Rabu, Mei 8, 2024
BerandaWisataMuseum Geologi, Tempat Wisata Murah di Bandung Sambil Wisata Sejarah Tentang Ilmu...

Museum Geologi, Tempat Wisata Murah di Bandung Sambil Wisata Sejarah Tentang Ilmu Bumi

DESTINASI BANDUNG – Tempat wisata Bandung selama ini tetap menjadi pilihan para wisatawan untuk liburan.

Bagi wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Bandung yang murah sambil belajar ilmu tentang bumi? Museum Geologi bisa menjadi pilihannya.

Museum Geologi mrupakan tempat wisata dengan konsep wisata edukasi di Kota Bandung.

Museum Geologi dibangun pada tanggal 16 Mei 1928. Pembangunan museum ini masih berkaitan dengan masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Baca Juga:Menikmati Keindahan Destinasi Wisata di Garut dan Tasikmalaya Bersama Komunitas Jalan Jajan Foto Foto (JJFF)

Pada saat itu para ahli geologi Eropa Tengah sering melakukan kegiatan penyelidikan geologi serta sumberdaya mineral.

Museum Geologi yang dilindungi oleh pemerintah ini pun sempat mengalami masa renovasi dengan bantuan JICA (Japan International Cooperation Agency) dan resmi dibuka kembali untuk umum pada tanggal 23 Agustus 2000.

Tidak hanya menjadi tempat wisata biasa, banyaknya koleksi bernilai sejarah dan edukatif yang ditampilkan menjadikan Museum Geologi sebagai salah satu tujuan favorit para pelajar untuk melakukan study tour.

Museum Geologi memiliki 2 lantai utama dan 3 ruang utama.

Di ruang Orientasi bagian Tengah pengunjung dapat melihat sebuah relief layar lebar yang menampilkan tayangan animasi mengenai kegiatan geologi.

Baca Juga:Harga Tiket Masuk Terbaru Gunung Tangkuban Perahu Tahun 2022, Tempat Wisata Bandung Paling Favorit Cocok Liburan Bareng Keluarga

Sedangkan di ruang sayap barat merupakan sebuah ruangan yang menghadirkan informasi terkait hipotesis terjadinya bumi dalam sistem tata surya. Selain itu ada juga informasi keadaan geologi pulau-pulau di Indonesia.

Sementara itu di ruang Sayap Timur Museum Geologi menampilkan sejarah mengenai evolusi/perkembangan makhluk hidup mulai dari zaman primitif sampai modern lengkap dengan kumpulan-kumpulan fosilnya. Ada juga sajian sejarah mengenai terbentuknya danau di Kota Bandung pada masa purba.

Bagi yang penasaran ada apa saja di lantai Lantai 2, Museum Geologi memiliki 2 ruangan utama yang menyajikan informasi pertambangan emas terbesar di dunia, yaitu pertambangan yang terletak di Pegunungan Tengan Irian Jaya.

Semenetara itu di ruang Timur Museum Geologi ada berbagai informasi lengkap mengenai tatanan geologi untuk kehidupan manusiayang bisa ditemukan pada ruangan ini.

Baca Juga:10 Tempat Wisata Bandung Terbaru Tahun 2022 yang Paling Favorit dan Banyak Dikunjungi Wisatawan

Informasi tersebut seputar manfaat mineral/batu, kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya mineral, pengolahan mineral dan masih banyak informasi menarik lainnya.

Selain ruangan-ruangan yang disebutkan diatas, Museum Geologi dilengkapi fasilitas lainnya seperti 3D Museum, Penggalian Fosil bagi Anak, Taman Batu, Auditorium, Ruang Edukasi, Souvenir Shop, Poliklinik serta Masjid.

Dengan berkunjung ke Museum Geologi selain harga tiket masuknya yang terjangkau yakni hanya Rp3000, wisatawan juga bisa wisata edukasi di Museum Geologi.

Museum Geologi berlokasi di Jl. Diponegoro dekat dengan Gedung Sate Bandung

RELATED ARTICLES

Most Popular