Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaHeadlinePola Makan Bisa Mencegah Penyakit Degeneratif

Pola Makan Bisa Mencegah Penyakit Degeneratif

Destinasi Bandung- Salah satu penyakit degeneratif adalah Diabetes Melitus, Indonesia menempati peringkat ketiga atau keempat di bawah China, India, dan Amerika Serikat dalam hal jumlah penderita Diabetes Melitus. “Untuk mencegah Diabetes Melitus, gaya hidup sehat, pola makan menjaga asupan makanan, dan olahraga menjadi titik berat. Selain itu stress bisa berpengaruh, karena mempengaruhi rohani dan jasmani, oleh karenanya, derajat stress berat harus diwaspadai,” ujar dr. Miftahurachman dalam acara talkshow Laboratorium Klinik Prodia di hotel Clarity Cihampelas kota Bandung, Sabtu (15/8/2015).

Walaupun dari tahun ke tahun penyakit degeneratif semakin bertambah dan angka kematian bertambah, namun penyakit ini tidak menular.

“Pola makan sangat berperan, apabila pola makan kacau, kerja pankreas menjadi begitu hebat, dan mengakibatkan cadangan insulin di pankreas habis. Oleh karena itu, masyarakat harus mampu membaca Nutrition Fact pada kemasan makanan,” ujarnya.

Diabetes hingga saat ini belum bisa disembuhkan, namun bisa dibekukan agar progrevitasnya jangan sampai bertambah. Diabetes terjadi karena struktur pankres sudah tidak normal.

“Sulawesi menjadi provinsi yang tingkat penderita diabetesnya tinggi. Hal ini karena pola makan dan sumber karbohidrat yang ada di Indonesia Timur. Selain itu ada budaya perkawinan antar keluarga, dan perkawinan sedarah yang akhirnya mengakibatkan diabetes,” kata dr.Miftahurachman.

Penyakit degeneratif adalah jenis penyakit tidak menular (noncummunicable diseases/NCDs) yang muncul seiring dengan proses penuaan seseorang.

Degeneratif mewakili proses kemunduran sel-sel tubuh yang berlangsung secara kronis, menurut WHO terdapat 4 jenis penyakit degeneratif, yaitu penyakit jantung dan pembuluh darah (serangan jantung dan stroke), kanker, penyakit pernapasan kronik (asma), dan diabetes melitus.

WHO mencatat, setiap tahunnya penyakit degeneratif menyebabkan kematian 38 juta orang, dengan 3/4 kasus terjadi di negara berkembang, dan 16 juta kematian terjadi pada mereka yang berusia di bawah 70 tahun.

Sementara itu Regional Head Prodia IV Jawa Barat DR.Mona Yolanda,M.Si,Apt mengatakan, Roadshow Talkshow Prodia bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat, Prodia selalu berkontribusi terhadap bidang kesehatan.

“Masyarakat harus berani mengecek kesehatannya ke laboratorium, jangan takut memeriksakan diri ke Lab. Seminar-seminar yang diadakan Prodia baik skala kecil maupun besar penting dilakukan sebagai upaya agar masyarakat berani memeriksakan dirinya ke Laboratorium,”pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular