Kamis, Mei 23, 2024
BerandaOtomotifWakil DAM Raih Penghargaan Terbaik di Ajang Festival Vokasi Satu Hati 2024

Wakil DAM Raih Penghargaan Terbaik di Ajang Festival Vokasi Satu Hati 2024

DESTINASI BANDUNG– Perwakilan PT Daya Adicipta Motora pada ajang Festival Vokasi Satu Hati (FVSH) 2024 berhasil memberikan prestasi gemilang melalui siswa-siswa terbaiknya. Kompetisi ini diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada tanggal 20 – 22 Februari 2024 di AHM Safety Riding & Training Center, Deltamas, Jawa Barat.
 
Pada kategori siswa, Muhamad Ramdhan dari SMK Negeri 7 Baleendah, Jawa Barat berhasil meraih juara pertama, disusul oleh Michael Herdiansyah Valentino Imade Syamsi dari SMK Teladan Kertasemaya Indramayu, Jawa Barat sebagai juara kedua. Sementara pada kategori guru, Hendrik Firmansah dari SMK Karya Nasional Majalengka meraih juara kedua.
 
AHM memberikan apresiasi kepada para pemenang ajang FVSH 2024. Bagi siswa juara pertama akan mendapatkan beasiswa prestasi Astra yakni kuliah di Politeknik Astra (ASTRAtech) selama 6 semester atau hingga lulus, bantuan dana pendidikan senilai Rp. 8.000.000 serta satu unit sepeda motor Honda untuk fasilitas praktik sekolah. Juara kedua berhak mendapatkan Beasiswa Vokasi Astra dan bantuan dana pendidikan senilai Rp. 6.000.000. Sementara bantuan dana pendidikan senilai Rp. 6.000.000 juga diberikan untuk juara kedua pada kategori guru.

Baca Juga: DAM Resmi Memperkenalkan Skutik Premium Fashionable New Honda Stylo 160 di Jawa Barat
 
Chief Operating Officer PT Daya Adicipta Motora, Lerri Gunawan mengatakan, selamat atas prestasi membanggakan yang telah diraih oleh beberapa perwakilan DAM di kompetisi Festival Vokasi Satu Hati salah satu ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh AHM. Prestasi yang telah diraih ini menambahkan catatan prestasi terbaik DAM di ajang kompetisi tingkat nasional.
 
“Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, program ini untuk mengukur dan mengevaluasi hasil pengembangan keterampilan siswa dan guru di bidang vokasi. Semoga pencapaian ini menjadi inspirasi bagi para guru, siswa SMK dan generasi muda lainnya untuk terus bersemangat dalam mengembangkan keterampilan dan mencapai impian mereka. Dengan sinergi yang kuat, kita dapat terus membawa perubahan positif bagi negeri,” ujar Lerri
 
Kompetisi FVSH 2024 digelar secara berjenjang dari tingkat sekolah, regional hingga nasional. Pada seleksi kontes Siswa & Guru di Jawa Barat, sebanyak 8.000 siswa kelas XI dan 528 guru jurusan TBSM dari 133 SMK TBSM Astra Honda Jawa Barat telah mengikuti tahap pertama sejak 9 Oktober 2023.

Baca Juga: Manfaat Kaca Spion Pada Sepeda Motor, Salah Satunya Minimalisir Terjadinya Kecelakaan
 
Seleksi tahap kedua dilaksanakan pada 24 Oktober 2023 melalui metode online untuk menyaring seluruh perwakilan siswa dan guru dari 123 SMK TBSM Astra Honda, guna memilih 75 siswa dan 75 guru sebagai wakil ke fase ketiga. Fase ketiga dilaksanakan secara offline dengan tes teori, praktek meja, dan troubleshooting, di mana terdapat 10 finalis guru dan 10 siswa yang bersaing pada final di Gedung Learning Center DAM pada 8–9 November 2023.
 
Hingga akhirnya, terpilih 1 orang guru dan 5 orang siswa untuk maju ke tahap seleksi nasional  yang diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada tanggal 20-22 Februari 2024 kemarin. Melalui serangkaian seleksi, terpilih 40 peserta didik dan 27 guru terbaik dari 36 provinsi di seluruh Indonesia untuk menghadapi seleksi nasional di AHM Safety Riding & Training Center, Deltamas, Jawa Barat.
 
Berbeda dengan tahun sebelumnya, FVSH 2024 menghadirkan ujian teori dasar sepeda motor listrik Honda bagi siswa dan tenaga pengajar. Hal ini merupakan bagian dari rencana perusahaan menyelaraskan perkembangan teknologi di industri sepeda motor dengan materi yang diajarkan di SMK mitra binaan. Sebelumnya, mulai tahun 2022, AHM telah mulai memperkaya wawasan terkait perkembangan sepeda motor listrik kepada para guru SMK mitra binaan Astra Honda.
 
Selain ujian teori terkait teknologi sepeda motor listrik, para guru dan siswa juga menjalani ujian praktik mulai dari pengenalan alat dan pengukuran, serta perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan teknologi terkini. Para peserta guru juga diuji kemampuannya dalam teknik mengajar dan menyampaikan materi ajar seputar teknologi sepeda motor Honda.

RELATED ARTICLES

Most Popular