Jumat, Juni 14, 2024
BerandaOtomotifBeragam Jenis Dan Fungsi Helm Untuk Berkendara Sepeda Motor  

Beragam Jenis Dan Fungsi Helm Untuk Berkendara Sepeda Motor  

DESTINASI BANDUNG- Helm merupakan perangkat keselamatan yang wajib digunakan saat berkendara menggunakan sepeda motor. Selain melindungi kepala dari benturan dan meminimalisir kerugian ketika terjadi kecelakaan, helm juga menjadi bagian dari gaya hidup para penggunannya.
 
Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, Hadir dengan berbagai macam jenis, model dan desain, helm menjadi bagian dari fashion bagi penggunanya saat ini. Tapi harus diperhatikan juga jika dari beragam jenis helm ternyata berbeda-beda peruntukannya, sehingga harus bijak memilih helm yang cocok dan ideal.
 
Berikut ini adalah beberapa-beberapa jenis helm yang umum digunakan untuk berkendara menggunakan sepeda motor di Indonesia berdasarkan model dan fungsinya, diantaranya :
 
1. Helm Open Face
Helm jenis ini paling banyak digunakan pengendara, baik pria dan wanita hanya dibedakan motif dan warna-nya saja, sedangkan untuk bentuknya sendiri helm open face atau banyak juga yang menyebutnya helm half ini sangat cocok digunakan sehari-hari.
 
Alasannya karena lebih praktis, lebih ringan, area depan terbuka sehingga jangkauan visual lebih luas. Meski demikian, helm ini sangat tidak dianjurkan untuk digunakan touring atau perjalanan jarak jauh, selain karena kurang maksimal melindungi jika terjadi benturan di area depan, helm ini juga hanya diperuntukan untuk keperluan riding harian dengan jarak dekat saja.
 
2. Helm Full Face
Helm jenis ini sangat identik dengan motor balap. Tapi saat ini helm tipe full face juga ada yang diproduksi untuk digunakan harian. Helm jenis ini lebih mengutamakan safety, semua bagian kepala benar-benar terlindungi, dan diwajibkan memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk jaminan keamanan dan keselamatan penggunanya.
 
Walaupun jarak pandang lebih terbatas karena area depan terhalang pelindung dagu, tapi saat ini helm full face digunakan sebagai bagian dari fashion. Sehingga tak hanya pengguna motor sport saja, pengguna motor skutik juga banyak yang menggunakan helm ini. Selain safety tapi juga lebih meningkatkan rasa percaya diri penggunanya.
 
3. Helm Modular
Helm jenis ini seperti perpaduan helm open face dan half face, dimana area depan bisa dibuka tutup dan bisa lebih fleksibel. Helm ini sangat cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau touring. Jika ingin lebih safety, bisa menggunakan mode penutup depan, sedangkan jika ingin menikmati suasana pemandangan lebih bebas bisa menggunakan mode penutup depan yang terbuka. Sayangnya helm tipe modular memiliki bobot yang lebih berat daripada helm lainnya.
 
4. Helm Off Road
Sesuai namanya, motor ini digunakan untuk motor-motor adventure juga motor garuk tanah atau off road. Helm ini memiliki model yang khas, bentuknya mirip seperti helm full face tapi memiliki moncong depan untuk pelindung dagu yang lebih panjang.
 
Bagian atasnya terdapat pelindung tambahan untuk melindungi dari terik matahari dan lumpur. Perbedaan lainnya, helm ini tidak menggunakan kaca atau mika helm pada umumnya, melainkan menggunakan kacamata khusus atau yang biasa disebut goggle.
 
Terlepas dari beragam jenisnya, helm adalah perangkat keselamatan yang paling penting sehingga wajib digunakan saat berkendara untuk selalu #Cari_Aman.

Bahkan jika dilanggar akan mendapatkan sanksi tilang dari pihak penegak hukum. Walaupun berkendara dalam jarak dekat, helm tetap harus selalu digunakan demi keamanan dan keselamatan penggunanya saat berkendara.

RELATED ARTICLES

Most Popular