Jumat, Mei 10, 2024
BerandaBeritaBraga Free Vehicle Akan Diterapkan, Pemkot Bandung Siapkan Sejumlah Strategi Ini

Braga Free Vehicle Akan Diterapkan, Pemkot Bandung Siapkan Sejumlah Strategi Ini

DESTINASI BANDUNG-Sebagai bagian dari komitmen untuk menghadirkan Braga Free Vehicle (BFV) atau Braga Bebas Kendaraan Bermotor, Pemerintah Kota Bandung telah merancang sejumlah langkah strategis.

Salah satu dari langkah Pemkot Bandung di Braga Free Vehicle (BFV) atau Braga Bebas Kendaraan Bermotortersebut adalah dengan mengoptimalkan penggunaan Bandung Tour on Bus (Brandros).

Tujuan dari inisiatif Braga Free Vehicle (BFV) ini adalah untuk mengembalikan keunikan serta keindahan Jalan Braga kota Bandung dengan menerapkan konsep car-free di area tersebut.

Baca Juga: Jalan Braga Bebas Kendaraan Mulai Bulan Mei, Pj Wali Kota Bandung Minta Dukungan Masyarakat Soal Braga Free Vehicle

Bambang Tirtoyuliono, Penjabat Wali Kota Bandung, menjelaskan bahwa Braga Citywalk Bandung akan dijadikan sebagai zona eksklusif bagi pejalan kaki dan pesepeda dengan melarang kendaraan bermotor.

Langkah ini, menurut Bambang, tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengalaman wisata yang berbeda dan menarik bagi wisatawan, tetapi juga untuk mendukung upaya mengurangi kemacetan di pusat kota.

Penjabat Wali Kota Bandung menyampaikan juga langkah-langkah antisipasi kemacetan yang komprehensif, di antaranya:

1. Rekayasa Lalu Lintas: Akan ada penyesuaian arus lalu lintas di sekitar Jalan Braga untuk meningkatkan efisiensi mobilitas.

2. Fasilitas Drop Off: Pihak berwenang akan menyediakan area drop-off di simpang-simpang strategis untuk memudahkan akses pengunjung.

Baca Juga: Catat! Jalan Braga Tidak Boleh Dilalui Kendaraan, Ini Alasan dari Pemkot Bandung

3. Parkir On-Street dan Kantong Parkir: Pengunjung akan difasilitasi dengan area parkir on-street dan kantong parkir di aset pemerintah, yang akan memberikan alternatif yang nyaman bagi mereka yang berkunjung.

Selain itu, untuk memudahkan aksesibilitas ke area tersebut, pemerintah akan menyediakan layanan shuttle Bandros Sirkular khusus bagi tamu hotel di sekitar Jalan Braga.

Program BFV diharapkan menjadi langkah progresif yang dapat memberikan dampak positif bagi pariwisata kota Bandung serta mendukung gaya hidup yang ramah lingkungan.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata Terbaru di Lembang Bandung yang Wajib Dikunjungi Tahun 2024, Salah Satunya Hutan My Celia

Dengan menghidupkan kembali nuansa dan keunikan Braga Tempo Doeloe, Pemerintah Kota Bandung berharap dapat menjaga dan mempromosikan warisan sejarah kota yang berharga.

Bambang juga mengajak masyarakat Kota Bandung untuk mendukung upaya ini guna memperkuat identitas kota dan menciptakan pengalaman wisata yang berkesan di Jalan Braga.

RELATED ARTICLES

Most Popular