Rabu, Mei 22, 2024
BerandaHeadlinePangandaran Masih Jadi Destinasi Wisata Favorit Libur Akhir Tahun

Pangandaran Masih Jadi Destinasi Wisata Favorit Libur Akhir Tahun

Destinasi Bandung-Pantai Pangandaran hingga saat ini masih menjadi destinasi wisata pantai favorit di Jawa Barat. Terutama menjelang liburan akhir tahun, pantai di ujung selatan Jabar ini selalu dipenuhi para wisatawan dari berbagai daerah.

Meski kini banyak bermunculan destinasi-destinasi baru, pantai Pangandaran tetap menjadi pilihan nomor satu para pecinta pantai.

Dibanding destinasi pantai lain, Pangandaran relatif lebih mudah dijangkau karena letaknya yang dekat dengan pusat kota. Begitu pun dengan kondisi jalan yang bisa dikatakan tidak ada masalah. Kecuali kemacetan panjang yang biasa terjadi di musim-musim liburan.
Untuk mencapai Pantai Pangandaran tidak sulit karena papan pentunjuk di sepanjang jalan sudah lengkap. Apalagi jika menggunakan googlemap.

Selain itu karena sudah sejak lama menjadi destinasi wisata, akomodasi di pantai ini pun sudah sangat lengkap. Banyak tersedia penginapan dan hotel dengan berbagai tipe sesuai selera. Layanan postel dan money changer juga tidak sulit.
Informasi-informasi tentang penginapan dan hotel di Pangandaran juga dengan mudah akan anda dapatkan di internet. Anda bisa melakukan booking online atau pun langsung.

Faktor selanjutnya Pantai Pananjung. Pantai berpasir putih yang terletak di arah barat ini memiliki kontur yang landai serta jarak antara pasang dan surut relatif sama sehingga memungkinkan orang berenang dengan aman. Pantai Pananjung Pangandaran adalah obyek wisata keluarga yang komplit.

Pantai ini juga memiliki variasi destinasi yang lengkap. Dari pantai pasir putih, taman laut, mata air Cirengganis yang konon bisa membuat orang awet muda, cagar alam dengan flora dan fauna yang langka serta goa alam dan goa-goa jepang. Banyak pilihan obyek yang membuat anda tidak akan pernah bosan untuk berkunjung.

Selain Pantai, tempat ini juga mempunyai Cagar Alam yakni cagar alam Pananjung. Cagar Alam Pangandaran terletak di semenanjuk dan menjadi Batas Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Barat Pangandaran. Di lokasi ini, terdapat berbagai macam flora dan fauna dilindungi, seperti: monyet, lutung, landak, kijang, kelelawar dll. Berbagai Flora dan fauna yang hidup disini amat dijaga kelestariannya, masyarakat atau pengunjung tidak diperkenankan untuk mengambil atau menebang satu batang pohonpun.

Kawasan ini sangat cocok untuk anda pecinta wisata edukatif. Dengan berjalan-jalan di kawasan ini, selain menambah ilmu pengetahuan juga sekalian berolah raga.

Keistimewaan lain adalah karena pantai ini berupa tanjung, maka di pantai ini kita bisa melihat terbit dan terbenamnya matahari dari tempat yang sama. Tentu saja sangat indah apabila bisa kita melihat sunset dan sunrise di pantai. Dan di pantai Pangandaran, kita bisa menikmati keduanya.

Urusan kuliner, juga lengkap. Ada banyak restoran dan warung makan yang menawarkan berbagai macam menu. Meski tentu saja yang menjadi favorit tetap sea foodnya. Untuk yang satu ini, Pantai Pangandaran memiliki keunggulan karena sebagai pantai nelayan, maka ikan-ikan yang disajikan dijamin fresh.

Untuk menikmati seafood, kita harus ke Pantai Timur. Bahkan banyak yang menyebut pantai ini sebagai surganya penggila seafood.

Di Pantai Timur ini kita akan menemukan banyak warung makan atau restoran seafood yang udang, kepiting, ikan-ikan segar, cumi, dan lain-lain. Aneka kuliner seafood ini terpajang di etalase restoran. Kita tinggal memilih yang kita inginkan.
Pada bagian selatan dari Pantai Timur ini, kita juga dapat mengunjungi pasar ikan yang menyediakan ikan-ikan segar tangkapan nelayan. Selain itu, di Pantai ini juga terdapat tempat menarik untuk bermain jet ski serta banana boat.

Tidak lengkap apabila berwisata tidak membeli oleh-oleh atau souvenir. Dan di Pantai pangandaran kita bisa mendapatkan berbagai souvenir atau oleh-oleh dengan mudah dan lengkap.

Semua aksesoris berbau Pantai Pangandaran dapat kita temukan, mulai dari T-shirt, topi, celana pendek, atau berbagai jenis pakaian renang. Juga pernak-pernik dan kerajinan khas pantai seperti gelang atau kalung, cermin, tirai dari kerang laut serta berbagai macam olahan kreatif lainnya.

Atau bila anda ingin membeli oleh-oleh ikan asin, banyak penjual yang menawarkan. Dan yang paling khas tentu saja adalah jambal roti-nya.

Untuk dapat masuk ke kawasan Pantai Pangandaran, pengunjung harus membayar tiket masuk yakni untuk pejalan kaki Rp 3 ribu per orang, sepeda motor Rp 7 ribu, jeep/sedan Rp 28 ribu, kendaraan jenis Carry Rp 35 ribu,kendaraan penumpang besar Rp 40 ribu, kendaraan bus kecil Rp 80 ribu, kendaraan bus sedang Rp 104 ribu, kendaraan bus besar Rp 169 ribu.

RELATED ARTICLES

Most Popular