Selasa, April 23, 2024
BerandaHeadlineGaleri NuArt Sculpture Park Karya Nyoman Nuarta

Galeri NuArt Sculpture Park Karya Nyoman Nuarta

Destinasi Bandung—Warga Bandung siapa yang tidak mengetahui Museum NuArt Sculpture Park. Museum ini merupakan sebuah tempat terencana dan tersusun dari beberapa jenis komponen penyusun seperti, gedung pameran atau galeri, workshop, kafe, butik kerajinan, dan apartemen sebagai sarana pendukung.

Gallery Nu Art / Destinasi Bandung
Gallery Nu Art / Destinasi Bandung

Berlokasi di kawasan Bandung Utara, tepatnya di Jalan Setraduta KII/11, Bandung, Jawa Barat, NuArt dapat dijadikan salah satu tujuan wisata yang berbobot. Berdiri di lokasi seluas tiga hektar, NuArt dapat dikunjungi mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore.

Gallery Nu Art / Destinasi Bandung
Gallery Nu Art / Destinasi Bandung

Sesuai dengan namanya, Nuart sculpture park menampilkan karya-karya Nyoman Nuarta dari awal karir hingga karya yang terbaru sebagai pameran yang utama. Disamping itu, dapat juga melihat bagaimana sang seniman membuat karyanya.

NuArt benar-benar memanjakan pada tamunya yang memiliki minat besar terhadap bidang seni, selain melihat hasil dan proses pembuatan karya seni, disini juga bisa membuat karya sendiri di workshop pribadi Nyoman Nuarta.

Gallery Nu Art / Destinasi Bandung
Gallery Nu Art / Destinasi Bandung

NuArt Scupture Park dirancang agar pengunjung merasakan kenyamanan, kepuasan, dan kebahagiaan juga menjembatani para pelaku seni yang ingin memamerkan karyanya dengan menyediakan ruang pameran bagi mereka.
Dari segi lingkungan sendiri, NuArt, menerapkan konsep harmonisasi antara landscape dengan bangunan yang ada. NuArt indoor building dibangun dengan gaya modern, memadukan material alam yakni batu dan material sintetis seperti kaca, diracik dengan unik dimana batu dibentuk seperti tebing-tebing yang menjulang.

Gallery Nu Art /Destinasi Bandung
Gallery Nu Art /Destinasi Bandung

Warna hijau dari kaca membuat bangunan ini juga selaras dengan taman di luar yang memang didominasi hijaunya pepohonan dan menyatu dengan langit kota Bandung. Sementara itu, untuk menikmati galeri diluar ruangan, para pengnjung tak perlu khawatir dengan terik matahari, karena pohon-pohon yang rindang akan menaungi selama berada di taman ini.

Singkat cerita Galeri Nuart atau Nuart Sculpture Park merupakan tempat bernaungnya seniman terkenal yang membuat Garuda Wishnu Kencana di Bali, yaitu Pak I Nyoman Nuarta.

Kata Nuart sendiri merupakan bagian dari nama asli seniman tersebut. Lulusan ITB tahun 1979 ini mendirikan galeri tersebut di dalam kompleks Setra Duta, Bandung. Pa Nyoman sendiri telah hadir di dunia seni patung sejak lama dan telah merancang berbagai patung terkenal di Indonesia seperti monumen Proklamasi, patung Arjuna Wijaya, monumen Jalesveva Jayamahe, patung Rush Hour, dan banyak patung lainnya.

Gallery Nu Art / Destinasi Bandung
Gallery Nu Art / Destinasi Bandung

Galeri NuaArt sendiri baru buka sekitar jam 09.00 hingga 17-00. Untuk masuk ke daerah ini, tidak perlu membayar sepeserpun atau gratis. Para pengunjung hanya perlu mengisi buku tamu di pos satpam dan di galeri.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular