Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaBeritaKemenpar Promosikan Kuliner Bandung di Go ASEAN Channel TV

Kemenpar Promosikan Kuliner Bandung di Go ASEAN Channel TV

Destinasi Bandung- Indonesia memiliki kekayaan ragam destinasi kuliner yang melimpah di setiap daerahnya. Dukungan dari pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata kian gencar mempromosikan kuliner asli Indonesia untuk pasar Malaysia.

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sedikitnya 11 destinasi sudah disiapkan secara matang untuk membidik selera lidah orang dari negeri Melayu itu.

“Edisi awal, makanan Bandung dan Bogor yang akan dipromosikan di Go ASEAN Channel Astro TV Malaysia,” ujar Menpar dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/2/2016). Dua kota itu, tutur Arief sudah memiliki akses atau connectivity dengan Malaysia dengan baik.

Pesawat Air Asia sudah terbang langsung dari Kuala Lumpur langsung Bandung. Sedang Bogor, dengan tol jalan darat bisa ditempuh cepat dan pemandangan kiri-kanan nya cukup hijau menyejukkan mata. “Prioritas yang dipromosikan adalah destinasi yang sudah punya akses bagus,” ungkapnya.

Menpar tak asal membidik Go ASEAN Channel. Saluran TV itu salah satu yang sukses karena food channel-nya. Mantan dirut Telkom itu ingin Indonesia punya acara-acara unggulan di Go ASEAN Channel. Popularitasnya tak kalah dengan Asian Food Channel yang mempublikasikan Discovery Perak dan Chef wan yang menceritakan aneka kuliner Malaysia.

Lebih lanjut Arief menuturkan,kibarannya tak kalah dengan acara Eye On Malaysia yang menceritakan aneka destinasi di Malaysia. “Indonesia harus memanfaatkan ini. Kita jangan kalah dari Malaysia yang mampu hadir secara masif di televisi-televisi di seluruh dunia,”katanya.

Arief menegaskan, Indonesia kaya kuliner. Hanya cara mengemas dan gaya kemasannya yang belum berorientasi global. Menurut dia, kuliner Indonesia tak kalah dengan Malaysia. “Bedanya, mereka mempromosikan kulinernya, kita tidak. Sekarang kita akan all out untuk promosikan berbagai jenis kuliner yang masuk di selera negara tetangga,” paparnya.

Menurutnya, Indonesia tidak kalah. Saat ini, Kemenpar sudah menyiapkan konsep GOTravel. Itu adalah serial wisata selama 28 menit yang terdiri dari 13 episode dari Go ASEAN channel. Misinya,mempromosikan pariwisata di kawasan ASEAN. Dari paparannya, acara ini menyoroti destinasi wisata, termasuk event dan aktivitas untuk menginspirasi wisatawan di seluruh dunia.

Ada 11 destinasi wisata unggulan yang sudah disiapkan di kawasan Bandung dan Bogor. Untuk kawasan Bandung, Kemenpar menyiapkan Dusun Bambu, Saung Angklung Udjo, Wayang Golek, Kawah Putih dan Kawah Ratu (Tangkuban Perahu). Selain itu ada floating market, Tarung Derajat, dan Sapulidi Sawah Patuha Resort.

RELATED ARTICLES

Most Popular