Selasa, April 23, 2024
BerandaOtomotifPentingnya Istirahat Saat Perjalanan Jauh Menggunakan Sepeda Motor

Pentingnya Istirahat Saat Perjalanan Jauh Menggunakan Sepeda Motor

DESTINASI BANDUNG- Beberapa faktor penyebab kecelakaan di jalan raya adalah karena pengendara yang kelelahan dan mengantuk akibat melakukan perjalanan jauh tanpa istirahat. Alasan yang sering diutarakan pengendara yang melakukan perjalanan tanpa istirahat adalah karena dirasa mampu dan ingin sampai di tempat tujuan lebih cepat.

Padahal jika hal yang tidak kita inginkan terjadi seperti kecelakaan akibat kelelahan tentunya menjadi kerugian yang lebih besar.

Safety Riding Development Section Head PT. Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma mengungkapkan, jika setiap pengendara harus selalu bijak untuk mengatur waktu perjalanan dan berhenti sejenak untuk beristirahat adalah penting ketika berkendara terutama jika perjalanan yang ditempuh jarak jauh.

Untuk menghindari potensi kelelahan yang menyebabkan potensi kecelakaan, berikut tips aman berkendara menggunakan sepeda motor saat melakukan perjalanan jauh untuk selalu #Cari_Aman di jalan raya, diantaranya :

1. Sebelum berkendara perjalanan jauh lakukanlah makan dan minum dengan nutrisi yang seimbang. “Ada baiknya sebelum berkendara, pengemudi harus tidur yang cukup terlebih dahulu. seperti jika melakukan perjalanan di pagi hari maka tidur lebih awal di malam hari adalah langkah yang lebih baik, jika melakukan perjalanan di malam hari, tidur yang cukup di sing hari terlebih dahulu sangat dianjurkan” ungkap Ludhy.

2. Atur waktu tempuh perjalanan dengan bijak, misal jika waktu tempuh total perjalanan rata-rata 4 jam maka setiap 1 jam atau 2 jam sekali harus berhenti untuk istirahat.

3. Istirahat dengan waktu yang cukup. Setelah berkendara motor selama 2 jam diperlukan istirahat minimal 20 menit. “Selama istirahat 20 menit, longgarkan riding-gear yang dipakai terutama lepas helm, makan dan minum secukupnya (jangan berlebih), bisa juga melakukan rebahan sejenak dan jangan lupa sebelum melanjutkan perjalanan lakukan peregangan tubuh untuk menghindari gejala pegal saat perjalanan berikutnya,” ujar Ludhy.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular