Senin, Juni 24, 2024
BerandaOtomotifDAM Gelar Festival Vokasi Satu Hati 2023 Untuk Siswa dan Guru SMK

DAM Gelar Festival Vokasi Satu Hati 2023 Untuk Siswa dan Guru SMK

DESTINASI BANDUNG – Perdana, PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat bersama PT Astra Honda Motor (AHM) gelar Festival Vokasi Satu Hati 2023 bagi 132 SMK Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di Jawa Barat pada Januari hingga Maret 2023. 

Beragam rangkaian kegiatan bagi para siswa/siswi serta para tenaga ajar sebagai langkah Sinergi Bagi Negeri dalam bisnis sepeda motor Honda dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di Indonesia (DUDI) dengan menghadirkan kompetensi yang merata di semua wilayah yang ada SMK mitra binaan.

Rangkaian kegiatan Festival Vokasi Satu Hati 2023 menghadirkan beragam program seperti Kontes Siswa & Guru, National Assement SMK serta Awarding Festival Vokasi Satu Hati 2023. Pada ajang seleksi kontes Siswa & Guru di Jawa Barat, sebanyak 8.000 siswa kelas XI dan 528 guru jurusan TBSM dari 132 SMK TBSM Astra Honda Jawa Barat sudah mengikuti gelaran tahap pertama Technical Skill Contest For Vocational School mulai tanggal 10  – 25 Januari 2023.

Seleksi tahap ke-2 dilanjutkan pada 6 Februari 2023 melalui metode online yaitu menyaring dari seluruh perwakilan siswa dan guru dari 123 SMK TBSM Astra Honda untuk memilih 75 siswa dan 75 guru sebagai wakil ke fase ke-3 yang akan dilaksanakan dengan metode offline mulai dari tes teori, praktek meja dan trouble shooting  pada 14 – 24 Februari 2023. 

Sementara seleksi tahap ke-3 dilaksanakan di 5 area di Jawa Barat yaitu SMK Mutiara Qolbu – Cianjur, SMKN 1 Manonjaya – Tasikmalaya, SMK Bina Mandiri – Bekasi, SMK Wiraswasta – Bandung, dan SMK Ulil Albab – Cirebon. Dari hasil seleksi di 5 area kota dan kabupaten diambil 10 finalis guru dan 10 siswa yang akan beradu pada semi final di Gedung Learning Center DAM pada 9 Maret 2023.

Pada ajang Technical Skill Contest For Vocational School di Jawa Barat akan terpilih 1 orang guru dan 5 orang siswa untuk masuk ke dalam tahap seleksi Regional yang diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) untuk memilih finalis yang akan berkompetisi di tingkat Nasional.

General Manager Technical Service DAM, Denny Budiman mengatakan, dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, Program ini hadir sebagai bentuk komitmen AHM bersama seluruh jaringan Main Dealer Honda di Indonesia dalam berkontribusi pada dunia pendidikan vokasi untuk menghadirkan sumber daya manusia unggul di industri kendaraan bermotor roda dua.

“Kontes Siswa & Guru yang merupakan tantangan bagi para siswa beserta guru untuk mengasah kompetensi. Sementara Program lainnya yakni Assement SMK binaan dilakukan kepada seluruh SMK TBSM Astra Honda wilayah Jawa Barat yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun. Hal ini sebagai langkah untuk monitoring dan kalibrasi kesiapan proses belajar dari sisi fasilitas, kegiatan kurikulum ajar dan kesiapan tenaga ajar,” ujar Denny.

Rangkaian kegiatan Festival Vokasi Satu Hati akan ditutup dengan dilaksanakan prosesi Awarding untuk keseluruhan program yang akan dilaksanakan bulan Juni secara online. Selain sesi awarding, para peserta yang hadir dalam acara akan mendapatkan materi seminar dari narasumber menarik untuk mendukung proses belajar mengajar. Para peserta yang berhasil menjadi yang terbaik pada masing-masing program akan mendapatkan apresiasi hadiah puluhan hingga puluhan juta rupiah.

Berikut daftar pemenang Technical Skill Contest For Vocational School Regional Jawa Barat :

Kategori Siswa
1. Aldha Yuhayadana – SMK Karya Nasional Kuningan
2. Egi Nugraha – SMK Negeri Manonjaya
3. Michael Herdiansyah Valentino –  SMK Teladan Kertasemaya
4. Arya Bayu Lesmana – SMK Negeri 8 Bandung
5. Kiswan Santoso – Nasyrul Ulum Gegesik

Kategori Guru
1. Hendrik Firmansyah – SMK Karya Nasional Majalengka
2. Abdullah Ahlal Kohir – Nasyrul Ulum Gegesik
3. Yuli Sukmara, S.Pd, GR – SMK Negeri 2 Subang
4. Muhamad Kana’at Agustiansyah – SMKN 8 Bandung
5. Fani Triyana, S.TR.T – SMK Widya Dirgantara.

RELATED ARTICLES

Most Popular