Senin, Juni 24, 2024
BerandaOtomotifCara Aman Menurunkan Standar Tengah Sepeda Motor

Cara Aman Menurunkan Standar Tengah Sepeda Motor

DESTINASI BANDUNG- Sepeda motor pada umumnya memiliki dua jenis standar, yaitu standar samping dan standar ganda, atau yang biasa disebut standar tengah. Keduanya berfungsi untuk menopang dan menahan sepeda motor dalam keadaan diam agar stabil, tidak goyang, dan tidak ambruk saat parkir, saat mencuci, dalam perbaikan, atau saat kondisi sepeda motor disimpan dalam waktu lama.

Penggunaan standar samping pada sepeda motor terbilang cukup mudah dan praktis, tetapi untuk standar tengah, beberapa orang, terutama kaum hawa, mungkin mengalami kesulitan.

Berikut adalah tips mudah untuk menurunkan standar tengah yang aman dan tepat pada sepeda motor:

Baca Juga: Sambut Bulan Ramadhan, Honda Ramadhan Exhibition Diawali di Kota Bandung

1. Pastikan mesin sepeda motor dalam kondisi mati dengan memutar kunci kontak dalam kondisi off. Tetapi pastikan juga stang kemudi tidak dalam kondisi terkunci leher, karena jika tidak, proses menurunkan standar tengah akan terkendala.

2. Luruskan stang kemudi, kemudian posisikan tangan kiri memegang stang kemudi bagian kiri dan tangan kanan memegang behel atau rear grip belakang sepeda motor.

3. Pastikan kondisi aspal, tanah, coran beton, atau tempat untuk menurunkan standar tengah dalam kondisi rata, kokoh, tidak licin, dan tidak ada batu-batu kecil yang bisa berpotensi membuat sepeda motor tidak stabil dan tidak aman saat berdiri.

Baca Juga: Herjun Raih Podium Tertinggi, CBR250RR Tak Terbendung di ARRC Buriram  

4. Turunkan standar tengah menggunakan kaki sebelah kanan, sementara kaki kiri tetap di atas aspal. Dalam proses ini, bantuan tangan kiri di bagian setang kemudi dan tangan kanan di bagian behel memberikan tenaga untuk mengangkat dan menarik, sementara kaki fokus untuk menekan ke bawah hingga standar tengah bisa turun dan membuat sepeda motor tegak sempurna.

“Seperti bagian lainnya, standar tengah juga perlu mendapat perawatan. Jadi, selalu pastikan kebersihannya dan jangan lupa untuk memberikan pelumas di bagian as dan pegas standar tengah agar bagian tersebut awet dan tetap bekerja optimal,” ujar Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora.

RELATED ARTICLES

Most Popular