Senin, Mei 27, 2024
BerandaHeadlineKampung Jelekong Banyak Melahirkan Seniman & Tokoh Budaya

Kampung Jelekong Banyak Melahirkan Seniman & Tokoh Budaya

Destinasi Bandung—Berbicara tentang wayang golek , siapa yang tidak kenal dengan dalang kenamaan seperti Asep Sunandar Sunarya. Nah ketika ditanya siapa yang tahu kampung seni dan budaya Jelekong.,mungkin hanya sebagian kecil orang yang mengetahuinya.
Jelekong sendiri adalah nama kampung di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Kampung ini biasa saja, sebagaimana kampung-kampung lain di tanah Pasundan. Yang membedakannya dengan kampung lain, di sini berdiam para seniman.
Kampung Jelekong merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki rumah adat dan seni lukis yang memukau. Tempat ini terkenal sebagai gudangnya pedalang wayang golek, pelukis, dan makanan tradisional Sunda.

Kampung Seni Budaya Jelekong / Destinasi Bandung
Kampung Seni Budaya Jelekong / Destinasi Bandung

Khusus seni budaya pedalangan, dari tempat ini telah menelurkan dalang-dalang handal keturunan Abah Sunarya. Apabila pengunjung ingin menyaksikan para dalang beraksi maka dapat berkunjung ke Kampung Giriharja RW 1 di Kelurahan Jelekong. Lokasinya tidak jauh dari kantor kelurahan, yakni sekitar 500 meter dari kantor kelurahan.

Kampung seni budaya jelekong / Destinasi Bandung
Kampung seni budaya jelekong / Destinasi Bandung

Giriharja didirikan oleh Dalang Abah Sunarya (alm) tahun 1920-an. Tujuannya untuk mengembangkan seni pertunjukan wayang golek sunda sebagai paradigma kebudayaan sunda. Di dalam media, keluarga seni Giri Harja dianggap sebagai “Dinasti Sunarya”. Sampai sekarang, di Giri Harja sudah ada empat generasi seniman, Dalang dan Nayaga. Di antaranya ada juga Tokoh Budaya yang terkenal dan terpopuler , seperti Dalang H. Asep Sunandar Sunarya (alm), Dalang H. Ade Kosasih Sunarya (alm.), dan lainnya.

Kampung seni budaya Jelekong / Destinasi Bandung
Kampung seni budaya Jelekong / Destinasi Bandung

Seakan mirip dengan Ubud Bali yang menjadi gudang seniman handal, maka seniman Giriharja Jelekong terkenal sebagai seniman wayang golek, seni lukis, serta sejumlah kesenian lainnya seperti sisingaan, jaipongan, pencak silat, dan lainnya. Desa wisata Jelekong pastinya terkenal sebagai tempat pelukis handal di Bandung.
Di Jelekong, sekitar 600 pelukis menjajakan seni yang akan memudahkan penikmat seni untuk mencari dan mendapatkan lukisan yang diinginkan hanya dengan pergi ke satu daerah saja. Warga Desa Jelekong Baleendah ini memiliki keahlian membuat lukisan panorama pedesaan, pacuan kuda, buah-buahan, kereta kencana, ikan koi, atau adu ayam. Hampir separuh warga Jelekong menghidupi keluarganya dari memasarkan lukisannya ke Semarang, Bogor, Bandung, Bali, Malaysia, Arab Saudi, bahkan beberapa galeri dan tempat penjualan lukisan di Kota Bandung pun dipenuhi oleh hasil kreasi pelukis Jelekong dengan harga jual lebih tinggi.

Keahlian penduduk Desa Jelekong dalam melukis diwariskan secara turun temurun oleh seorang Seniman Jelekong Bapak Odin Rohidin sampai saat ini dilakukan secara terus menerus sebagai salah satu sendi kehidupan masyarakat Desa Jelekong.
Setidaknya 200 kepala keluarga di Desa Jelekong berhasil menaikkan taraf hidup dengan keahlian mereka. Meski diproduksi massal, lukisan karya pelukis Jelekong tetap menarik wisatawan. Harganya murah, berbeda dengan lukisan perupa terkenal yang mencapai jutaan. Demi menyambung hidup, cita rasa seni rupa berhasil dikolaborasikan dengan industri yang mengikuti selera pasar.

Di Desa Wisata Jelekong pengunjung juga dapat menemukan situs alam seperti Goa Landak, Curug Cangkring, dan Curug Batukarut. Tidak hanya itu, di Jelekong pun terdapat rumah adat Sunda, sesuatu yang kian langka di Jawa Barat kini.

RELATED ARTICLES

Most Popular