Rabu, Juni 26, 2024
BerandaHeadlineKomunitas BULB Bandung, Berkarya dengan Cahaya

Komunitas BULB Bandung, Berkarya dengan Cahaya

Destinasi Bandung – Kota Bandung sebagai kota kreatif memang sudah tidak diragukan lagi. Selain terkenal oleh kuliner, fashion, komunitas, dan tempat-tempat wisata yang menarik sampai ekonomi kretif ada di kota yang mempunyai julukan “Kota Kembang” ini. Bandung memiliki banyak Komunitas yang kreatif, hampir semua bidang ada komunitasnya di Bandung, mulai dari komunitas fotografi, olahraga, pecinta kesenian, dan banyak lagi.
Salah satu komunitas kreatif dan menarik perhatian khususnya bagi pecinta fotografi adalah komunitas BULB (Barudak Urban Light Bandung). Komunitas ini merupakan komunitas fotografi yang bergerak di bidang light painting atau light graffiti. Light graffiti adalah salah satu teknik fotografi dalam pengambilan objek cahaya dengan cara long exsposure atau Slow Shutter, biasanya dibuat pada malam hari atau di ruang gelap dengan menggerakkan sumber cahaya atau kamera.

3-2B.U.L.B (Barudak Urban Light Bandung) berdiri pada 6 november 2010 bertujuan untuk menjadi wadah dari para seniman Light graffiti dan Photografer Light art di kota Bandung. Berawal dari ketertarikan sekumpulan anak muda terhadap seni lukis dan foto dengan teknik Slow Shutter, menginspirasi untuk mendirikan komunitas Light Graffiti pertama di Kota Bandung.

5Komunitas ini mempunyai misi untuk mengenalkan dan mengembangkan seni light graffiti, sebagai wadah bagi para penggemar light graffiti, tempat silaturahmi dan sharing ilmu bagi sesama anggota ataupun komunitas lain, berprestasi dalam seni Light Graffiti. Dan mengajarkan kepada para anggota untuk memiliki kemampuan teknis yang handal serta berwawasan yang luas baik dibidang light art maupun fotografi.
perbedaan komunitas ini dengan komunitas fotografi lainnya yakni dari penggunaan percampuran 3 seni yang menghasilkan seni blasteran  pada light graftnya. Sehingga hal ini menjadi pembeda dengan komunitas lainnya, yang tentunya komunitas lain pun pasti punya pembedanya masing-masing. BULB merupakan komunitas pertama dan terbesar tentang light graft di Kota Bandung.
Komunitas BULB ini biasa hunting setiap hari Jumat dan dilakukan dua minggu sekali di setiap bulannya. Biasanya mereka Hunting di tempat-tempat umum seperti taman Lansia, taman Cempaka, taman Ganesha, jembatan Babakan Siliwangi, atau taman Cibeunying. BULB sangat terbuka untuk para fotografer yang mau belajar tentang light graffiti.

Bagi kalian pencinta fotografi yang tertarik untuk belajar light graffiti, kalian tinggal dateng saja saat kegiatan hunting atau acara lainnya. Semakin sering kalian dateng ikut hunting  baru deh nanti dapet kartu anggota BULB. Untuk informasi hunting mereka bisa kalian dapat di twitternya mereka @BULB_bandung .

RELATED ARTICLES

Most Popular