Rabu, Juni 26, 2024
BerandaOtomotifFungsi Lampu Penerang Plat Nomor Sepeda Motor

Fungsi Lampu Penerang Plat Nomor Sepeda Motor

DESTINASI BANDUNG Sepeda motor memiliki beragam lampu dengan fungsinya masing-masing. Mulai dari lampu utama untuk menerangi jalanan terutama saat malam hari, lampu sein untuk memberi isyarat saat berbelok, lampu rem sebagai tanda pengereman kendaraan, hingga lampu penerang plat nomor yang tak kalah penting.
 
Berbeda dengan kendaraan lainnya, lampu penerang plat nomor pada sepeda motor hanya berfungsi untuk menerangi plat nomor bagian belakang. Pada umumnya, lampu ini terletak di atas spakbor belakang sepeda motor atau tepat di bawah lampu rem.
 
Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman, menjelaskan, “Fungsi utama lampu ini tentunya untuk menerangi plat nomor kendaraan sehingga angka dan karakter pada plat nomor mudah teridentifikasi. Fungsi lainnya adalah memberi tanda posisi kendaraan kita terhadap kendaraan di belakang, terutama saat digunakan untuk berkendara di malam hari.”
 
“Lampu penerang plat nomor tidak bisa diaktifkan atau dinonaktifkan secara manual, karena akan menyala secara otomatis ketika sepeda motor mulai dinyalakan. Lampu ini juga akan menyala bersamaan dengan lampu senja pada bagian lampu rem sepeda motor,” ujar Ade.
 
Melepas atau membiarkan lampu penerang plat nomor dalam kondisi mati tentunya berpotensi menyebabkan kecelakaan, karena kendaraan di belakang tidak dapat mengetahui posisi kendaraan kita, terutama saat berkendara di malam hari. Untuk itu, penting untuk selalu menjaga komponen kelistrikan, termasuk lampu penerang plat nomor dan lampu lainnya, dalam kondisi prima agar berkendara selalu aman dan nyaman, serta selamat dalam perjalanan.
 
Lampu yang digunakan sebagai penerang plat nomor umumnya menggunakan bohlam model soket biasa, tetapi ada juga yang sudah menggunakan model lampu Light Emitting Diode (LED). Perawatannya cukup mudah, yakni dengan menjaga kondisi baterai atau aki tetap optimal, dan menghindari penggunaan komponen kelistrikan secara berlebihan atau tidak sesuai standar.
 
Saat berkendara baik di malam atau siang hari bagi pengendara wajib untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan juga menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap untuk selalu #Cari_Aman, seperti menggunakan Helm, Jaket, Sepatu dan Sarung Tangan.

RELATED ARTICLES

Most Popular