Minggu, Mei 5, 2024
BerandaBeritaLebaran, PD Kebersihan Kota Bandung Bentuk Tim Buser

Lebaran, PD Kebersihan Kota Bandung Bentuk Tim Buser

Destinasi Bandung – Untuk mengantisipasi menumpuknya volume sampah di kota Bandung, Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung membentuk Tim Buser pada malam takbir dan lebaran.

Menurut Direktur Operasi PD Kebersihan Iwan Setiawan, sebanyak 183 petugas kebersihan menjadi Tim Buser PD Kebersihan khusus ditempatkan di titik-titik tertentu untuk malam takbir dan Shalat Idul Fitri.

“Tim buser itu akan ditempatkan di lokasi shalat idul fitri seperti di Lapangan Gasibu Bandung, Alun Alun, Balai Kota dan Masjid Istiqomah serta di sejumlah titik lainnya,”ujar Iwan di Bandung , Minggu (12/7/2015).

Lebih lanjut Iwan mengatakan, tim Buser kebersihan Kota Bandung itu akan melakukan penanganan sampah kertas koran bekas alas shalat idul fitri dan menangani sampah lainya di sekitar lokasi itu.

“Petugas kebersihan yang juga bertugas di Kota Bandung pada musim lebaran sebanyak 1.125 orang petugas kebersihan yang tersebar di 150 kelurahan di kota itu. PD Kebersihan Kota Kembang memprediksi akan terjadi peningkatan volume sampah pada musim Lebaran mencapai 10-20%,”tambahnya.

Iwan mengatakan, Kenaikan volume sampah sekitar 10-20 persen pada musim Lebaran nanti, pihaknya sudah antisipasi juga di setiap kelurahan dan RW di Bandung.

Selain itu pihaknya juga telah melakukan antisipasi dengan memaksimalkan pengangkutan sampah pada musim Lebaran itu. Salah satunya dengan meningkatkan frekuensi pengangkutan sampah dari TPS ke TPA Kertamukti.

Meski demikian, rekayasa arus lalu lintas di Kota Bandung dan di jalur yang dilintasi kendaraan ke TPA cukup berpengaruh terhadap kecepatan pengangkutan sampah dari TPS ke TPA.

RELATED ARTICLES

Most Popular