Kamis, Juli 25, 2024
BerandaHeadlineMenikmati Segarnya Air Terjun Curug Cinulang

Menikmati Segarnya Air Terjun Curug Cinulang

Destinasi Bandung-Bagi anda yang suka berlibur ke destinasi wisata di kawasan Garut, Tasikmalaya ataupun Pangandaran, dari arah Bandung tentunya Anda akan melintasi Wilayah Cicalengka dan jarang untuk singgah ke kawasan tersebut. Padahal banyak destinasi wisata yang patut anda coba di antaranya adalah Curug Cinulang. Air terjun atau dalam bahasa sunda biasa di sebut Curug Cinulang ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Sumedang, tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat dengan koordinat GPS -6° 57’ 44.00”, +107° 52’ 53.00”.

Curug Cindulang / Destinasi Bandung
Curug Cinulang / Destinasi Bandung

Berjarak ±38 Kilometer ke arah Timur dari Kota Bandung, dengan akses yang cukup mudah karena dapat dilalui dengan akses tol Cipularang. Setelah melewati pintu tol, diteruskan melalui akses jalan Bandung – Garut sampai Km ke 11 terdapat papan petunjuk arah yang menginformasikan lokasi Curug Cinulang dan berjarak 2,5 Km ke arah timur dari papan petunjuk arah. Dengan kondisi jalan yang mulus, menjadikan akses kendaraan lebih mudah untuk melalui jalan masuk Curug Cinulang.

Curug Cinulang memiliki dua buah air terjun yang memiliki ketinggian ±50 meter. Air yang jernih, pemandangan yang indah, serta masih hijaunya pepohonan di tempat ini dapat membawa ketenangan dan kedamaian saat menikmati Curug ini. Dengan debit air yang besar dan derasnya air yang mengalir, pengunjung biasanya menikmati aliran air sungai Citarik yang mengalir dari Curug tersebut. Selain itu ada pula di seberangnya air terjun yang debit airnya lebih sedikit dari air terjun utama , sehingga ada total 3 air terjun di Curug Cinulang.

Curug Cindulang / Destinasi Bandung
Curug Cinulang / Destinasi Bandung. 

Selain menikmati air terjun yang indah, wisatawan juga dapat menikmati pendakian bukit yang terletak diseberang sungai. Tidak hanya pendakian bukit, dibagian atas tepat di samping sungai yang mengalir ke air terjun utama terdapat wahana bermain anak-anak dan sedang di bangun kolam renang

Curug Cinulang ini yang sangat melegenda sehingga penyanyi maestro sunda Almarhum Darso membuatkan lagu pop sunda dengan judul Curug Cinulang dan sangat terkenal bagi masyarakat Jawa Barat. Lagu tersebut mengisahkan bagaiman Curug Cinulang menjadi saksi kisah asmara dua sejoli.

Curug Cinulang / Destinasi Bandung
Curug Cinulang / Destinasi Bandung

Jika Anda berkunjung ke sini disarankan untuk membawa baju ganti karena akan merasakan hempasan air terjun yang membuat baju anda menjadi basah karena anginnya yang lumayan kencang.

Untuk menuju ke kawasan ini Anda ambil jalur arah jalan ke Garut, tepatnya di Paramon alias Jalan Parakan Muncang, Cicalengka. Berjarak sekitar 38 km dari kota Bandung ke arah timur, Anda bisa melalui jalan tol Cipularang keluar pintu tol Cileunyi. Ambil ke arah Jalan Bandung-Garut/Tasikmalaya. Sekitar kilometer 11, di daerah dekat jembatan ada papan petunjuk menuju ke lokasi wisata Curug Cinulang, (jembatan persimpangan Desa Cikopo). Anda ambil kiri ke bawah jembatan, dari sini jarak ke lokasi Curug Cinulang sekitar 8 km dengan rute jalan menanjak dan berkelok-kelok.

Anda akan sampai di daerah kampung Dampit, di sanalah lokasi wisata air terjun ini berada . Sepanjang perjalanan menuju tempat ini anda akan di suguhi pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda akan menemukan pemandangan yang sangat eksotis melihat dataran Bandung timur dari ketinggian. Latar gunung-gunung yang mengelilingi Bandung juga dataraan Bandung timur sangat cocok buat berfoto-foto. Spot yang cocok untuk melihat pemandangan ini ada di kawasan Bukit Candi. Jadi, saat perjalanan ke Curug Cinulang Anda bisa rehat sejenak di pinggir jalan buat mengabadikan keindahan Bandung dari ketinggian. Lebih atas, di dekat arah Curug Cinulang sendiri banyak pemandangan sawah yang sangat indah untuk diabadikan seperti lukisan alam yang berwarna hijau.

Bagi yang ingin menggunakan kendaraan umum dapat ditempuh dari terminal bus Cicalengka dengan mengambil jurusan Cicalengka – Sindulang – Sindangwangi. Anda pun bisa memakai kereta api yang berhenti di Stasiun Cicalengka. Ojek pun tersedia di persimpangan Jalan Bypass Cicalengka. Rute lainnya bisa melalui jalur dari Kabupaten Sumedang yang nantinya terhubung ke wilayah Parakanmuncang. Dari sana, selanjutnya bisa memilih kembali ke Kota Bandung melalui Jalan Raya Rancaekek atau melalui Jalan Raya Tanjungsari.

Saat sampai lokasi, Anda parkirkan saja kendaraan di dekat tempat pembelian karcis. Dari area masuk diteruskan dengan berjalan kaki melewati undakan sekitar 100 meteran dan akhirnya Anda akan sampai ke lokasi air terjun. Di sana kondisinya juga berundak-undak. Hati-hati saja saat berjalan karena tanahnya licin.

Destinasi wisata ini masih di kelola oleh warga setempat dengan rata-rata kunjungan 50 motor dan 5 mobil pada hari biasa, sementara untuk hari libur bisa mencapai 300 motor dan 20 mobil pengunjung yang datang ke lokasi ini.

Untuk tiket masuknya anda di kenakan biaya Rp. 5000/orang
Sedangkan parkir motor Rp.3000 dan Mobil Rp.5000
Jam Operasional buka mulai pukul 07.00 -17.00 wib.

RELATED ARTICLES

Most Popular