Kamis, Mei 23, 2024
BerandaBeritaKabupaten Bandung Akan Maksimalkan Cerita Budaya & Legenda Wisata

Kabupaten Bandung Akan Maksimalkan Cerita Budaya & Legenda Wisata

Destinasi Bandung-Untuk lebih menarik kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Kabupaten Bandung, Pemkab Bandung akan memaksimalkan literasi cerita-cerita budaya atau kisah legenda yang ada di kawasan Kabupaten Bandung.Terobosan yang dikemas dengan kreatif inilah yang dijadikan daya tarik wisata.

Mitos, cerita rakyat dan dongeng tentang asal-usul Kabupaten Bandung seperti tak pernah ada habisnya. “Ini kan unik. Jadi kita menjual cerita, menjual mitos. Daerah-daerah yang potensial seperti Gunung Tangkuban Perahu dan kawah Kamojang perlu dimitoskan,” tutur Bupati Bandung, Dadang M Naser dalam keterangannya, Senin (25/4).

Menurut Dadang, Di kawah Kamojang, Kecamatan Ibun, memang terdapat sumber mata air panas. Dan itu menjadi magnet tinggi lantaran ada balutan cerita legenda tentang bidadari yang turun dari kahyangan ke Kamojang untuk mandi di sana. Untuk lebih memperkuat imej pariwisatanya, Dadang mengaku akan serius menggarap kekayaan adat desa-desa di Kabupaten Bandung. Desa yang diisi adat diyakini Dadang akan lebih disukai wisatawan lokal ataupun mancanegara.

“Saya ingin mencontoh Bali. Bali sudah dikenal luas hingga kancah internasional karena punya ciri khas budaya dalam wisatanya. Budaya yang ada di Bali sudah menjadi industri. Sudah menjadi bahan jualan untuk menarik minat wisatawan,”paparnya.

Menurut Dadang, Kabupaten Bandung punya banyak potensi budaya yang siap diindustrikan seperti Bali. “Kami punya Rampak Kendang di Ciparay. Nanti kami atur supaya itu bisa tampil di Gedong Budaya. Ada juga kampung adat di Cikondang. Kawasan itu bisa dikembangkan menjadi desa wisata dengan pendekatan adat,”ungkapnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular