Selasa, April 23, 2024
BerandaBeritaPromosikan Pariwisata, Kemenpar Ajak Media Perancis ke Bandung

Promosikan Pariwisata, Kemenpar Ajak Media Perancis ke Bandung

Destinasi Bandung-Untuk lebih mempromosikan destinasi wisata Indonesia ke pasar Eropa, Kementerian Pariwisata terus melebarkan sayapnya dengan program Famtrip. Familirization Trip yang merupakan progam rutin kementerian di bawah komando Arief Yahya tersebut di laksanakan pada tanggal 29 April sampai 2 Mei mendatang, media umum asal Perancis diboyong ke Bandung dan Bali.

”Tentu ini tujuannya adalah untuk lebih banyak menjaring kunjungan wisatawan dari negara Perancis ke Indonesia. Perancis adalah pasar prioritas ke 11 dengan kunjungan wisatawannya ke Indonesia tahun lalu mencapai 230.000 orang,” kata Asisten Deputi Pengembangan pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika, Nia Niscaya.

Kedatangan tamu Pariwisata itu dari Paris via Singapura dan langsung ke Bandung dengan penerbangan Silk Air (29/4/2016) didampingi oleh Eka Moncarre, Country Manager Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) serta Hermeline Esther Polhaupessy dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris.

Eka mengatakan, Famtrip ini diikuti oleh 16 wartawan dan blogger yang datang memenuhi undangan Famtrip. Pemililhan medianya, imbuh Eka, dilakukan oleh Kedubes RI di Paris. ”Dan ini semua merupakan dukungan atas promosi wisata yang telah dilakukan oleh Kementrian Pariwisata di Mall dan Gedung kesenian ternama di Paris untuk pasar wisatawan di Perancis,“ kata Eka.

“Saya berharap para wartawan yang datang ini benar-benar langsung menuliskan laporan perjalanannya ke Indonesia karena hal ini satu tipe dengan business to business ( B to B). Ada investasi biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk mengundang mereka sementara dari peserta diharapkan tulisan perjalanannya diterbitkan segera,” kata Eka.

Kementerian Pariwisata Indonesia ingin menjadikan tanah air sebagai tujuan wisata pilihan turis Perancis di wilayah Asia. Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia ini membanggakan keindahan alamnya yang luar biasa, keanekaragaman budayanya, kelezatan seni kulinernya, dan keramahan penduduknya.

Lebih lanjut Eka menambahkan, kampanye promosi tersebut akan disiarkan di televisi, media cetak, maupun dalam bentuk poster iklan, dan sebentar lagi akan disiarkan pula di radio. Sejak 4 Maret 2016, Wonderful Indonesia juga telah berkolaborasi dengan France Télévision dan TV5 Monde untuk menyiarkan 3776 spot publikasi media elektronik berdurasi 30 detik.

Menpar Arief Yahya terus mendorong promosi melalui media dan digital. Salah satunya menggunakan endorser atau tokoh, penulis, fotografer, jurnalis, atau artis yang memiliki followers atau friends yang banyak. Mereka adalah influencer yang kuat, untuk mempromosikan Wonderful Indonesia di komunitasnya. “Mereka diajak jalan-jalan ke destinasi wisata yang punya atraksi yang kuat,”pungkasnya.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular