Rabu, Mei 22, 2024
BerandaHeadlineKampung Wisata Kreatif Dago Pojok Memiliki Program Open Trip

Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok Memiliki Program Open Trip

Destinasi Bandung-Kota Bandung merupakan salah satu tempat wisata edukasi dan kesenian yang belum dikenal luas di kalangan masyarakat, baik di dalam maupun luar Kota Bandung. Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok contohnya, Wisata edukasi dan kesenian yang satu ini sudah ada sejak lama dan terletak di sudut Utara Kota Bandung.

Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok yang terletak di Jalan. Dago Pojok RW 03, Kelurahan Dago Kecamatan Coblong Kota Bandung ini digagas oleh Rahmat Jabaril, salah satu warga setempat yang peduli akan lingkungan tempat tinggalnya. Dengan bantuan Pemkot Bandung dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Sebagai Kampung Kreatif, tentu banyak produk kreativitas yang dihasilkan di sana. Di sepanjang gang-gang yang ada di sana misalnya, terdapat mural dengan berbagai tema dan warna, juga berbagai karya seni hasil karya kolaborasi antara para seniman dengan warga lokal.

Kampung kreatif Dago / Destinasi Bandung
Kampung kreatif Dago / Destinasi Bandung

Jika pengunjung datang ke kampung ini sebenarnya kawasan Dago Pojok terlihat hampir sama saja dengan kawasan kampung lainnya di Bandung. Tatanan rumahnya berupa gang (namun agak besar, masuk mobil), dan rumah-rumah penduduk berdiri di sepanjang gang itu. Dari gang besar itu, ada lagi gang-gang kecil lainnya yang dipadati juga oleh rumah penduduk.

Menurut Rahmat Jabaril selaku pemrakarsa Kampung Kreatif Dago Pojok kepada waratawan Destinasi Bandung mengatakan bahwa semangat yang dimiliki oleh kampung ini berbeda dengan komplek perumahan yang cenderung dibatasi. Di kampung kreatif ini justru ruang dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Warga kampung adalah penguasa ruang dan waktu.

Kampung kreatif Dago / Destinasi Bandung
Kampung kreatif Dago / Destinasi Bandung

Kata dia, konsep kampung ini adalah jika diperlukan perluasan pada rumah maka akan diperluas. Namun jika ruang sempit maka akan dinaikkan. Sementara itu, mural augmented reality adalah salah satu ikon yang melengkapi kampung wisata yang unik ini. Hasil karya yang ditampilkan pada dinding-dinding rumah tersebut di antaranya dikerjakan oleh seniman yang berkolaborasi dengan penduduk setempat.
Jiwa seni penduduk setempat pun terlihat dari beragam kesenian Pasundan yang mereka geluti. Sebut saja beberapa kesenian yang populer seperti wayang, tari jaipong, gondang, reog, kacapi suling, tarawangsa, celempungan dan juga pencak silat.

Di hari Sabtu juga terdapat program “Open Trip” bagi para wisawatan. Pengunjung pun akan diajak untuk menyaksikan anak-anak yang sedang berlatih beragam kesenian. Kemudian, berkeliling melihat pemandangan alam nan indah dari Dago Pojok. Patut diketahui pula bahwa Dago Pojok memiliki beberapa kekayaan alam yang menarik perhatian seperti bentangan sawah, sungai dan juga air terjun.

Tak hanya itu, pengunjung pun juga dapat menikmati nasi liwet sederhana sembari mengobrol dengan warga kampung. Paket ini dibanderol Rp. 25.000 saja. Selain itu, terdapat pula program homestay dimana pengunjung juga bisa menginap di kampung kreatif ini.

RELATED ARTICLES

Most Popular