Jumat, Mei 24, 2024
BerandaOtomotifJangan Menganggap Enteng Kecelakaan Sepeda Motor di Jalan Raya

Jangan Menganggap Enteng Kecelakaan Sepeda Motor di Jalan Raya

DESTINASI BANDUNG-Setiap pengendara tentunya menginginkan keselamatan saat berkendara menggunakan motor, dimanapun mereka pergi. Namun, ada banyak aspek yang dapat mempengaruhi cara berkendara setiap orang, yang dapat menyebabkan kecelakaan.
 
Beberapa di antaranya adalah emosi, kurangnya kesadaran, tidak menggunakan perlengkapan berkendara, keterampilan berkendara yang kurang baik, dan lain sebagainya. Sebagian besar orang di Indonesia menganggap bahwa ketika seseorang mengalami kecelakaan, kerugian yang dialami hanya sebatas memperbaiki sepeda motor atau mengobati luka-luka yang diderita.
 
Pemikiran seperti ini hampir sama seperti konsep perahu yang melihat gunung es di lautan. Gunung es yang terlihat dari permukaan laut hanya bongkahan es kecil, padahal di bawahnya terdapat bongkahan yang jauh lebih besar ke dalam lautan yang sangat berbahaya jika dianggap enteng oleh perahu tersebut.

Baca Juga: Komunitas Honda Vario 160 Gelar Buka Puasa Bersama di Karawang
 
Sama halnya dengan kecelakaan di sepeda motor, kebanyakan orang hanya memperhatikan dampak kecilnya saja, padahal ada dampak yang jauh lebih besar dan akan sangat merugikan seseorang saat mengalami kecelakaan. Kerugian fisik dan psikis bisa dialami oleh korban, seperti kehilangan pekerjaan, terhentinya cita-cita atau mimpi, kerugian materi, atau bahkan kematian akibat kecelakaan sepeda motor.
 
Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Penting bagi pengendara sepeda motor untuk selalu sadar dalam mengambil tindakan saat berkendara dan mempertimbangkan risiko yang mungkin timbul saat mengalami kecelakaan. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga emosi, fokus, dan patuh terhadap aturan lalu lintas agar dapat terhindar dari kecelakaan.”
 
“Kita tidak ingin mengalami kerugian besar akibat berkendara sepeda motor, oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu. Selalu #Cari_Aman saat bepergian ke mana pun.” ujar Ludhy.

RELATED ARTICLES

Most Popular