Senin, Mei 20, 2024
BerandaBisnisGubernur Jabar Targetkan Bank bjb Masuk 12 Besar Bank Nasional

Gubernur Jabar Targetkan Bank bjb Masuk 12 Besar Bank Nasional

Destinasi Bandung- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melalui Pemprov Jabar sekaligus pemegang saham pengendali BJB, menargetkan Bank Jabar Banten (BJB) pada 2016 masuk 12 besar bank nasional di Indonesia. Bank ini dinilai telah melampaui sejumlah BUMN perbankan dan kian kokoh sebagai BUMD perbankan terbaik di kelompok elit tersebut, target itu cukup realistis.

Menurut Aher sapaan akbrabnya, Merujuk pada pencapaian ranking di triwulan III tahun ini, BJB berada di urutan 14 nasional. Namun melihat kinerja BJB yang mampu bertahan dan malah naik saat perlambatan ekonomi, kemungkinan dapat laba bersih 2015 lebih tinggi dari tahun lalu. Maka wajar jika BJB tahun depan naik ke 12 atau 13 besar nasional. “Insya allah, ada kenaikan,”ujarnya di Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung, Senin (9/11/2015).

Kinerja BJB sudah berhasil melampaui BUMN perbankan mau pun swasta seperti BTN dan BTPN. Di tataran BUMD perbankan, Aher menilai sudah makin kokoh menjadi badan usaha terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam catatan, pada tahun 2014, BJB mencatat laba bersih Rp1,120 triliun dengan total aset mencapai Rp75,8 triliun. Total aset Bank BJB tersebut meningkat 6,9 persen. Selain aset, pertumbuhan pun terjadi pada dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp57,7 triliun atau meningkat 15,5 persen.

Dari sisi kredit, bank plat merah ini mengalami pertumbuhan 9,5 persen, dengan total kredit mencapai Rp49,6 triliun. Peningkatan kredit salah satunya didukung pertumbuhan kredit konsumer 16,4 persen atau setara dengan Rp33,5 triliun.

Berbagai kendala berat sejak awal tahun ini, seperti fenomena perlambatan pertumbuhan ekonomi, inflasi dan kenaikan BI rate dan persaingan ketat industri perbankan, malah membuat kinerja BJB meningkat.

RELATED ARTICLES

Most Popular