Sabtu, Juli 27, 2024
BerandaOtomotifDaya Group Salurkan Bantuan Pendidikan Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional 2024

Daya Group Salurkan Bantuan Pendidikan Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional 2024

DESTINASI BANDUNG-Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2024, Daya Group bersama anak-anak perusahaannya menunjukkan komitmen nyata terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia melalui berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan-kegiatan ini difokuskan pada pemberian bantuan untuk para siswa dan guru, sebagai garda terdepan dalam mencerdaskan bangsa.

“Melalui program-program CSR yang dilakukan, kami ingin berperan aktif dalam membantu memenuhi kebutuhan para siswa dan guru yang merupakan garda terdepan dalam mencerdaskan bangsa, karena kami percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk membangun masa depan yang lebih baik,” jelas Corporate Secretary Daya Group, Elizabeth Koswara.

Ada enam anak perusahaan Daya Group yang turut serta mendukung kegiatan CSR di Hari Pendidikan, yakni PT Daya Anugrah Mandiri , PT Daya Adicipta Motora (DAM), PT Daya Adicipta Wisesa (DAW), PT Daya Adicipta Sandika, PT Daya Adicipta Wihaya, dan PT Nyalindung. Setiap perusahaan melaksanakan kegiatan CSR yang sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik wilayah operasinya.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Layanan, DAM Gelar Kontes Layanan Honda Jawa Barat

Berikut penjelasan lengkap mengenai aksi sosial yang dilakukan oleh anak-anak perusahaan Daya Group dalam rangka Hari Pendidikan Nasional.

PT Daya Anugrah Mandiri
PT Daya Anugrah Mandiri atau Daya Motor bekerja sama dengan Pemuda Peduli untuk melakukan program CSR di dua sekolah. Pertama, Daya Motor berkontribusi dalam perbaikan toilet di SDN Cipaku, Kabupaten Bandung Barat. Renovasi toilet dilakukan untuk menyediakan sarana sanitasi yang lebih layak untuk para siswa dan guru di sekolah.

Kedua, Daya Motor membantu proses pengeboran sumur untuk sumber air bersih di MTS Bunijaya. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kesulitan akses air bersih yang dihadapi oleh sekolah tersebut. Padahal, akses air bersih yang memadai merupakan sebuah kebutuhan esensial.

Melalui program-program CSR ini, Daya Motor berharap dapat memberikan kontribusi nyata untuk membantu sekolah dalam menjalankan proses pendidikan. Ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan untuk generasi masa depan.

PT Daya Adicipta Motora
Sepanjang bulan Januari hingga Agustus 2024, Head Office DAM Bandung, Depo Baros, Depo Karawang, dan Depo Cirebon menjalankan program bantuan pendidikan dalam bentuk uang tunai. Bantuan dalam bentuk uang tunai ini disalurkan setiap bulan kepada para siswa berprestasi dan kurang mampu dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga D3/S1.

Program ini merupakan wujud komitmen DAM dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya, baik kepada masyarakat maupun kepada karyawan dan keluarga mereka. Harapannya, bantuan yang diberikan dapat mendukung terbentuknya lingkungan masyarakat yang cerdas secara emosional, spiritual, dan intelektual.

PT Daya Adicipta Wisesa
Sebagai salah satu bentuk kontribusi bagi dunia pendidikan di Sulawesi Utara, DAW memberikan bantuan pendidikan kepada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Denny Smart yang didirikan oleh Denny Yulianto Hutauruk pada hari Jumat, 19 April 2024. Bantuan yang disalurkan meliputi alat tulis menulis, globe, kertas HVS, serta dana pendidikan.

Harapannya, bantuan yang disalurkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di PKBM Denny Smart. Sebagai catatan, PKBM Denny Smart sendiri merupakan lembaga pendidikan nonformal yang didirikan untuk memberikan akses pendidikan bagi masyarakat kurang mampu di daerah tersebut.

PT Daya Adicipta Sandika
Program CSR dari PT Daya Adicipta Sandika adalah pemberian bantuan pendidikan ke Panti Asuhan Anni’mah di Jakarta Timur oleh PT Daya Adicipta Sandika. Bantuan yang diberikan berupa alat tulis lengkap untuk menunjang kegiatan belajar anak-anak, seperti buku, pulpen, pensil, penghapus, rautan, set penggaris, kotak pensil, dan pensil warna.

Tidak hanya itu, disalurkan pula makanan dan minuman untuk makan siang, untuk memastikan mereka mendapatkan asupan gizi yang baik untuk menunjang proses belajar mengajar. Total, ada 58 anak beserta pengelolanya yang mendapatkan manfaat dari program CSR ini.
PT Daya Adicipta Wihaya
Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional di tanggal 2 Mei 2024, PT Daya Adicipta Wihaya, diwakili oleh Tim Daya Daihatsu Medan, berupaya untuk memberikan dampak positif bagi sektor pendidikan nasional. Hal ini dilakukan dengan menyalurkan bantuan pendidikan berupa perlengkapan sekolah untuk siswa-siswi SD dan SMP Masehi yang terletak di daerah Ringroad (Ring 1) Medan.

Bantuan yang diberikan berupa berbagai macam alat tulis dan keperluan belajar, seperti buku, pulpen, pensil, penghapus, rautan, dan lainnya. Bantuan ini diharapkan dapat membawa semangat luar biasa untuk peserta didik maupun tim pendidik kedepannya dalam menjalani proses belajar mengajar. Tidak hanya itu, ini merupakan bentuk kontribusi perusahaan untuk turut hadir dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

PT Nyalindung
PT Nyalindung, anak perusahaan Daya Group yang bergerak di bidang perkebunan karet dan buah-buahan. Pada 2 Mei 2024, Nyalindung menyalurkan bantuan seragam sekolah berupa setelan batik kepada 25 siswa/siswi kelas 2 di Madrasah ibtidayah at-Taqwa.
Adapun Madrasah Ibtidaiyah at-Taqwa merupakan sekolah istimewa yang didirikan oleh Nyalindung sejak tahun 1974. Sekolah ini didedikasikan untuk warga sekitar dan anak-anak karyawan perusahaan, dengan tujuan mulia untuk memberikan akses pendidikan gratis bagi mereka.

Lalu, perusahaan juga menyalurkan bantuan berupa uang tunai untuk staf pengajar yang berstatus honorer serta pengelola sekolah di Madrasah Ibtidaiyah at-Taqwa. Tidak hanya itu, bantuan ini juga diberikan kepada DKM (Dewan Kesejahteraan Masjid) Masjid At-taqwa di Desa Nyalindung dan DKM Masjid Al-Hidayah di Desa Cirawa Mekar. Total ada sebanyak 21 orang yang menjadi penerima manfaat program CSR ini.

Melalui program-program CSR di bidang pendidikan yang telah dilakukan, Daya Group menunjukkan komitmennya untuk tidak hanya berfokus pada keuntungan bisnis, tetapi juga berperan aktif dalam memajukan bangsa melalui pendidikan.

RELATED ARTICLES

Most Popular