga menghadirkan layanan angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Labuan Bajo. Layanan ini menghubungkan Bandara Internasional Komodo menuju Labuan Bajo, yang bisa digunakan oleh wisatawan saat berlibur di sana.

Rute Bandara Internasional Komodo menuju Labuan Bajo dihadirkan setiap hari, dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 07.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA. Tarifnya pun sangat terjangkau, hanya sebesar Rp 10 ribu per orang.

Nantinya, wisatawan bisa berkeliling Labuan Bajo, dengan titik pemberhentian di Puncak Waringin, Bukit Sylvia, Kampung Ujung, Hotel Marina Labuan Bajo, hingga Hotel Puri Sari.

4. Bandara Internasional Yogyakarta-Candi Borobudur
DAMRI kembali menghadirkan rute untuk wisatawan yang ingin berkeliling ke tempat wisata, salah satunya Candi Borobudur. DAMRI membuka rute Bandara Internasional Yogyakarta-Candi Borobudur yang juga merupakan bagian dari layanan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Rute yang melalui Purworejo dan Salaman ini dihadirkan setiap hari, dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 08.00 WIB dari Bandara Internasional Yogyakarta, dan pukul 05.00 WIB dari Candi Borobudur. Harga yang dibanderol untuk rute ini adalah sebesar Rp 20 ribu untuk sekali jalan.

5. Pontianak-Kuching
Tak hanya dalam negeri, nyatanya saat ini DAMRI juga melayani rute luar negeri untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan. Salah satunya adalah rute Pontianak-Kuching yang dihadirkan sejak pertengahan Juli lalu.

Rute Pontianak-Kuching akan ditempuh dalam waktu sekitar 9 jam, dengan jarak tempuh 347 km. Rute ini juga dilayani oleh bus Antar Lintas Batas Negara (ALBN) DAMRI, yang dihadirkan sejak tahun 1993.

Wisatawan yang berminat mencoba rute ini cukup membayar sebesar Rp 250 ribu untuk kelas Executive, dengan jadwal keberangkatan dari Pontianak pukul 08.00 WIB dan 21.30 WIB. Sedangkan dari Kuching pukul 08.00 dan 11.00 waktu setempat

Kemudian untuk kelas Royal dibanderol sebesar Rp 280 ribu, dengan jadwal keberangkatan dari Pontianak pukul 08.00 WIB dan 21.30 WIB. Sedangkan dari Kuching akan berangkat pukul 08.00 dan 11.00 waktu setempat.

Bagaimana, siap jalan-jalan menggunakan DAMRI? Pesan tiket bus DAMRI sekarang hanya melalui Traveloka!

RELATED ARTICLES

Most Popular