Senin, Mei 6, 2024
BerandaBeritaPemprov Jawa Barat Siap Bangun Rumah Budaya di Australia

Pemprov Jawa Barat Siap Bangun Rumah Budaya di Australia

Destinasi Bandung-Sebagai salah satu bentuk kerja sama memperkenalkan kebudayaan sunda, Pemprov Jawa Barat akan membangun Rumah Budaya di Adelaide, Australia Selatan.

Menurut Plt Sekda Jawa Barat Iwa Kartiwa, bentuknya seperti satu anjungan di Taman Mini, Jakarta, dan itu akan mulai didirikan setelah pihaknya melakukan MoU dengan Australia Selatan pada September 2015 mendatang. Selain itu, dengan adanya kerja sama tersebut maka Australia Selatan juga akan diberikan kesempatan untuk memperkenalkan budaya kepada masyarakat Jawa Barat.

“Saya telah menugaskan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Nunung Sobari untuk mengisi materi di Rumah Budaya di Adelaide, Australia Selatan. Selain angklung yang sudah ada di sana, tapi juga nanti bakal ada gamelan, leaflet budaya seniman, yang diharapkan masyarakat Australia Selatan mengenal dan memahami budaya Jawa Barat pada khususnya, Indonesia umumnya,”ujarnya usai menerima kunjungan delegasi Universitas Flinders, di Gedung Sate Bandung, Senin (24/8/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, rencananya akan memperdayakan pelajar Indonesia yang berada di Australia Selatan untuk menjadi petugas piket di Rumah Budaya Jawa Barat.

“Daripada mengirim PNS ke sana itu kan ribet dan memerlukan anggaran lain, makanya kita akan berdayakan saja pelajar atau mahasiswa di sana untuk magang menjadi petugas piket di Rumah Budaya ini. Dan mereka ini (Universitas Flinders) salah satu universitas top ranking 400 di dunia, dan ini untuk melakukan kerjasama di mana kerjasama ini dalam rangka untuk mempererat persahabatan antara warga Australia Selatan dengan Indonesia, khususnya Jawa Barat,” bebernya.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan dari rencana sister city antara Australia Selatan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

RELATED ARTICLES

Most Popular