Selasa, April 23, 2024
BerandaEvent & PromoGrey Art Gallery Menghadirkan Pameran Sematan Karya Maestro Jeihan Sukmantoro

Grey Art Gallery Menghadirkan Pameran Sematan Karya Maestro Jeihan Sukmantoro

DESTINASI BANDUNG– Grey Art Gallery bekerjasama dengan G3N PROJECT dan Studio Jeihan menghadirkan pameran Se(mata)n, landskap seni rupa yang terilhami karya-karya Maestro Jeihan Sukmantoro.

Menurut Chief Executive Manager Grey Art Gallery, Angga Aditya Atmadilaga, Pameran Se(Mata)n di Grey Art Gallery merupakan sebuah persembahan untuk menghormati Jeihan Sukmantoro dengan memperkenalkan pengalaman multi-persepsi yang menghidupkan kembali keberagaman pandangan dan interpretasi atas karya seni yang luar biasa.

“Pameran yang berlangsung di Grey Art Gallery jalan Braga Bandung ini tidak hanya menandai apresiasi atas karya-karya Jeihan Sukmatoro, tetapi juga merupakan penghormatan terhadap peran dinamis setiap mata yang memandang, merenung, dan mengapresiasi karya seni. SE(MATA)N memperlihatkan bagaimana setiap pandangan memiliki daya serap yang unik, dan bagaimana karya-karya ini melahirkan ragam perspektif yang mendalam, “ujar Angga.

Baca Juga: Grey Art Gallery Gelar Pameran Senirupa Tetrad September, Menampilkan 138 Karya dari 12 SenimanGrey

SE(MATA)N menjadi semacam titik awal, dimana karya-karya Jeihan tidak hanya diposisikan sebagai karya utama, namun juga sebagai landasan bagi kreativitas, tanggapan, dan respon kolektif.

Setiap karya menjadi titik refleksi yang mengundang berbagai sudut pandang dan pendekatan kreatif.

Melalui pameran ini, kami membangun kreasi unik yang tidak hanya menampilkan karya-karya eksklusif Jeihan, tetapi juga mengeksplorasi dan memperluas interpretasi atas karya Jeihan melalui mata sejumlah pihak yang terlibat.

Di sinilah karya-karya tersebut ditampilkan untuk direspon, dikembangkan, dan dipresentasikan melalui berbagai penyajian yang dihasilkan oleh kontribusi kolaboratif dari berbagai individu dan pihak yang terlibat.

Melalui kolaborasi dan respons multi-persepsi, SE(MATA)N mengundang pengalaman dinamis dalam mengapresiasi karya.

Setiap respon menuntun pada dialog dan interpretasi yang luas, menghasilkan kekayaan dan keragaman makna dalam penafsiran karya. Kontribusi dari pihak lain tidak hanya melengkapi, tetapi juga memperkaya cara kita melihat, merasakan, dan menyematkan makna.

Pengunjung dipersilakan untuk merenung, membedah, dan merasakan setiap tebakan, titik, atau ekspresi dalam karya ini. Melalui dialog antara karya Jeihan dan respons yang datang dari beragam perspektif, pameran ini ditujukan untuk memberikan pengalaman yang melampaui batasan pendekatan konvensional dalam mengenalkan serta memahami karya Jeihan.

Pameran ini mengundang pengunjung untuk merasakan keindahan yang terpancar dari karya Jeihan Sukmantoro dengan cara yang berbeda-beda, melalui perasaan, interpretasi, dan pemahaman yang tak terbatas.

Dengan menghadirkan kekayaan dan kompleksitas dalam mengartikan makna sebuah karya, kami menjadikan setiap respon sebagai sebuah bentuk apresiasi yang dinamis terhadap seni, sehingga memungkinkan hadirnya pengalaman yang mendalam dan dinamis saat menafsirkan serta mengapresiasi seni rupa dalam kerangka multi-persepsi.

Pameran akan dibuka oleh Jim Supangkat, rekan seperjuangan Jeihan dalam beberapa periode waktu proses artistiknya.

Diharapkan bahwa pameran ini bukan hanya menjadi ruang untuk menikmati karya Jeihan, namun juga sebagai wujud apresiasi yang mendalam terhadap respon, interpretasi, serta penerimaan masyarakat terhadap seni rupa.

Melalui keragaman perspektif, kami berharap pameran ini dapat membangkitkan kembali minat, penghargaan, menciptakan landasan baru untuk mengenal sosok dan karya Jeihan Sukmantoro yang tak terbatas, serta menghidupkan kembali nama Jeihan dalam memori kolektif publik khususnya Masyarakat seni rupa Indonesia.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular