Jumat, Juni 21, 2024
BerandaBeritaPuncak Arus Mudik Pengguna Kereta Api Hari Rabu Besok

Puncak Arus Mudik Pengguna Kereta Api Hari Rabu Besok

Destinasi Bandung- Puncak arus mudik lebaran yang menggunakan kereta api di prediksi hari rabu (15/7/2015). Hal tersebut di katakan Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Zunerfin Selasa, (14/7/2015) di Bandung.

“Rabu besok merupakan hari pertama libur Hari Raya Idul Fitri bagi PNS dan pekerja, dan berpengaruh pada puncak arus mudik yang diprediksi akan terjadi Rabu besok,” ujar Zunerfin.

Lebih lanjut Zunerfin mengatakan, meski demikian, pihaknya mengakui di stasiun tidak akan kentara terjadi puncak arus mudik karena transformasi KA sudah 100 persen penuh sejak tujuh hari sebelum Lebaran.

Zunerfin menambahkan, para pemudik jarak jauh tidak akan terjadi peningkatan arus penumpang karena jumlahnya sudah jelas ditentukan oleh tiket yang dijual.

“Peningkatan arus balik justru terjadi untuk penumpang KA lokal yakni KRD Bandung Raya dan juga KA Cibatu-Purwakarta. Pemudik lokal memang meningkat di KA Cibatu-Purwakarta, ada peningkatan penumpang. Namun untuk jarak jauh sejak beberapa hari lalu memang sudah 100 persen tempat duduk atau penuh, termasuk untuk KA tambahan lebaran,” paparnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, menurut Zunerfin, pihaknya melakukan berbagai persiapan antara lain, menyiapkan KA dan jadwal keberangkatan tambahan. Di wilayah kerjanya, pihaknya menyiapkan ribuan kursi per harinya.

“Setiap harinya, kami menyediakan 9.474 kursi. Jumlah itu terdiri atas 3.800 kursi eksekutif, 2.176 kursi kelas bisnis, dan 3.498 kursi kelas ekonomi,” katan Zunerfin.

Dia mengatakan, pada masa angkutan Idul Fitri tahun ini, secara total, pihaknya menyiapkan 24 rute perjalanan. “Armada itu terdiri atas 9 rute perjalanan arah barat, yaitu Jakarta, 13 perjalanan menuju timur, seperti Yogyakarta, Malang, Kutoarjo, dan Surabaya, dan 2 rute perjalanan arah utara, yaitu Cirebon serta Semarang,”pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular